35 Tempat Wisata di Puncak Bogor Terbaru yang Lagi Hits

Wisata Puncak Bogor – Nah pada kesempatan kali kami akan membahas mengenai Tempat Wisata di Puncak Bogor, siapa sih yang gak tahu Puncak Bogor? Puncak Bogor adalah sebuah kawasan wisata di Bogor yang populer lho. Kawasan wisata Puncak di Bogor ini selalu dipadati dengan para pengunjung di saat akhir pekan. Puncak Bogor menawarkan pemandangan wisata alam yang memukau, dan juga tidak perlu biaya yang mahal untuk menikmati hari libur di Puncak.

Untuk secara geografis, kawasan Puncak Bogor berada di wilayah pegunungan yang membentang antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Dan juga Iklim pegunungan yang sejuk dengan udara yang bersih, pemandangan hijau yang menyegarkan, dan juga panorama alam yang indah membuat reputasi Puncak Bogor itu begitu populer di antara para penikmat perjalanan. Berbagai fasilitas publik contohnya seperti penginapan dan juga cafe, hotel restoran tersedia lengkap di kawasan Puncak Bogor ini. Tak hanya itu, ada banyak sekali vila yang disewakan kepada para wisatawan.

Selain itu, Kawasan wisata Puncak Bogor juga merupakan pilihan tempat wisata yang digandrungi banyak kaum muda. Keindahan alam, suasana yang tenang dan sejuk membuat banyak pasangan menghabiskan waktu liburannya di tempat romantis di Bogor tersebut. Ada banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan, seperti menikmati tempat kuliner, menyantap susu murni, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Baca ini : Tempat Wisata di Bandung Terbaru Yang Paling Bagus

Mari kita simak ulasan mengenai Tempat Wisata di Puncak Bogor Terbaru Yang paling Bagus dan sekitarnya berikut ini:

1. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Tempat wisata yang pertama adalah Taman Wisata Matahari Bogor, Taman Wisata Matahari ini sungguh tempat bagi kegiatan rekreasi serta edukasi anak-anak melalui berbagai kegiatan outbond, baik indoor maupun oudoor. Berbagai wahana permainan dan edukasi yang ada di Taman Wisata Matahari dinilai mampu memanjakan para pengunjung dan memberikan kepuasan serta ketenangan untuk terlepas sejenak dari aktivitas pekerjaan sehari-hari yang melelahkan. seperti kolam renang, ATV, arung jeram, penginapan, sarana outbound, restoran, permainan air, permainan anak-anak, hingga pusat belanja dan wisata sawah.

Jika Anda berencana ingin menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan di Taman Wisata Matahari, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi berikut. Dengan demikan, Anda akan dapat menentukan spot wisata yang dapat dipilih saat menghabiskan waktu akhir pekan atau rekreasi bersama orang-orang tercinta. Taman ini Terletak di ketinggian sekitar 250-330 meter dpl, kawasan Taman Wisata Matahari memiliki udara yang sejuk. Komponen tanahnya juga terbilang cukup subur mengingat tanah di daerah Puncak Bogor didominasi oleh jenis tanah latosol coklat kemerahan.

2. Curug Panjang

Curug Panjang

Curug Panjang yang berada di lereng Gunung Paseban, memiliki ketinggian sekitar 1000 mdpl, dan kawasan wisata seluas sekitar 30 hektar ini menawarkan keindahan Sungai Cirangrang sebagai komoditas utamanya. Sungai inilah yang membentuk 4 air terjun di kawasan ini, dan mulai dari teratas yaitu: Curug Panjang, Curug Blao, Curug Bunder dan juga Curug Barong.

Curug Panjang Berada di Desa Megamendung, Kec. Megamendung, Jarak dari Bogor 20,5 km dengan fasilitas : Loket Karcis, Shelter, Toilet, Jalur Tracking,, Musholla, Areal Kemping, Air Terjun.Curug Panjang sebenarnya hanya 8 kilometer dihitung dari jalan masuk Megamendung (dari jalan raya Bogor Puncak). Dari gerbang masuk, pengunjung harus kembali jalan kaki untuk ke dasar curug, kurang lebih perjalanan 300-400 meter.

3. Curug Cilember

Curug Cilember

Curug Cilember merupakan salah satu wisata di Puncak yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Walaupun kurang terkenal, Curug Cilember menawarkan keindahan dan kesejukan alam yang asri dan segar, sehingga pantas untuk dikunjungi. Fasilitas yang ada di Curug Cilember di antaranya penangkaran kupu-kupu, tempat berkemah, penginapan, dan lain-lain.

Obyek wisata utama di sini adalah 7 buah air terjun, namun untuk dapat melihat semuanya anda harus menempuh perjalanan mendaki yang cukup jauh, kurang lebih 3 jam berjalan kaki di hutan pinus yang asri. Untuk Harga tiket masuk sebesar 6ribu rupiah, Apabila kalian ingin menginap di tempat wisata tersebut maka akan dikenakan biaya inap kendaraan sebesar Rp 8.000/malam, disana juga terdapat taman kupu-kupu yang bisa dilihat dengan biaya Rp 5.000 saja.

4. Taman Riung Gunung Puncak Bogor

Taman Riung

Tempat wisata selanjutnya yaitu Taman Riung Gunung, Taman Riung Gunung merupakan tempat wisata di Puncak yang kurang terkenal namun layak dikunjungi. Taman Riung berlokasi 17 KM dari pintu tol Ciawi, Taman Riung Gunung menawarkan pemandangan keindahan alam yang sejuk dan juga memiliki fasilitas yang lengkap.

Fasilitas di sini yaitu, tea walk atau wisata kebun teh, sarana outbound, tempat permainan anak-anak, kolam renang, restoran, hingga penginapan dan terapi ikan. Selain itu juga, Banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Riung Gunung. Fasilitas wisata di tempat itu juga tak perlu dikhawatirkan. Segala fasilitas pendukung sudah memadai. Kegiatan fotografi menjadi pilihan asyik para pengunjung. Hamparan teh dan panorama alam di ketinggian menjadi latar belakang foto yang sangat diburu.

5. Desa Wisata Pancawati

Pancawati

Salah satu lokasi yang layak untuk kita kunjungi selanjutnya di Bogor, yakni Desa Wisata Pancawati. Desa Wisata Pancawati berada di Desa Lemah Nendeut Pancawati, Kec. Caringin, Kab. Bogor. Lebih tepanya berada lebih kurang sekitar 3,5 kilometer dari daerah Ciawi, atau sekitar 2 kilometer dari arah pasar Ciketereg. Selain itu, desa wisata ini juga dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui ruas tol Jagorawi dari arah kota Jakarta.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai dikawasan desa tersebut, yakni lebih kurang sekitar 1,5 jam. Namun sebaiknya anda sedikit berhati-hati ketika akan melintas pada sepanjang jalur menuju desa ini. Pasalnya kondisi jalanan cenderung tidak terlalu lebar, juga banyak dipenuhi dengan tanjakan-tanjakan yang cukup terjal. Namun disepanjang perjalanan menuju kawasan Desa Wisata Pancawati, pandangan mata kita akan disuguhkan dengan pemandangan dari hamparan pepohonan pinus yang rindang. Salah satu sajian yang mampu menberikan kesan serta suasana teduh, dan akan terus setia menemani perjalanan kita.

Berbagai jenis penginapan berupa Villa, juga menjadi salah satu sajian yang dapat kita saksikan disepanjang perjalanan. Setibanya dikawasan Desa Wisata Pancawati, panorama pemandangan alam yang terlihat begitu indah langsung menyambut kedatangan kita. Sejauh mata kita memandang, akan dimanjakan dengan pemandangan alam berupa hamparan areal persawahan yang luas, areal perkebunan yang hijau, sungai Cisadane dengan air yang mengalir begitu jernih dan deras, serta pesona indah dari Gunung Salak dan Gunung Pangrango.

Terdapat banyak sekali fasilitas wisata yang bisa kita gunakan pada kawasan desa wisata tersebut, mulai dari tempat-tempat Penginapan, Areal Camping Ground, Reatret, Family Gathering, Study Tour, serta beberapa areal untuk melakukan berbagai kegiatan Outbound. Selain itu, pada kawasan Desa Wisata Pancawati kita juga akan dimanjakan dengan berbagai jenis wahana permainan yang menarik. Diantaranya, seperti Hydrotower, Aliran Bola, Take the Ball, Water Line, Flaying Karpet, Bleandith Leader, Pipe Trully, Flaying Ball, serta berbagai jenis permainan penuh dengan tantangan lainnya.

6. Telaga Warna

Telaga Warna Puncak Bogor

Telaga Warna merupakan sebuah objek taman wisata alam yang terletak di kawasan Pass Cisarua Bogor. Wisata ini primadona objek wisata yang terkenal karena pesona keindahan alamnya lho. Hamparan kebun teh yang membentang luas serta udaranya yang sejuk karena berada di ketinggian 1400 Mdpl menawarkan sensasi perjalanan wisata yang tenang dan menyenangkan. Luas keseluruhan Taman wisata Telaga Warna sendiri adalah 5 hektar, sedangkan luas telaganya adalah 1.5 hektar.

7. Taman Safari

Taman Safari

Taman Safari adalah sebuah objek wisata di Puncak yang paling terkenal dan juga merupakan tempat yang selalu dipadati pengunjung lho, terutama pada akhir pekan. Yang Berlokasi di Cisarua, 77 KM dari Jakarta. Dan taman Safari ini yaitu tempat wisata dengan orientasi wawasan binatang di alam bebas. Di Taman Safari anda dapat melihat binatang di alamnya dari dekat dengan menggunakan mobil, bahkan anda juga dapat berinteraksi langsung dengan binatang-binantang tersebut.

8. Curug Kembar

Curug Kembar

Tempat wisata yang berikutnya di puncak bogor yang indah dan mempesona adalah Curug Kembar, adalah salah satu obyek wisata air terjun yang terletak di kawasan Cisarua, Puncak. Sesuai namanya, Curug Kembar adalah air terjun kembar yang hidup berdampingan sehingga sangat menarik untuk dilihat.

9. Istana Presiden Cipanas

Istana Presiden

Nah tempat wisata yang selanjutnya adalah Istana Presiden Cipanas, dulunya adalah sebuah bangunan tempat tinggal milik Belanda dan sekarang digunakan untuk tempat kediaman Presiden Republik Indonesia.

Dalam istana terdapat koleksi foto-foto sejarah kepemilikan gedung mulai dari jaman Belanda, selain itu ada juga museum, toko suvenir, permandian air panas, gedung Bentoel, koleksi kaktus, koleksi tanaman hias, dan halaman yang sangat luas. Yang perlu diingat adalah tidak semua area di Istana Presiden Cipanas dapat kita masuki dan foto.

10. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

Air Terjun Cibereum adalah salah satu wisata alam yang berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrongo sehingga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango lho. Nah jadi jika kamuyang hendak mendaki Gede Pangrango melalui jalur Cibodas maka pasti akan melalui jalur menuju Curug Cibeureum ini.

Curug Cibereum ini merupakan salah satu objek wisata alam favorit wisatawan wisata cibodas. Selain memiliki keindahan, selama perjalanan menuju ke lokasi kamu akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah dan jug sangat eksotis dengan jarak tempuh 2.7 Km dari pos tiket.

11. Kebun Wisata Inkarla

Inkarla

Kebun Wisata Inkarla merupakan wisata yang terletak di kawasan Cibodas menawarkan perpaduan antara tanaman hias dan juga pemandangan gunung yang indah lho. Anda dapat melihat berbagai jenis bunga dengan warna yang berbeda-beda di sini, sangat menyejukan mata dan pikiran.

Selain kebun tanaman hias, Kebun Wisata Inkarla juga memiliki fasilitas lain seperti kolam renang air hangat, ruangan meeting, sarana outbound, tenis meja, area permainan anak-anak, dan penginapan dengan pemandangan yang indah.

12. Melrimba Garden Bogor

Merlimba

Melrimba Garden adalah salah satu wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Adapun lokasinya di Jalan Raya Puncak KM 87, Melrimba Garden selain sebagai salah satu produsen tanaman hias yang terkenal, juga merupakan salah satu tempat wisata di Puncak dengan konsep taman natural.

Selain panoramanya yang mempesona, Melrimba Garden juga memiliki fasilitas penginapan, kolam pemancingan, kebun petik buah strawberry, lapangan rumput serba guna, rumah kaca tanaman hias, area permainan anak-anak, sarana outbound, tea walk, hingga wahana permainan luar ruangan seperti ATV dan juga high rope.

13. Agro Wisata Gunung Mas 

Gunung Mas

Nah ada satu lagi tempat wisata berupa kebun, Bagi Anda yang ingin menikmati hamparan hijau tanaman teh di Puncak, inilah tempat yang harus Anda kunjungi. Hamparan hijau kebun teh dengan beberapa pemetik daun teh membuat pemandangan di salah satu objek wisata Puncak ini menjadi indah terlihat.

Lazimnya, para pemetih daun teh ini terdiri dari satu grup yang berjumlah sekitar 15 sampai 20 orang. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen-momen indah dengan latar hamparan hijau kebun teh dan aktivitas para pemetik daun teh.

14. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Gung Gede

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah salah satu Wisata Alam yang bisa Anda nikmati di kawasan Wisata Cibodas. Memiliki luas 21.975 hektare, kawasan Taman Nasional ini ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan sehingga memiliki peranan penting dalam sejarah konservasi di Indonesia.

Berbagai jenis tumbuhan dengan spesies unik bisa ditemukan di dalam kawan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini. Mulai dari “si pohon raksasa” Rasamala, “si pemburu serangga” atau kantong semar (Nephentes spp); berjenis-jenis anggrek hutan, dan bahkan ada beberapa jenis tumbuhan yang belum dikenal namanya secara ilmiah, seperti jamur yang bercahaya.

Mungkin Anda mau merasakan mendaki? Taman Nasional Gunung Gede bisa anda jadikan pilihannya loh, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berjarak sekitar 100 KM dari Jakarta. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki kekayaan ekosistem yang luar biasa, dan merupakan rumah bagi hewan dan tumbuhan langka. Kegiatan yang dapat dilakukan di sini yaitu wisata alam, penelitian, pendidikan, dan pengamatan burung. Wisata alam yang paling populer di sini adalah pendakian gunung.

15. Kota Bunga

Kota Bunga

Tempat wisata ini sebenarnya merupakan villa yang ada di kawasan puncak bogor. Villa ini sengaja ditata dengan apik oleh pihak pengembang sebagai daya tarik tersendiri untuk pembeli serta wisatawan yang aberkunjung ke puncak bogor untuk menginap di villa mewah ini. Kota bunga ini sangat indah, karena penataan dan perawataan serta berbagai jenis bunga ada di sini.

Selain bunga, Kota Bunga juga menyediakan berbagai wahana wisata seperti kolam renang, taman bermain, danau buatan serta berkeliling kompleks villa tematik dengan ciri khas negara-negara di dunia menjadikan liburan anda berkesan. Malah, salah satu taman yang sangat indah di dekat pintu masuk terdapat kolam dengan air mancur dan patung kuda, cukup ramai disinggahi dan sering dijadikan obyek foto oleh para pengunjung.

16. Citamiang Puncak Bogor

Citamiang

Citamiang merupakan sebuah objek wisata Puncak Bogor yang sangat tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan aneka permainan di alam terbuka. Di Citamiang, Anda dapat bersantai bersama dengan keluarga dan teman-teman sembari menikmati udara bersih dan suhu yang sejuk. Citamiang telah terkenal sebagai salah satu tempat wisata outbond di Puncak Bogor, di mana banyak komunitas melakukan aktivitas training di alam terbuka, berkemah, dan tracking.

17. Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Pusat Pendidikan Konservasi

Tempat wisata selanjutnya di puncak Bogor adalah Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol, wisata yang satu ini tidak boleh anda lewatkan. Selain anda bermain juga belajar mengenal berbagai flora dan fauna. Wisata ini berada di di Babakan Kencana 35, Lido-Cigombong Bogor Jarak sekitar 31 km dari Bogor dan tempat ini dikelola oleh Menteri Kehutanan. Untuk Fasilitas : Water Fall Track Gazebo, Jungle Treaking, Jembatan Gantung.

18. Seruni Tematik Hotel Bogor

Seruni Tematik

Seruni Tematik Hotel adalah sebuah lokasi penginapan, tetapi pihak manajemen merubah kolam renang mereka menjadi sebuah pantai untuk bermain. Hal ini bertujuan untuk menarik para wisatawan agar menginap di hotal ini. Disini memiliki Pasir yang putih dan juga bersih maka membuat Hotel Tematik menjadi salah satu hotel favorit untuk kamu menginap.

19. Agro Kapol Puncak Bogor

Agrokapol

Selanjutnya, ada Wisata Agro Kapol. Wisata ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Wisata Agro Kapol merupaka wisata petik stroberi. Bagi Anda yang menyukai buah asam manis yang satu ini, berkunjung ke tempat wisata ini tidak ada salahnya.

Selain buah-buahan seperti stroberi, terdapat juga sayuran-sayuran segar yang dijual. Wisata Agro Kapol juga direkomendasikan untuk Anda yang akan berlibur di akhir tahun 2015 dalam menyambut perayaan tahun baru 2016. Jika Anda tertarik mengunjungi tempat wisata tersebut, lokasinya berada di Desa Pasir Jaya, distrik Kecamatan Cijeruk, sekitar 25 KM dari Bogor.

20. Taman Rekreasi Lido

Lido Puncak

Lido Puncak merupakan wisata yang menyediakan tempat bermain berupa sebuah danau kecil. Taman ini juga menyediakan perahu bebek untuk bermain. Adapun lokasi wahana ini yaitu di Desa Wates Jaya Kec. Cijeruk,Cigombong Jarak sekitar 20 km dari Bogor. Tempat ini dikelola oleh PT. Lido Sarana Prima. Fasilitas yang ada : Danau rekreasi, Musholla, Perahu bebek, Toilet, Panggung pertunjukan,, Restorant, Kolam Renang, Rakit Bambu, Area Bermain.

21. Warso Farm Puncak Bogor

Warso Farm

Tempat wisata Warso Farm merupakan agro wisata buah durian yang sangat terkenal di kota Bogor. Nah untuk lokasi Warso Farm berada di Desa Cihedeung Kec. Cipelang Kab. Bogor. Selain itu, obyek wisata yang juga dikenal dengan nama perkebunan Durian Warso ini memang dahulu dirintis oleh seorang pensiunan TNI AD yang bernama Soewarso Pawaka.

Dari nama pendirinya inilah perkebunan buah durian ini dinamai dengan Warso Farm. Di sini juga tersedia tempat bagi para pengunjung yang ingin membeli buah durian dan juga berbagai hasil olahannya seperti es durian dan jus durian yang dapat dinikmati langsung atau dibawa pulang untuk oleh-oleh.

22. Desa Kampung Bambu

Desa Kampung Bambu Puncak bogor

Kampung bambu menyediakan areal bermain untuk anak dan keluarga. Kampung bambu menyediakan wahana bermain alam pedesaan, serta tempat penginapan yang mengesankan. Adapun lokasi dari kampung bambu terletak di Kec Cijeruk, Cigomong Jarak sekitar 21 km dari Bogor.

Di sini terdapat fasilitas Penginapan, Kolam Renang, Camping Ground, Permainan Paintball, ATV, dan Wahana Water Slider. Anda juga dapat mencoba kegiatan Berkebun, Outbond, Memancing, serta Arung Jeram.

23. Masjid Atta’awun Bogor

Masjid Atta’awun

Bagi Anda umat Muslim, Anda bisa menyempatkan diri untuk beribadah atau berkunjung ke Masjid yang terletak di Jl. Cisarua, Cisarua, Jawa Barat ini. Masjid ini memiliki keindahan arsitektur yang khas serta dikelilingi oleh taman yang hijau dan ditumbuhi pepohonan maupun bunga. Kemegahan dan Keindahan Masjid ini semakin lengkap karena berada di kawasan pegunungan dengan udara yang sangat sejuk.

24. Restoran Rindu Alam Bogor

Restoran Rindu Alam

Mungkin anda Lapar? mampirlah ke Restoran yang terletak di Jl. Raya Puncak KM 83 (Puncak Pass, Cisarua), Bogor. Tak hanya menyediakan berbagai olahan dari Ayam, Sapi, Kambing, dan Sayuran. Namun di sini Anda dapat menikmati makanan sambil melihat hamparan Pemandangan yang sangat indah. Menikmati hidangan dengan ditemani pemandangan Perkebunan Teh, Gunung Gede Pangrango, dan Puncak Gunung Salak ditambah udara yang sejuk semakin menambah selera makan Anda.

Baca ini : Kolam Renang di Bogor yang Paling Asyik Buat Liburan

Demikian mengenai Tempat Wisata di Puncak Bogor nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *