30 Tempat Wisata di Solo Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat wisata di Solo – Kota solo atau juga yang disebut dengan kota Surakarta merupakan sebuah kota berlokasi strategis di provinsi Jawa Tengah. kota ini memang kota yang telah melahirkan presiden republik indonesia seperti jokowi. Selain itu kota solo juga banyak menyimpan berbagi keindahan wisata yang ada di kota solo.

Pada masa sekarang, nama Surakarta digunakan dalam situasi formal-pemerintahan, sedangkan nama Sala atau Solo lebih merujuk kepada penyebutan umum yang dilatarbelakangi oleh aspek kultural. Kata sura dalam Bahasa Jawa berarti “keberanian” dan karta berarti “makmur”, sebagai sebuah harapan kepada YME.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Paling Hits Banget

Berkunjung ke sejumlah tempat wisata Solo memberi kesan kuat akan nuansa sejarah dan kebudayaan masyarakatnya yang masih tetap eksis hingga sekarang. Solo adalah tempat dengan sebuah tradisi Jawa yang kuat dan menjadi kebanggaaan. Anda dapat menemukan warisan budaya Jawa kuno di kota solo. Banyak sekali berbagai pesona tempat wisata di Solo terlihat mulai dari keraton, kerajinan batik, kuliner yang enak, wayang dan lainnya.

Nah kali ini saya akan merangkum beberapa tempat wisata yang unik dan menarik untuk anda kunjungi, karena disolo banyak sekali wisata yang seru dan juga wisata kuliner yang enak-enak. Mungkin bagi yang sedang berlibur di Jogja jangan lupa datang juga ke kota solo ini. Pastinnya anda tidak akan rugi datang ke kota ini.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Wisata pertama yang ada di solo yairu air terjun jumog, siapa sih yang gak suka dengan keindahan alam? pastinya semua orang menyukai keindahan alam kan, terutama keindahan di air terjun, di air terjun memang kita bisa bermain air dengan suhu yang cukup dingin karena biasannya air terjun banyak terdapat didaerah desa-desa. termasuk dengan air terjun jumog.

Jika para pengunjung berangkat dari arah Solo menuju tawangmangu, nanti setelah pertigaan pasar karangpandan, para penelusur mengambil ke arah kiri menuju Ngargoyoso. Karena kalau yang ke arah kanan adalah jalan menuju ke tempat wisata tawangmangu. Air terjun Jumog ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter.

Jika para pengunjung beruntung, maka para pengunjung akan bisa melihat pelangi yang seringkali terlihat di Air Terjun Jumog. Mungkin bagi pengunjung yang ingin menginap, bisa kok! karena di sekitar tempat wisata Air Terjun Jumog terdapat homestay dan juga cottage dengan beragam variasi harga yang ditawarkan. Saat para penelusur berwisata ke Air Terjun Jurog, maka jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut yaitu sate ayam yang sangatlah lezat.

Bagaimana? Mungkin kalian tertarik untuk liburan dan telusuri wisata Air Terjun Jumog dengan airnya yang sangat jernih dan tempatnya yang masih alami?

Pandawa Water World

Water World

Pandawa Water World adalah sebuah wahana wisata air yang berada di perbatasan kota Surakarta dan juga Sukoharjo. Wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berwisata. Di tempat wisata ini terdapat banyak sekali wahana permainan baik untuk anak-anak sampai orang dewasa.

Di  Pandawa ada banyak sekali Wahana antara lain yaitu wave pool,action,rider,fantastic,slides,aerated,warm spa,sight tower,dan masih banyak lagi yang lainnya karena kurang lebih jumlah wahananya sekitar 27 wahana permainan. Semua wahana itu aman karena tiap wahan dijaga oleh para ahlinya yang profesional jadi para pengunjung nggak perlu khawatir.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu adalah wisata alam air terjun, terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan air laut, Grojogan Sewu memiliki hawa sejuk karena berada di sebuah hutan yang masih asri dan alami di tambah dengan banyaknya pepohonan akan membuat suasana rindang dan lebih sejuk.

Berwisata di Grojogan Sewu tidak sepenuhnya menikmati keindahan air terjun dengan suasana dinginnya, namun anda juga bisa belanja sayur ataupun buah-buahan ciri khas pegunungan yang barangkali bisa menambah alternatif wisata anda. Di sekitar pintu masuk tempat ini juga di sediakan kuda sewaan yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling, hanya dengan biaya Rp18Ribu rupiah untuk sekali putaran.

Pintu masuk pertama terletak di atas, anda harus menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan dan tersusun rapi,di sediakan pula gazebo di beberapa titik,untuk beristirahat sejenak sambil melihat monyet ekor panjang yang hidup dengan bebas di kawasan ini, kamu juga bisa melihat tanaman hias yang di jual di sisi jalan. Sedangkan pintu masuk kedua berada di lereng bawah.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan sebuah kompleks taman di Kecamatan Lawiyan, Kota Surakarta. Di depan Taman Sriwedari terdapat sebuah panggung yang tumbuh pohon beringin yang rindang dan di atas panggung terlihat sepasang meriam yang kerap kali di jadikan sebagai panggung pertunjukan setiap ada event.

Disini juga merupakan hot spot area jadi sering dimanfaatkan anak- anak muda untuk nongkrong hot spot an atau sekedar menikmati makanan yang terdapat di sepanjang jalan dan sekedar mengambil foto.

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta atau Solo atau disebut sebagai Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan keraton dengan gaya dan arsitektur yang sangat unik. Keraton ini tertelak di kota Surakarta biasa disebut dengan nama Solo yang berada di Propinsi Jawa Tengah.

Di Keraton Surakarta ini anda bisa melihat berbagai benda peninggalan kerajaan yang terdapat di dalam museum. Untuk memasuki museum yang berada di dalam area kraton, diwajibkan memakai sepatu dan bercelana panjang.

Museum Manusia Purba Sangiran

Purba Sangiran

Museum Sangiran terletak di sebelah utara Kota Solo dan berjarak sekitar 15 km tepatnya di desa krikilan, kec. Kalijambe, Kab.Sragen. Nah sangiran merupakan sebuah situs yang peting untuk perkembangan bidang ilmu pengetahuan terutama untuk sebuah penelitian di bidang biologi, antropologi, paleoantropologi, arkeologi, geologi, dan kepariwisataan.

Selain itu, dengan adanya keberadaan Situs Sangiran itu bermanfaat untuk mempelajari bagi kehidupan manusia prasejarah, karena di situs ini juga dilengkapi dengan, fosil flor, fosil manusia purba, hasil-hasil budaya manusia purba, dan fauna purba beserta gambaran stratigrafinya.

Kuliner Galabo Solo

Kuliner Galabo

Galabo merupakan sebuah kawasan wisata kuliner yang buka di malam hari di Kota Solo. Setiap malamnya Galabo selalu banyak dikunjungi warga Solo yang ingin menikmati kuliner. Kawasan ini terletak di daerah Gladak, atau tepatnya di JL. Mayor Sunaryo depan Pusat Grosir Solo.

Jumlah warung yang berjualan di kawasan Galabo ini sekitar 50 an warung dengan berbagai jenis makanan yang ada di Kota Solo. Jadi warung yang buka di Galabo ini bisa dikatakan perwakilan dari berbagai rumah makan, warung dan restoran yang ada di Solo.

Kebun Binatang Taru Jurug

Taru Jurug

Taman wisata taru jurug adalah taman yang mempunyai banyak koleksi binatang langka seperti harimau sumatera, burung merak hijau, iguana, komodo dan lainnya. Tak hanya satwa, di tempat ini juga terdapat berbagai macam jenis tumbuhan baik yang berbentuk kecil maupun yang berbentuk besar seperti pohon akasia, pohon pinus, pohon cemara dan pohon flamboyan. Pohon-pohon tersebut tak hanya berfungsi sebagai konservasi, tetapi juga bisa di jadikan sebagai tempat berteduh dan penghijauan.

Fasilitas yang ada di taman wisata taru jurug cukup banyak, seperti aneka wahana permainan baik untuk dewasa dan untuk anak-anak. Fasilitas tersebut berupa kereta mini, kolam renang, wahana air. Sehingga seluruh pengunjung bisa mencoba untuk menikmati wahana tersebut setelah lelah berkeliling melihat satwa yang ada di kebun binatang tersebut.

Harga tiket masuk untuk berkunjung di taman wisata taru jurug ini cukup murah, yaitu Rp 6.000 untuk hari biasaya dan Rp 7.000 untuk hari libur. jika anda ingin naik gajah tau kuda anda harus membayar Rp7000 rupiah.

Monumen Pers Solo

Monumen Pers Solo

Monumen Pers Nasional berada di Jalan Gajah Mada 59, Surakarta, di sudut Jl. Gajah Mada dan Jl. Yosodipuro. Nah letaknya di sebelah barat Istana Mangkunegaran. Untuk kompleks museum memiliki terdiri dari bangunan asli Sasana Soeka, dua gedung berlantai dua, dan juga satu gedung berlantai empat. Di depan museum terdapat lapangan parkir dan dua papan pengumuman yang dilengkapi koran gratis.

Museum ini juga memiliki pusat media. Di sana masyarakat bisa mengakses Internet gratis melalui sembilan komputer yang tersedia. Selain itu disini, ada pula perpustakaan dengan memiliki koleksi sekitar 12.000 buku, dan ruang baca koran dan majalah lama yang sudah didigitalisasi di tempat, dan juga ruang mikrofilm sudah tidak digunakan lagi.

Sejarah Museum Mangkunegaran

Sejarah Museum

Museum Pura Mangkunegaran merupakan tempat dimana kita dapat menggali sejarah tentang abdi dalem Keratonan Surakarta dari Zamannya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said yang dulu dikenal sebagai Pangeran Samber Nyawa. Pura Mangkunegaran terdiri dari dua bagian utama : pendopo dan dalem yang diapit oleh tempat tinggal keluarga raja. Hal yang menarik adalah keseluruhan istana dibuat dari kayu jati yang bulat.

Pendopo disini isinya sebuah ruangan terbuka yang digunakan oleh para abdi dalem untuk mengadakan latihan pertunjukan tari maupun latihan pertunjukan wayang kulit yang merupakan termasuk kebudayaan asli Jawa dan Jawa tengah Khususnya. Pendopo ini terdiri dari dua tiang penyangga utama yang berfungsi menopang bangunan agar tetap berdiri kokoh. Pura Mangkunegaran dibuka untuk umum setiap hari jam 09.00-14.00, Jumat jam 09.00-12.00, Minggu jam 09.00-14.00 wib.

Taman Balekambang 

Taman Balekambang

Taman ini dibangun untuk putra-putri tercinta, yaitu Gray Partini Husein Djayaningrat dan Gray Partinah Sukanta, yang figure keduanya bisa dilihat pada patung yang ada di dalam taman Balekambang.

Maka dari itu area taman Balekambang ini pun dulu dibagi menjadi dua, yaitu Partini Tuin dan Partinah Bosch. Partini Tuin atau Taman Air Partini terdapat kolam resapan yang luas dan juga berfungsi untuk penampungan air. Kolam ini juga bisa digunakan untuk wisata air dengan menggunakan perahu.

Pasar Klewer

Pasar Klewer

Bangunan pasar klewer terdiri atas dua lantai yang membuat para pengunjung dan pelaku pasar lebih nyaman untuk memilih dan berjalan-jalan menyusuri setiap sudut lorong pasar.

Di pasar klewer yang menonjol adalah di sana tersedia berbagai macam jenis batik dari seluruh kota selain kota Surakarta diseluruh Indonesai, seperti kota Yogyakarta, Pekalongan, Banyumas dll. Jika kita menengok ke lantai dua kita juga akan menemui beberapa penjahit yang siap mengubah kain yang baru saja dibeli menjadi sebuah pakaian yang diinginkan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru yang Paling Bagus

Nah Demikian mengenai beberapa Tempat Wisata Solo semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Selamat berlibur kawan.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *