12 Tempat Wisata Kuliner Purwakarta Paling Enak dan Murah

Wisata Kuliner Purwakarta – Kota yang berada di jalur Bandung-Jakarta ini memang tidak terlalu besar, namun perkembangannya sangat pesat. Sebagai salah satu wilayah yang mempunyai kawasan Industri juga menambah kota dengan slogan “Istimewa Jaya Buana” ini semakin maju secara ekonomi. Selain itu, pemerintahan yang begitu gemar mengkoleksi rekor-rekor mencengangkan, semakin menambah keunikan kota kecil ini.

Nah bagi anda yang sedang berwiasata ke daerah Purwakarta, anda wajib menikmati makanan khas Purwakarta yang sangat terkenal enaknya. Di tempat wisata kuliner Purwakarta memang memiliki cita rasa tersendiri, sehingga tak heran jika makanan khas daerah Purwakarta menjadi kuliner yang sangat di andalkan oleh masyarakat daerah Purwakarata.

Nah pada kesempatan kali ini aneka wisata seru akan merekomendasikan beberapa tempat wisata kuliner yang berada di Purwakarta, karena tujuan kami merekomendasikan tempat wisata kuliner ini agar masyarakat Purwakarta atau didaerah lain bisa tahu dan mencoba berkunjung ke tempat wisata kuliner ini.

Baca ini : Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Berikut beberapa daftar tempat wisata kuliner Purwakarta yang enak dan popular yang bisa kamu temukan.

1. Ayam Goreng Kampung Sajolna

Tempat wisata Kuliner purwakarta yang pertama adalah Warung Sajolna. Tempat wisata Kuliner purwakarta yang beralamat di Jalan Letjend Basuki Rahmat No.157. di Tempat wisata Kuliner purwakarta ini menyediakan ayam goreng yang menggunakan ayam kampong denagn sambalnya yang istimewa yang pedas dan tentunya menggugah selera makan kamu.

2. Aneka Pepes Ibu Ani

Aneka Pepes

Kuliner Purwakarta ini berlokasi di Jalan Ir. H, Juanda No.2, Purwakarta. Harga pepes ikan di tempat wisata kuliner Purwakarta ini bervariasi mulai dari Rp 2.000,- sampai dengan Rp 10.000,-.

Jenis pepes yang dijual di tempat wisata kuliner Purwakarta ini antara lain adalah pepes cumi, pepes ikan, pepes jamur, pepes belut, hingga pepes jambal. Selain aneka pepes, ada juga menu ikan baby. Ikan baby ini merupakan sebutan ikan mas kecil yang digoreng kering.

3. Surabi Kedai Koka

Serabi Kedai Koka

Tempat wisata kuliner Purwakarta yang berikutnya adalah Kedai Koka. Di tempat wisata kuliner Purwakarta ini menyajikan surabi yang patut untuk kamu coba saat liburan ke Purwakarta. Surabi di tempat wisata kuliner Purwakarta ini rasanya enak dan gurih. Selain surabi, di tempat wisata kuliner Purwakarta ini juga menyediakan makanan diantaranya adalah nasi goreng, mie goreng, gulai kambing, aneka seafood, sosis, capcay, omelet, dan beraneka ragam steak.

4. Simping Kaum

Simping Kaum

Kuliner purwakarta ini merupakan camilan enak dari Purwakarta, sejenis makanan yang bentuknya bulat pipih dan kress jika dimakan. Cara membuat simping kaum ini dengan mencampurkan tapioka dengan tepung terigu yang selanjutnya dicetak menggunakan alat khusus.

Di tempat wisata kuliner purwakarta ini tersedia beragam varian rasa mulai dari keju, pandan, nangka, udang, kencur, susu, pisang, pedas, dan bawang. Di tempat wisata Kuliner purwakarta ini untuk harga sebungkus kecil sampai besar dipatok dengan harga Rp 3.500,- sampai dengan Rp 7.500,-.

5. Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul

Dinamai peuyeum bendul karena makanan ini dijual sepanjang Jalan Raya Bendul. Jika anda dari Purwakarta, deretan ruko yang menjual peuyeum bendul dapat ditemui di sepanjang jalan menuju arah Bandung (sekitar 15 km). Peuyeum yang dijajakan dengan cara digantung ini memiliki tekstur yang lebih padat dan manis dibandingkan dengan peuyeum Bandung yang cenderung banyak airnya.

Nah, jika anda merasa bosan dengan kudapan peuyeum yang biasanya. Anda bisa mencoba peuyeum modifikasi, namanya adalah colenak. Ini adalah kudapan peuyeum yang dibakar atau dikukus lagi kemudian ditaburi gula merah, kacang tanah dan kelapa.

6. Sate Maranggi Jalan Situ Wanayasa

Sate Maranggi

Kuliner purwakarta yang menyediakan menu sate maranggi ini berada di Jalan Situ Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat yang bernama Rumah Makan Saung Situ. Di Tempat wisata Kuliner purwakarta ini satenya terkenal lezat dan gurih. Selain itu di Tempat wisata Kuliner purwakarta ini kamu juga bisa memesan menu lain, seperti ikan bakar, ayam bakar, sop kambing, karedok, hingga soto ayam.

7. Soto Sadang

Soto Padang

Kuliner purwakarta yang menyediakan soto sadang tepatnya berada di Jalan Veteran No.12. Karena disini kamu akan menemukan sebuah warung soto yang bernama Soto Sadang Asli. Nah Soto Sadang Asli memiliki rasa yang lezat dan khas. Selain itu, ada 2 jenis soto sadang yakni soto sadang dengan kuah bening, atau juga soto sadang dengan kuah santan dengan menggunakan daging ayam atau daging sapi.

8. Hj. Ciganea

Hj. Ciganea

Tempat wisata kuliner selanjutnya Rumah makan Ibu Hj, Ciganea ini juga menjadi salah satu Tempat wisata Kuliner purwakarta. Tempat wisata Kuliner purwakarta ini terletak di Jalan Veteran No.138, tidak jauh dengan rumah makan Soto Sadang. Rumah makan Ibu Hj.

Di Tempat wisata Kuliner purwakarta ini menyediakan beraneka macam menu khas sunda, uniknya menu yang tersedia di sini susunan piringnya bertumpuk-tumpuk, mirip seperti makanan yang ada di restoran padang. Menu makanan di Tempat wisata Kuliner purwakarta ini memang sangat enak-enak kamu bisa juga bisa mencoba menu khas Pasundan seperti karedok dan pencok leunca-nya yang sangat terkenal.

9. Mie 3 Warna

Mie 3 Warna

Di Tempat wisata Kuliner purwakarta ini menyediakan makanan yang namanya mie 3 warna atau yang lebih dikenal dengan mie sehat 3 warna. Kuliner Purwakarta ini memang memiliki 3 warna, seperti pelangi yakni merah, kuning, dan hijau.

Nah uniknya dalam kuliner purwakarta ini menggunakan pewarna alami untuk mewarnai mie tersebut, yakni yang digunakan adalah wortel, akar bit, sampai dengan buah naga. Itulah sebanya makanan ini disebut mie sehat 3 warna. Untuk satu porsi mei 3 warna di Tempat wisata Kuliner purwakarta ini dibandrol dengan harga Rp 10.000,-

10. Sate Maranggi Cibungur

Sate Maranggi

Tempat wisata kuliner Purwakarta yang berikutnya ini juga dengan sate maranggi. Tetapi Kuliner yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Cibungur, jika dari arah Purwakarta maka letak kedai makan sate maranggi ini berada di sebelah kanan jalan.

Hebatnya meskipun yang djual disini adalah sate kambing, tetapi sama sekali tidak ada sedikitpun bau kambing yang tercium. Selain sate Kuliner ini juga menyediakan menu lain yakni ayam bakar, sup kambing, gurame bakar, sup sapi, soto, karedok, mie bakso, gado-gado, hingga sayur asem. Dan juga semuanya sangat enak dan lezat.

11. Nasi Liwet Ibu Dini

Nasi Liwet

Nasi Liwet Ibu Dini Purwakarta lokasinya berada di Jalan Raya Pondok Salam KM 10, Purwakarta. Anda bisa mencicipi kelezatan nasi liwet Ibu Dini. Sesuai dengan namanya, warung yang satu ini memang mempunyai makanan andalan berupa nasi liwet. Akan tetapi, jika anda bosan dengan nasi liwet, anda pun bisa memesan menu yang lainnya. Jika anda penyuka sambal, maka tantang diri anda dengan memesan sambal bledag saat berkunjung ke tempat ini.

12. Gepuk Purwakarta

Gepuk

Gepuk merupakan salah satu olahan daging sapi (empal). Gepuk Nyonya Ong tak pernah sepi pembeli karena rasanya yang lezat dengan resep warisan turun temurun. Bentuk gepuk ini agak unik, daging yang ditipiskan dan digeprek dirangkai pakai lidi agar tak hancur saat proses pemasakan.

Selain olahan dari daging sapi, Gepuk Nyonya Ong juga menawarkan olahan dari ayam. Berbagai varian rasa Gepuk Nyonya Ong antara lain Beef original, beef ekstra pedas, beef less sugar, serta beef salty. Ada juga chicken spicy dan original. Alamat : Jalan Dr. Djunjunan No. 155E.

Baca ini : Tempat Wisata Kuliner Pasuruan Paling Enak Harus Dicoba

Demikian mengenai Kuliner Purwakarta Paling Enak nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *