25 Tempat Wisata di Mamuju Terbaru yang Lagi Hits

Wisata Mamuju Mamuju mempunyai banyak pesona dan juga panaroma wisata alam yang indah dan juga masih banyak tersembunyi, jadi masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan juga tempat keren yang berada di Mamuju. Selain itu, mamuju punya banyak wisata yang menarik, mulai dari situs bersejarah, Situs budaya, Pantai spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan juga harus segera kalian kunjungi.

Nah jadi jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Mamuju, maka kamu jangan khawatir akan keindahannya, karena kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk kamu dikunjungi. Dan selama ini jika Mamuju jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, tetapi ternyata Mamuju ini juga mempunyai banyak tempat wisata alam yang indah.

Baca Juga : Tempat Wisata di Makassar Terbaru Paling Hits Dan Populer

1. Pantai Manakarra

Photo by: IG (@lidya_agstna)

Pantai Manakarra adalah sebuah ikon dan juga tempat wisata yang lagi di gandrungi oleh masyarakat di Kabupaten Mamuju, pantai ini merupakan sebuah bagian dari Teluk Mamuju. Teluk ini juga sebagai sentra perhubungan di Kota Mamuju sebagai pelabuhan Batu.

Dan untuk keindahan Pantai manakarra bisa disandingkan dengan keindahan Pantai Losari yang ada di makassar akan tetapi Pantai Manakarra mempunyai nilai plus karena di tambah latar belakang sebuah Pulau yang sangat eksotis.

2. Pantai Lombang Lombang

Pantai Lombang-Lombang

Pantai Lombang-lombang adalah pantai yang cukup di gemari oleh wisatawan, jadi sempatkan lah waktu kamu untuk berkunjung ke Pantai Lombang-Lombang pada saat kamu berada di Mamuju. Dan juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, akan tetapi kebersihan pantai ini cukup terjaga dan juga masih alami.

Nah karena dianggap masih asri itulah, pada hari Minggu atau hari libur lainnya, Dan juga pantai ini biasanya dipenuhi oleh wisatawan lokal yang ingin menghabiskan liburan mereka dengan menikmati panorama pantai.

3. Air Terjun Tamasapi

Air Terjun Tamasapi

Air Terjun Tamasapi mempunyai ketinggian sekitar 75 m dan juga berasal dari Sungai Tamasapi. Berada di Dusun Tamasapi, Desa Mamunyu, Kecamatan Mamuju, Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Dan suasana alam yang masih asri, Air terjun ini menawarkan pesona yang luar biasa, kesejukan airnya yang menggoda untuk segera menikmatinya.

Selain itu, airnya cukup deras disertai angin kencang yang membuat kamu benar benar terpesona. Dan ketika pada saat musim Durian anda berkunjung. Kamu bisa melihat buah Durian dikanan kiri sepanjang jalan, kamu pun dapat menikmati Durian yang haruh dan manis melalui para Petani yang sering menawarkan dengan harga yang murah.

4. Kelapa Tujuh

Kepala Tujuh

Kelapa tujuh adalah sebuah daerah ketinggian yang letaknya pas berhadapan lansung dengan pusat kota Mamuju. Nah jika pada malam hari kita berada disana kita bisa menikmati indahnya pemandangan kota. Selain itu pun sebaliknya jika disiang hari kita bisa menikmati indahnya pulau karampuang.

Selain itu, kelapa tujuh awalnya adalah perkampungan yang sepi, dan untuk akses jalannya pun rusak parah, tetapi setelah rumah jabatan bupati Mamuju di bangun disana, Dan kampung itu kini menjadi ramai dan bahkan menjadi tujuan wisata bagi masyrakat kabupaten Mamuju.

5. Bukit Jati Gentungan

Jati Gentungan

Jati Gentungan merupakan sebuah taman wisata pemandian yang terletak di area pegunungan. Dan di sini kamu akan merasa sangat rileks dan terlepas dari beban kerja yang menghimpit selama seminggu. Obyek wisata ini adalah obyek wisata alam yang selalu ramai dan tidak sepi dari wisatawan terutama saat waktu libur tiba. Nah obyek wisata Bukit Jati Gentungan ini sangat tepat sekali untuk dinikmati pada saat berlibur bersama keluarga.

6. Wisata Mangrove Bebanga

Mangrove Bebanga

Nah wisata mengrove berada di pesisir pantai di bagian utara kota Mamuju, jaraknya sekitar 25 km dari kota Mamuju arah ke bandar udara Tanpa Padang. Selain itu, wisata mangrove itu masih sangat alami, pohon bakau yang padat menjadi pemandangan indah wisata itu, demi kenyamanan pengunjung, pengelola menyediakan sejumlah Villa kecil yang dapat ditempati beristirahat sekaligus tempat membakar ikan.

7. Pulau Karampuang

Pulau Karampuang

Pulau Karampuang sendiri memang memiliki potensi wisata yang cukup besar yang dapat dieksplor dari keindahan bawah lautnya. Pulang Karampuang adalah destinasi yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke wilayah Mamuju.

Selain keanekaragam terumbu karangnya, pemandangan bawah laut Pulau Karampuang juga diramaikan oleh kehadiran berberap jenis ikan laut seperti ikan badut dan ikan kakak tua berdahi bulat atau juga dikenal dengan sebutan ikan bumphead.

8. Puncak Mamuju City

Puncak Mamuju City

Mamuju memang juga punya landmark layaknya Hollywood, nah yakni landmark yang bertuliskan ‘MAMUJU CITY’ yang dipasang di puncak gunung Anjoro Pitu di sisi timur Mamuju. Dan landmark ini memang terlihat jelas dari kota Mamuju dan juga Anjungan Pantai Manakarra serta menjadi daya tarik tersendiri.

9. Pantai Tapandullu Selatan

Pantai Tapandullu

Pantai Tapandullu berada di kabupaten Mamuju, Sulbar, dan ini bisa menjadi pilihan berlibur kamu. Dan wisata pantai ini terletak di Desa Sumare, Kecamatan Simboro, sekitar 25 kilometer dari Ibu kota Sulbar dan bisa ditempuh sekitar 30 menit melaui perjalanan darat. Selain itu, wisata pantai yang dikelolah oleh pemilik hotel berkah itu selalu ramai dikunjungi para wisatawan setiap akhir pekan, baik wisatawan lokal maupun mancagara.

10. Air Terjun Kalando

Air Terjun Kalando

Air Terjun Kalando merupakan wisata alam yang terletak di wilayah kecamatan Topoyo di sebelah Timur. di tempat ini selalu di kunjungi oleh Wisatawan local, kemudian di tempat ini tiada hari tertentu untuk berkunjung karna di tempat ini sudah ada sentuhan sedikit, disini sudah ada rumah tempat istirahat, tempat duduk batu, dan juga bahkan sudah ada tangga yng sudah di batu untuk air terjun yang lantai dua. Dan Disamping kiri kanan atas bawah semuanya telah di tumbuhi pohongkayu yang penuh dengan semak – semak belukar, kini airnya yang sangat benin dan udaranya sangat sejuk.

11. Anjoro Pitu

Anjoro Pitu

Anjoro Pitu adalah daerah perbukitan yang berada di timur kota mamuju. Daerah ini memiliki khasnya tersendiri bagi siapa saja yang mendatanginya, ditempat ini menyuguhkan pemandangan dan panorama yang indah bagus untuk berlibur dan berfoto foto dengan latar belakang tanjung rangas, sudut kota mamuju, pemandangan laut lepas dan pulau karampuang.

12. Panorama Mamuju

Panorama Mamuju

Panorama indah dan juga menarik tersaji dalam nuansa wisata yang kini menjadi tempat rekreasi baru bagi warga kota Sulawesi Barat khususnya Mamuju. Dengan jarak relatif dekat dan mudah dijangkau sekitar 12 kilo meter dari kota Mamuju atau kurang lebih 4 kilo meter menuju ketempat wisata yang bernama Panorama Beach, tepatnya di kelurahan Rangas kecamatan Simboro, kabupaten Mamuju. Nah tempat wisata baru ini menyediakan berbagai fasilitas seperti menu makanan, bernyanyinya, hingga untuk berenang di laut termasuk melihat dengan indah panorama pulau Karampuang dari sudut yang berbeda.

13. Tugu Smart Mamuju Utara

Tugu Smart Mamuju

Tugu ini sangat cocok buat kamu yang suka berfoto, maka tugu ini buat background foto kamu. Nah tugu ini beralamat di Jalan. Moh. Hatta, Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

14. Masjid Al – Madaniah

Masjid Al – Madanih

Masjid Al Madaniah berada di Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Masjid yang dibangun dengan anggaran puluhan miliar rupiah dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 itu menjadi ikon daerah yang dikunjungi wisatawan yang sedang berkunjung ke wilayah itu.

15. Kampung Nelayan

Kampung Nelayan

Ketika baru tiba di pulau ini, maka tak terkesan sama sekali bahwa di sini adalah perkampungan nelayan sebab pesona alamnya lebih menonjol. Nah kecuali kalau kita membaur dengan masyarakatnya barulah kita akan tahu kalau kebanyakan mereka adalah nelayan. Selain itu, banyak penyu di pesisir pantainya, menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan yang datang ke pulau ini.

16. Masjid Agung Suada

Masjid Agung Suada

Masjid Agung Suada adalah salah satu ikon religi dari Kota Mamuju. Masjid yang berada di Jln. Abdul Wahab Azasi ini merupakan salah satu masjid dengan arsitektur indah yang ada di Sulawesi Barat. Jadi hal yang menarik di Masjid Agung Suada Mamuju yakni mempunyai tiga tangga dan masing-masing tangga terdiri dari 33 anak tangga. Jumlah total 99 anak tangga tersebut sesuai dengan jumlah tasbih dan Asmaul Husna.

17. Air Mancur Bundaran Arteri Mamuju

Air Mancur Bundaran Arteri

Air mancur berwarna warna yang terletak di depan kantor Gubernur Sulbar menambah ikon keindahan kota Mamuju dimalam hari. Bukan hanya jalan arteri yang membanggakan masyarakat Mamuju, tapi air mancur berwarna warni dari kolam bundaran jalan arteri Mamuju menarik masyarakat Mamuju karena sangat indah dipandang dan dinikmati dimalam hari.

18. Masjid Jami Nurul Muttahidah

Masjid Jami Nurul Muttahidah

Masjid Jami Nurul Muttahidah Mamuju adalah sebuah masjid yang cukup besar dan gagah serta indah. Dan masjid ini mempunyai satu buah kubah besar dan dua buah kubah yang lebih kecil. Dan satu buah menara yang gagah berdiri di bagian samping depan masjid Di sebelah masjid berdiri pula sebuah madrasah ibtidaiyah.

19. Pantai Ujung Bulo

Pantai Ujong Bulo

Pantai Ujung Bulo Pulau Karampuang adalah sebuah pilihan tempat rekreasi saat long weekend bersama teman atau juga sahabat. Nah jadi untuk sampai ke Pantai ini kamu harus menggunakan modal transportasi katinting dan warga menyebutnya taxi. Dari dermaga rakyat Lingkungan Kasiwa Mamuju menyeberang pulau dengan waktu tempuh sekitar 15 hingga 20 menit dengan jarak tempuh kira-kira 2 mil.

20. Masjid Kantor Gubernur

MAsjid Kantor Gubernur

Masjid ini Beralamat Rangas, Kecamatan Simboro Dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Baca Juga : Tempat Wisata di Palu Terbaru Paling Hits Dan Populer

Demikian mengenai tempat wisata di mamuju semoga bisa menjadik referensi untuk kamu yang akan berlibur ke mamuju dan bisa menambah informasi tentunya.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *