10 Tempat Wisata di Myanmar Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Wisata Myanmar Myanmar nama resmi untuk negara Asia Tenggara yang lebih dikenal sebagai Burma, adalah tempat yang harus dilihat bagi pelancong yang menyukai Buddha dan pantai, meskipun tidak harus dalam urutan itu. Negara ini berisi ribuan kuil Buddha.

Juga memiliki pantai putih murni di sepanjang Teluk Bengal dan Laut Andaman. Negara ini perlahan-lahan membuka pariwisata Asing, sehingga wisatawan yang ingin mengalami Burma lebih tradisional mungkin ingin mengunjungi sekarang.

Baca Juga : Tempat Wisata di Thailand Terbaik yang Wajib Dikunjungi

1. Bagan

Bagan

Tujuan paling populer di Myanmar, bagan adalah ibukota dari Kekaisaran Burma pertama dari abad ke-9 sampai abad ke-13. Situs yang pernah digambarkan Marco Polo sebagai “kota berlapis emas” ini adalah rumah bagi sekitar kuil Buddha 13.000 pada masa kejayaan abad ke-11. Ribuan Kuil, stupa dan Pagoda masih ada, termasuk Kuil Ananda yang terkenal dengan menara emasnya yang berkilau.

2. Golden Rock

Golden Rock

Golden Rock, atau Kyaiktiyo Zedi seperti yang dikenal secara lokal, adalah pemandangan yang sangat mengagumkan: sebuah Pagoda (zedi) duduk di atas batu besar yang muncul seolah-olah itu akan jatuh dari tepi tebing.

Berkunjung ke sini adalah ziarah bagi umat Buddha Myanmar. Golden Rock berjarak sekitar lima jam berkendara dari Yangon, dan juga melibatkan perjalanan panjang. Sebuah tangga mengarah ke kompleks Pagoda yang memiliki beberapa platform melihat dan kuil Buddha.

3. Shwedagon Pagoda

Shwedagon Pagoda

Shwedagon atau Pagoda naga besar dianggap sebagai situs paling suci dalam agama Buddha di Myanmar karena mengandung sehelai rambut Buddha dan peninggalan keagamaan lainnya. Pagoda berusia 2.500 tahun ini terletak di bukit Singuttara di Yangon, kota terbesar di Myanmar.

Selama berabad-abad, Pagoda ini telah tumbuh dari 8 meter menjadi 99 meter (26 kaki hingga 366 kaki). Asal-usul Shwedagon hilang di jaman dahulu namun diperkirakan bahwa Pagoda ini pertama kali dibangun oleh Mon selama periode bagan, antara abad ke-6 dan ke-10 Masehi.

4. Taung Kalat

Taung Kalat

Dibangun di atas sebuah steker gunung berapi yang telah punah, biara Budha Taung Kalat adalah salah satu situs paling menakjubkan di Burma. Untuk mencapai biara, pengunjung harus mendaki 777 langkah ke puncak. Sepanjang jalan adalah banyak monyet Macaque mengharapkan memperlakukan.

Dari atas Taung Kalat, kita dapat menikmati pemandangan yang indah. Satu dapat melihat kota kuno bagan dan puncak kerucut besar soliter Gunung Popa, gunung berapi yang sebenarnya menyebabkan pembentukan steker vulkanik.

5. Inle Lake

Inle Lake

Danau Inle yang luas dan tenang adalah salah satu tempat wisata terbaik di Myanmar. Selain keindahan alamnya yang cukup besar, Danau ini juga menarik wisatawan untuk rumah panggung Intha, keturunan orang Mon dari ujung Tenggara.

Sebuah hari-perjalanan khas di Danau, diambil dalam sebuah perahu yang panjang dan sempit dengan Motor tempel yang bising, akan menempel ke utara mencapai danau Inle. Perjalanan ini juga termasuk kunjungan ke bengkel kecil di desa Stilt, beberapa pagoda dan mungkin pasar.

6. Mrauk U

Mrauk U

Mrauk U adalah kota arkeologi penting. Ini awalnya dianggap sebagai benteng karena dinding tebal, tetapi dinding dibuat untuk melindungi Kuil dari angin sengit, bukan penyerbu. Kuil Batu dapat ditemukan di seluruh area. Kota abad pertengahan dulunya merupakan ibukota arakan yang penting dan merupakan kota perdagangan yang penting.

Sampai ke lokasi terpencil ini melibatkan empat sampai tujuh jam perahu menaiki anak sungai dari Sungai Kaladan. Pelancong mungkin ingin membawa perlengkapan hujan di wilayah mendapatkan hampir 1,2 meter (4 kaki) hujan setiap tahunnya.

7. Ngapali

Ngapali

Ngapali memadukan dua dunia di negara Asia Tenggara ini. Ini adalah kota resor utama Myanmar, dengan pantai pasir putih yang berjajar di perairan biru Teluk Bengal dan Hotel mewah. Ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai dan hanya rileks.

8. Shwenandaw Monastery

Shwenandaw Monastery

Shwenandaw Monastery adalah biara Buddha bersejarah di kota Mandalay. Dikenal sebagai Golden Palace, bangunan penting ini terletak di pusat Myanmar. Itu awalnya bagian dari Kompleks Istana Mandalay sebagai apartemen kerajaan Raja, tetapi putranya pindah ke luar istana setelah kematiannya percaya itu dihantui oleh Roh raja.

Ia kemudian menjadi sebuah biara. Pada suatu waktu, bangunan itu ditutupi emas tetapi emas sebagian besar di dalam sekarang. Bagian luarnya ditutupi dengan ukiran jati yang melambangkan mitos Buddha. Ukiran hiasan yang terbuat dari bahan lain seperti batu dapat ditemukan di seluruh struktur.

9. Ayeyarwady River Cruise

Ayeyarwady

Sungai terpanjang di Myanmar, Ayeyarwady, yang juga dikenal sebagai Irawaddy, mulai tinggi di pegunungan Himalaya, mengukir Myanmar dalam setengah perjalanan ke Laut Andaman. Hal ini diniahkan oleh kapal besar dan perahu di ketinggian yang lebih rendah, dan cepat menjadi tujuan pelayaran sungai populer.

Pelayaran berjalan antara Mandalay dan bagan; kedua kota ini menawarkan banyak Kuil, Pagoda dan patung Buddha. Antara dua terminal, kapal penjelajah akan melihat desa Sungai dan ikan lumba beakless, dan perjalanan melalui hutan dan jurang yang dalam.

10. Shwemawdaw Paya

Shwemawdaw Paya

Shwemawdaw Paya mendapat namanya, dewa emas besar, karena emas berkilauan yang menutupi itu dapat dilihat untuk mil di sekitar. Puncak bertabur berlian juga bertanggung jawab untuk beberapa Glitter. Di ketinggian hampir 114 meter merupakan Pagoda tertinggi di Myanmar.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jepang Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Hal ini sangat penting bagi Buddhisme karena mengandung beberapa peninggalan milik Buddha. Terletak di Bago, kompleks 1.000 tahun ini sangat berhias dengan Pagoda yang lebih kecil yang juga ditutupi emas, patung dan paviliun.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *