10 Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak Harus Dicoba

Kuliner di Boyolali  Pada kesempatan kali ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan mengenai Tempat Wisata Kuliner di Boyolali, Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dulunya tergabung dalam karesidenan Surakarta dan letaknya yang dekat dengan Surakarta, kota ini merupakan salah satu kota penghasil susu terbaik di Jawa Tengah, susu yang dihasilkan adalah susu sapi yang biasa masyarakat setorkan kepada perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia.

Membahas mengenai tempat wisata kuliner Boyolali, pasti beberapa dari kalian sudah ada yang pernah mencicipiya. Tempat wisata kuliner Boyolali ini cukup bayak diminati oleh orang lokal ataupun luar daerah. Jadi jika kamu berkunjung ke daerah Boyolali, kamu bisa mampir ke tempat wisata kulinernya yang sangat populer.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui apa saja tempat wisata kuliner Boyolali, tak perlu khawatir. Karena disini saya akan membagikan informasi mengenai beberapa tempat wisata kuliner Boyolali yang paling enak dan juga paling populer yang wajib kamu ketahui. beberapa daftar nama tempat wisata kuliner Boyolali Yang Enak dan lezat yang bisa anda kunjungi bersama keluarga.

Baca ini : Tempat Wisata Kuliner Pekalongan Paling Enak dan Murah

Bagi anda yang masih pertama kali datang ke kota ini tak perlu bingung, berikut ulasan daftar wisata kuliner Boyolali yang terkenal lezatnya.

1. Sego Tumpang

Sego Tumpang

Tempat wisata kuliner Boyolali yang pertama dan juga cukup populer ini adalah warung Sego tumpang. Tetapi kalian harus tahu rasa dari kuliner Boyolali yang satu ini sangatlah enak dan patut kamu coba, karena rasanya tidak semengerikan kedengarannya.

Kuliner Boyolali ini dibuat dengan cara menumbuk tempe busuk, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu-bumbu dengan santan hingga matang.

Tempe busuk ini sengaja dibusukkan karena akan memberikan rasa khas pada masakan tersebut. Biasanya sego tumpang disajikan dengan sayuran sebagai pelengkapnya.

2. Soto Mbok Giyem

Soto Segeer

Nah selanjutnya yaitu Soto mbok giyem, merupakan tempat wisata kuliner Boyolali yang paling populer. Banyak yang bilang bahwa tempat wisata kuliner Boyolali yang satu ini sebagai penanda kebangkitan usaha kuliner di Boyolali.

Karena di tempat wisata kuliner Boyolali yang sangat ramai pengunjungnya ini menyediakan menu yang sangat enak dan lezat sekali yakni Soto khas boyolali.

Di tempat wisata kuliner Boyolali ini soto disajikan dalam mangkuk kecil dengan isian daging sapi atau suwiran ayam, kecambah, ditambah taburan daun seledri dan bawang goring dan juga keripik kentang di dalamnya.

Jika kamu ingin mencicipi kuliner Boyolali yang satu ini, kamu bisa langsung datang ke jalan garuda, di selatan pasar sunggingan, tempat wisata kuliner Boyolali ini berhadapan dengan SDN 5 Boyolali.

3. Jadah Bakar

Jadah Bakar Boyolali

Nama jadah bakar ini semakin populer sejak adanya jalur Solo ke Borobudur, bila dahulu jadah bakar ini hanya di nikmati oleh masyarakat selo saja sekarang.

Jadah bakar biasanya dibakar di atas tungku arang dan segera dinikmati dalam keadaan panas, cocok ditemani dengan teh manis. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp 1.500 per potong, benar-benar murah meriah. Selain enak jadah bakar juga sangat mengenyangkan.

4. Merbabu Penyet

Merbabu Penyet

Kuliner Boyolali yang satu ini bentuknya sangat unik, karena ruangannya di desain seperti toko-toko layaknya di film koboi. Disini menyediakan penyetan dengan sambalnya yang sangat istimewa. Menu yang ditawarkan seperti lele penyet, bebek penyet, ayam penyet dan jamur crispy.

5. Nasi Urap Sambal Tumpang

Nasi Urap Sambal

Menu ini disajikan di warung soto nggoper. Nah selain itu disini juga menyediakan urap dan sambal tumpang akan tetapi jika orang boyolali menyebutnya sambal lethok yang memang popularitasnya bahkan mengalahkan menu sotonya lho

6. Iga Bakar Boyolali

Iga Bakar Boyolali

Iga bakar juga adalah menu kuliner boyolali yang juga sangat enak dan paling populer. Kuliner Di tempat wisata kuliner Boyolali ini iga bakarnya terasa manis dan rasa lainnya tembus hingga daging dan tulangnya.

7. Jenang Pecel

Jenang Pecel

Jenang pecel ini merupakan sebuah makanan yang tradisional khas dari Boyolali lho, tetapi sayangnya sekarang sudah makin susah ditemukan juga.

Jenang pecel biasanya dijajakan di warung-warung kecil yang ada di perkampungan penduduk, namun ada juga penjual keliling yang pakai gendongan. Terasa makin sedap ketika disajikan di atas pincuk, alas makan dari daun pisang. Makanan yang merakyat, enak dan murah meriah.

8. Rujak Mbah Joko

Rujak Mbah Joko

Rujak mbah Joko juga adalahn salah satu menu yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke daerah boyolali. Di tempat wisata kuliner Boyolali ini harga rujaknya juga sangat terjangkau yakni cukup Rp 5.000 saja, kamu bisa menikmati rujak yang segar dan enak.

Kamu bisa menemukan gerobak dorongnya Mbah joko di depan bank jateng, bersebelahan dengan taman kota Boyolali. Nah bagi anda yang sedang di Boyolali jangan lupa mencoba kuliner ini ya.

9. Bebek Goreng Pak Pinggir

Bebek Goreng

Lokasinya ada di Jl. Perintis Kemerdekaan, jalur yang dilalui bus antar kota dari arah Solo, dekat dengan Stadion Sonolayu. Warung ini adalah cabang dari Bebek Goreng Pak Pinggir yang terkenal di Pengging.

Jika datang terlalu sore bersiaplah untuk tidak kebagian bebek gorengnya yang istimewa karena penggemarnya sangat banyak.

Bumbunya meresap ke dalam serat-serat dagingnya namun tak terasa berlebihan. Selain bebek, warung ini juga menawarkan menu ayam kampung goreng yang kualitasnya pun boleh dipuji.

Daging yang cenderung keras dan alot khas ayam kampung tak akan anda temukan disini. Ayamnya empuk dengan rasa gurih yang dominan. Sebagai pelengkap andapun bisa memesan hati ampela dan bagian kepala.

10. Kuliner Boyolali Tahu Susu

Tahu Susu

Tahu susu itu bukanlah sebuah makanan yang terbuat dari tahu yang dicampur susu sapi, atau juga tahu yang bisa mengeluarkan susu. Namun, ini terbuat dari susu sapi yang baru melahirkan lho.

Susu sapi yang baru melahirkan ini tidak laku dijual, karena selain berwarna kuning juga baunya amis. Tapi kandungan gizinya sangat tinggi. Sayangkan bila dibuang.

Masyarakat kemudian mengolahnya menjadi cemilan langka yang hanya didapat saat sapi melahirkan. Cara membuatnya pun tidaklah sulit.

Susu sapi yang baru melahirkan diperas, diberi bumbu tradisional, seperti ketumbar, bawang putih, dan garam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan susu sapi.

Setelah itu dikukus hingga matang. Setelah matang, baru dipotong-potong sesuai selera dan digoreng. Jadilan tahu susu, kuliner lezat asli Boyolali ini paling enak bila dinikmati saat masih panas mongah-mongah.

Baca ini : Tempat Wisata di Boyolali yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata Kuliner Boyolali nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *