51 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru Paling Hits Dan Populer

Wisata Kuningan Kuningan adalah sebuah Kabupaten yang berada di Jawa Barat, Kabupaten ini mempunyai pesona dan juga panaroma alam yang indah dan masih banyak yang tersembunyi, jadinya masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan juga tempat unik yang berada di Kuningan. Selain itu, kuningan punya banyak Spot objek wisata keren, situs bersejarah, mulai dari Situs budaya, spot foto foto kekinian, Gunung, dan sampai Air Terjun yang sangat memanjakan mata.

Nah jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Kuningan, maka kamu jangan khawatir akan keindahannya, karena kabupaten ini akan menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk kamu kunjungi. Dan selama ini jika Kuningan jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, tetapi ternyata Kuningan ini juga mempunyai banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata yang berada di Semarang, Jogja ataupun Kabupaten besar lainnya.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jakarta Terbaru Paling Hits Dan Populer

Berikut dibawah ini kami ulas secara singkat mengenai Tempat Wisata di Kuningan Terbaru yang harus segera kamu explore:

1. Taman Kuning Kebun Raya

Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan ini memiliki konsep yang terunik, nah karena kamu disini akan mendapati jalanan alami berbatu di beberapa area menuju kebun raya ini lho. Selain itu, untuk pemandangannya disuguhkan oleh Kebun Raya Kuningan ini pun beragam.

Contohnya seperti taman gunung Ciremai, patung kuda, taman kuning, air mancur, dan juga lain sebagainya. Dan untuk zona tanaman ini terbagi menjadi beberapa macam yaitu zona buah-buahan, koleksi tumbuhan luar negeri, koleksi tumbuhan lokal khususnya di pulau Jawa, dan juga yang lainnya.

2. Curug Putri Palutungan

Curug Putri Palutungan

Curug memang menjadi salah satu wisata alam andalan Jawa Barat, hampir di setiap pelosok daerah mempunyai sebuah curug atau air terjun yang khas. Dan tak terkecuali dengan Curug Putri Palutungan yang terletak di Kuningan ini dan juga dekat dengan Bumi Perkemahan Palutungan.

Curug Putri Palutungan terletak pada jalur pendakian Gunung Ciremai sehingga banyak wisatawan yang adalah salah satu dari beberapa pendaki. Selain itu, curug ini dikelilingi tebing yang lumayan terjal dan pepohonan yang rimbun, memberikan kesa, sejuk, asri, dan juga alami bila berkunjung kesini.

3. Bukit Panembongan

Bukit Panembongan

Nah untuk kamu yang sedang mencari spot wisata alam dengan panorama yang indah dan juga sangat instagramable saat diambil foto, Maka Bukit Panembongan yaitu pilihan yang tepat. Ada apa saja sih di Bukit Panembongan ini? Disini tak hanya pemandangan asri dan juga alami yang ditawarkan.

Tetapi berbagai macam fasilitas seperti arena camping, outbound, hingga sesi pemotretan prewedding disini juga disediakan. Selain itu didukung dengan pemandangan kota Jawa Barat yang bisa dilihat dari ketinggian Bukit Panembongan ini membuat tempat tersebut menjadi spot favorit untuk berfoto lho. Dan juga ada hamparan perkebunan hijau, teh, hutan, perkampungan warga dapat terlihat layaknya sebuah lukisan alam.

4. Pemandian Cibulan Kuningan

Pemandian Cibulan

Pemandian Cibulan adalah wisata yang menawarkan kolam renang pemandian bersama ikan yang dianggap mempunyai kekuatan gaib lho. Dan air yang berada di kolam ikan ini sangat bening, segar, dan juga jernih, selain itu ada juga ikan kancra bodas yang dilarang untuk ditangkap dan juga dimakan oleh seluruh pengunjung dan warga setempat.

Dan juga kolam renang yang ditawarkan disini bermacam ukuran, terdiri dari 3 jenis kolam dengan masing-masing kedalaman yaitu 2 meter, 120 centimeter, dan juga 60 centimeter. Untuk mitos mengatakan bahwa ikan yang berenang di kolam ini merupakan jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi sehingga dilarang untuk ditangkap, apa lagi dimakan.

5. Taman Rekreasi Salsabila

Taman Salsabila

Taman Rekreasi Salsabila adalah salah satu wisata yang menawarkan berbagai wahana taman bermain khas untuk wisata keluarga. Dan juga dilengkapi dengan kolam renang layaknya sebuah waterpark beserta seluncuran yang dapat dimainkan oleh seluruh wisatawan.

Nah untuk salah satu keunikan Taman Rekreasi Salsabila dibandingkan taman bermain lainnya adalah yaitu dengan adanya bungalow yang bergaya ala Eropa. Dan juga dilengkapi cafe dan juga restoran, untuk di dalamnya yang mengusung tema Cowboy, tetapi jangan khawatir karena makanan yang dihidangkan disini ada makanan khas Indonesia juga.

6. The Mountain Recreation Park

The Mountain Recreation Park

The Mountain Recreation Park mempunyai aneka macam wahana, dan salah satunya yaitu wahana air seperti kolam renang dan juga waterpark. Selain itu, ada juga wisata edukasi untuk menambah pengetahuan dengan memasuki kolam prestasi dan juga pengenalan pesawat terbang.

Dan Selain itu, menyediakan waterboom dan juga kolam renang, ada tersedia pula kolam pancingan untuk para wisatawan yang hobi memancing. Dan Berbagai wahan lainnya juga tersaji dalam taman bermain khusus seperti kora-kora, komedi putar, ontang-anting, kereta mini yang bisa mengelilingi sekitar taman bermain, dan juga masih banyak lagi yang lain sebagainya.

7. Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala

Dan sesuai dengan namanya, Taman Purbakala Cipari ini menyimpan berbagai benda dan juga kebudayaan peninggalan jaman sejarah. Sedikitnya terdapat 8 tempat peninggalan bersejarah yang berada di kaki gunung Ciremai ini.

Selain itu, untuk peninggalan sejarah yang bisa dilihat disini ada bermacam-macam, nah mulai dari jaman manusia purba megalithikum, jaman kolonial Belanda, jaman kerajaan klasik, hingga jaman Hindu-Budha. Untuk artefak seperti peti kubur, batu, dan juga gerabah masih tertata rapi di dalam penguburan sekitar Taman Purbakala Cipari ini.

8. Hutan Kota Mayasih

Hutan Kota mayasih

Hutan Kota Mayasih adalah salah satu upaya tata ruang hijau oleh pemerintah kota Jawa Barat, dan sekaligus menjadi tempat wisata yang menyenangkan juga lho. Nah kawasan ini juga disebut sebagai kawasan wisata gunung batu karena sebelumnya banyak gundukan bebatuan di tempat ini sendiri.

Selain itu, untuk menambah fasilitas bagi kamu, dan juga ada saung kecil atau juga gazebo yang sudah disediakan bagi pengunjung guna beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya. Dan yang terakhir terdapat juga kolam ikan yang menjadi tampilan tambahan menarik untuk Hutan Kota Mayasih.

9. Paseban Tri Panca Tunggal

Paseban Tri Panca Tunggal

Paseban Tri Panca Tunggal merupakan salah satu museum yang juga adalah cagar budaya berupa padepokan untuk menuntut ilmu kebatinan dan juga seni budaya. Di sebelah kiri gedung ini ada sebuah pendopo yang dihiasi payung unik sehingga menambah keeksotisan tempat ini.

Selain itu, di tengah gedung sendiri ada sebuah patung atau juga replika burung Garuda yang sedang mengepakan sayapnya. Patung tersebut memiliki posisi sedang berdiri di atas sebuah longkaran yang bertuliskan Purwa Wisada.

10. Kolam Terapi Ikan Cigugur

Kolam Terapi Ikan Cigugur

Nah sama halnya dengan Pemandian Cibulan Kuningan dengan ikan yang dianggap keramat, Kolam Terapi Ikan Cigugur memiliki ribuan Ikan Mangut yang juga didewakan disini. Di sekeliling kolam, pengunjung dapat menceburkan kakinya ke dalam air untuk kemudian dikerubuti oleh beberapa ikan kecil ini.

Kamu tidak perlu khawatir ikan ini akan melukai manusia, karena tujuan ikan ini adalah untuk memakan sel-sel kulit mati pada kaki pengunjung. Hal ini dipercaya dapat menjadi terapi guna relaksasi bagi otot kaki dan merangsang titik syaraf pada bagian sekitar kaki.

11. Bumi Perkemahan Palutungan

Bumi Perkemahan Palutungan

Bumi Perkemahan Palutungan merupakan salah satu area camping yang bisa digunakan untuk menginap atau juga semacam jambore. Dan tempat ini memang letaknya tidak terlalu jauh dengan Curug Putri Landung dan juga Curug Putri Palutungan sehingga menambah kesan alami dan asri di perkemahan.

Selain itu, gunung ciremai pun yang kini telah ditetapkan sebagai Taman Nasional membuat banyak para pendaki memilih untuk menginap di Bumi Perkemahan Palutungan sebelum kemudian untuk melanjutkan perjalanannya. Nah Tetapi banyak masyarakat mengatakan bahwa tempat ini angker karena telah menjadi salah satu lokasi uji nyali di stasiun TV Indonesia.

12. Curug Putri Landung

Curug Putri Landung

Wisata ini berada di sebelah selatan kaki Gunung Ciremai, Curug Putri Landung adalah air terjun dengan ketinggian 30 meter. Dan lebih tinggi dibandingkan Curug Putri Palutungan yang terletak dekat dengan area Curug Putri Landung ini.

Selain itu, aliran dari air terjun ini membentuk Sungai Curug Putri dengan air yang jernih dan dipenuhi dengan bebatuan alami. Dan Pihak pengelola curug ini pun menambahkan berbagai fasilitas menarik untuk para wisatawan seperti saung-saung kecil atau gazebo yang dapat digunakan untuk sekedar duduk atau santai-santai.

13. Hutan Kota Bungkirit

Hutan Kota Bungkirit

Hutan Kota Bungkirit merupakan taman kota yang dikelola oleh pemerintah daerah dan juga menjadi objek wisata umum bagi wisatawan dan juga warga setempat. Nah hutan kota ini berada tidak terlalu jauh dari Alun-alun Kuningan atau juga Taman Kota Kuningan itu sendiri.

Selain itu, di dalam hutan kota ini sendiri pengunjung dapat mendaki jalanan yang menanjak karena memang bentuknya adalah sebuah lembah. Dan fasilitas lain seperti taman bermain bagi anak-anak juga disediakan lengkap disini bersama wahana seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, dan juga lain sebagainya.

14. Taman Nasional Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Disini terdapat tiga zona yang ada di dalam Gunung Ciremai ini sendiri yakni zona tropik yang paling rendah, zona pegunungan atau juga montana untuk daerah pertengahan, dan juga zona subalpin sebagai puncaknya.

Selain itu, juga terdapat juga Situ Sangiang yaitu berupa pemandangan alam danau alami yang sudah masuk dalam kawasan Majalengka. Selain itu, terlepas dari mitos yang berada di danau ini, pengunjung diperbolehkan memasuki kawasan Situ Sangiang dengan tarif Rp. 3.000 perorang.

15. Taman Kota Kuningan

Taman Kota Kuningan

Taman Kota Kuningan adalah alun-alun dari Kota Kuningan itu sendiri, nah sebuah tempat nongkrong anak muda yang hits sekali disini. Nah jika dilihat dari peta, Taman Kota Kuningan berani hanya 2 KM saja dari Hutan Kota Bungkirit, tidak terlalu jauh.

Nah lokasi dari Taman Kota Kuningan ini sendiri sangat strategis karena dikelilingi oleh ruko pedagang dari awah taman kota dan pertokoan taman barat. Dan salah satu spot menarik di Taman Kota Kuningan ini yaitu adanya patung kuda yang dibuat di tengah taman sebagai lambang tertentu.

16. Curug Sidomba

Curug Sidomba

Nah walaupun kebanyakan Jawa Barat mempunyai wisata air terjun alami, tetapi ada juga curug yang merupakan air terjun buatan warga setempat. Dan salah satunya yaitu Curug Sidomba dengan ketinggian kurang lebih 3 meter namun mempunyai keindahan alami yang tidak kalah dengan air terjun buatan alam.

Selain itu, di sekitar curug ditanami banyak pohon pinus yang membuat suasana sekitar layaknya hutan pinus di negeri dongeng. Dan di depan pintu gerbang menuju Curug Sidomba ini ada patung domba besar yang melambangkan nama dari si Curug Sidomba tersebut.

17. Taman Cirendang

Taman Cirendang

Taman Cirendang sebelumnya adalah lahan yang sebelumnya yaitu terminal, tetapi kini dijadikan daerah konservasi tata ruang hijau. Dan di dalam taman kota yang umum ini, kamu bisa menikmati suasana sejuk dan sepi disertai gemericik suara air mancur yang dibuat di dalamnya.

Selain itu juga, disini terdapat satu patung delman lengkap dengan patung kudanya yang bisa digunakan sebagai spot berfoto atau selfie. Kemudian tangga untuk memasuki taman sendiri diapit oleh dua sungai buatan yang airnya mengalir sangat jernih bahkan bisa digunakan untuk mencuci kaki.

18. Telaga Remis

Telaga Remis

Telaga Remis berada diantara kabupaten Kuningan dan Cirebon, di sekitar telaga ini ditanami banyak pohon pinus yang menampilkan kesan tenang dan asri. Nah ada wahana sepeda air seperti perahu untuk para pengunjung naiki di danau ini, atau bagi yang hobi memancing dapat mencoba peruntungan untuk menangkap ikan mujair atau ikan mas yang mendominasi di dalam telaga.

Untuk nama remis sendiri ini diperoleh dari kerang kuning yang banyak menghuni dasar telaga dan diberi nama kerang remis air tawar. Mitosnya, danau alami ini terbentuk karena air mata Pangeran Purabaya yang dikalahkan oleh Elang Sutajaya dalam pertarungan sengit mereka.

19. Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati ini berada di kaki Gunung Ciremai dan adalah titik awal pendakian untuk menuju Gunung Ciremai. Taman wisata ini mempunyai berbagai macam koleksi flora diantaranya yaitu pohon pasang, pohon bungur, pohon jamuju, dan juga pohon lemo.

Selain itu, ada juga koleksi faunanya berupa burung-burungan yakni burung pipit dan burung kepodang yang paling terkenal. Selain itu, tempat ini juga difasilitasi dengan beberapa saung atau juga gazebo untuk istirahat, tempat makan, restoran, dan juga penginapan seperti cottage.

20. Waduk Darma

Waduk Darma

Waduk Darma sendiri adalah danau buatan tertua yang dibangun pada masa jaman penjajahan Belanda dahulu. Nah dalam pembuatannya, 9 desa harus ditenggelamkan guna mendapatkan waduk dengan luas yang hampir mencapai 450 hektar ini.

Selain itu, sekarang waduk ini sendiri banyak dijadikan tempat wisata dan beberapa nelayan yang beternak ikan air tawar disini menyewakan perahu untuk mengelingi waduk. Nah uniknya saat musim kemarau dan air waduk pasang surut, terlihat perumahan warga yang dulu hingga rel kereta api pengangkut tebu di dasar waduk tersebut.

21. Open Space Gallery Kuningan

Open Space Gallery

Open Space Gallery Kuningan atau yang sering disingkat sebagai OSG Kuningan hanya diadakan di hari Minggu saja. Dimana acara ini merupakan fasilitas budaya terbuka yang multifungsi sebagai wadah beragam aktifitas warga setempat hingga wisatawan.

Selain itu, pagi hari akan dimulai senam bersama dengan instruktur langsung menggunakan sound system, sedangkan selanjutnya akan ada pameran benda-benda seni bersejarah yang dipajang di tempat ini. Siang hingga sorenya, masyarakat bisa menikmati relaksasi gratis di kolam ikan nilam dengan menceburkan kakinya ke dalam kolam untuk dibersihkan oleh ikan-ikan kecil ini.

22. Telaga Nilam

Telaga Nilam

Telaga Nilam dekat dengan persawahan kababupaten Kuningan, Nah maka sehingga pemandangan yang ditawarkan pun sangat indah dan alami. Jadi Telaga Nilam berasal dari mata air alami dan dengan kolam yang jernih dan juga bening, tempatnya juga tidak terlalu jauh dari Telaga Remis berada.

Selain itu, danau alami ini masih masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai sehingga banyak pendaki yang menyempatkan diri berkunjung ke Telaga Nilam ini. Beberapa dasar telaga bisa dilihat banyak bebatuan, ganggang, lumut, dan beberapa ikan air tawar yang berenang.

23. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang adalah sebua wisata yang menyimpan keindahan alam yang asri dan juga menakjubkan karena lokasinya merupakan hutan hujan tropis Gunung Ciremai. Nah Lembah Cilengkrang sendiri terbagi menjadi 3 spot menarik untuk dikunjungi, yang pertama adalah zona Kopi Gede dengan pepohonan yang cukup rimbun.

Kemudian untuk Lokasi kedua dan juga ketiga adalah Curug Sabuk dan Curug Sawer yang merupakan air terjun berbeda. Selain itu, Kedua curug ini ada di dalam hutan lindung dengan debit air yang cukup deras lho, tingginya pun tidak main-main, ada yang mencapai lebih dari 75 meter.

24. Balong Dalem Jalaksana

Balong Dalem

Balong Dalem sendiri adalah sebuah waterpark yang menyediakan kolam renang dengan air murni alami dari mata air. Dan tempat ini juga dekat dengan bumi perkemahan Balong Dalem yang bisa dipakai bagi para wisatawan camping atau berkemah.

Dan fasilitas yang ada dalam waterpark ini diantaranya yaitu kolam renang untuk anak-anak, dan juga dewasa, petualangan outbound lengkap dengan flying fox, jalur hiking dan juga tracking bagi petualang atau pendaki, bumi perkemahan, tempat konservasi, wisata sejarah, penginapan setara homestay, restoran dan tempat makan, dan yang lain sebagainya.

25. Pemandian Air Panas Sangkanurip

Pemandian Air Panas Sangkanurip

Pemandian Air Panas Sangkanurip menyediakan kolam pemandian air panas maupun air dingin, salah satunya yaitu kolam air naga. Dimana kolam ini berisi air dingin dengan seluncuran berbentuk kepala naga, biasanya kolam ini dikhususkan untuk bermain anak-anak.

Nah sedangkan untuk pemandian air panasnya sendiri memiliki suhu 36°C – 42°C dengan kadar mineral dan yodium yang tinggi. Nah untuk menggunakan ruang pemandian air panas privat dimana ruangannya tertutup, pengunjung harus membayar tambahan sekitar Rp. 30.000 perorang dalam satu kamar.

26. Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem memiliki warna air yang jernih kebiruan alami. Telaga Buru Cicerem ini berada di bawah kaki Gunung Ciremai dan memiliki hawa pegunungan yang khas, sejuk, dan asri.

Selain itu untuk di dalam Telaga Biru Cicerem ini sendiri ada berbagai macam habitat ikan air tawar yang terlihat dari pinggiran kolam. Saking jernih dan murninya, air danau ini banyak digunakan untuk irigasi, perikanan, industri air mineral, bahkan disalurkan ke PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Cirebon.

27. Curug Bangkong

Curug Bangkong

Nah kalau untuk menuju Curug Bangkong ini kamu akan melewati beberapa spot yang menarik seperti persawahan dan juga perkebunan warga. Terdapat sebuah lubang yang tidak terlalu besar di sebelah kiri Curug Bangkong ini dan lubang tersebut sampai ke Gunung Embun.

Selain itu, curug Bangkong ini terlihat angker karena tidak dikelola dengan baik, nah memiliki ketinggian mencapai 23 meter dan lebar 3 meter. Air Terjun Curug Bangkong ini memiliki kolam dibawahnya yang cukup luas dan dalam, pengunjung dapat bermain air namun tidak disarankan untuk berenang terlalu jauh ke arah air terjun.

28. Sangkan Resort Aqua Park

Sangkan Resort Aqua Park

Sangkan Resort Aqua Park adalah tempat yang tepat. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap layaknya sebuah hotel berbintang, mulai dari cottage, restoran, hotel, villa, hingga function hall untuk keperluan acara tertentu.

Sedangkan untuk jenis wahana dan rekreasi airnya yang paling populer adalah kolam ombak, kolam dengan seluncuran bermodel gurita, tumpahan layaknya air terjun buatan, dan lain sebagainya.

29. Pemandian Air Panas (Cipanas) Subang

Pemandian Air Panas Subang atau yang sering juga disebut sebagai Cipanas dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit bagi para pengunjung yang datang dan berendam disana.

Pemandian ini juga dikelilingi dengan pepohonan rindang di luar area kolam sehingga membuat suasana asri dan sejuk masuk ke dalam area pemandian.

30. Desa Wisata Sitonjul

Sitonjul

Desa Wisata Sitonjul merupakan sebuah wisata yang menawarkan wisata alam yang unik dengan menjelajahi kekayaan budaya dan juga alam di Indonesia. Menjelajahi desa ini akan menjadi pengalaman menarik karena selain alamnya yang masih asri, keramahan penduduk serta ragam budaya yang diperkenalkan tentunya akan meninggalkan kesan yang menyenangkan.

31. Curug Gongseng

Curug Gongseng mempunyai keindahan yang sangat memikat. Mungkin kamu tertarik maka kamu bisa datang ke Desa Cibuntu Kec. Pasawahan kab. Kuningan, yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Kuningan.

Selain itu, Kamu yang masuk ke objek wisata ini akan dikenakan tiket masuk Rp2.000,- dan arif parkirnya Rp2.000 untuk mobil dan Rp1.000 untuk sepeda motor. Nah meskipun fasilitas terbilang minim, tetap saja tempat ini amat menarik untuk dikunjungi.

32. Curug Ceret

Curug Ceret

Curug ceret yang mempunyai ketinggian sekitar 5 meter. Nah untuk lokasi air terjun ini ada Balai Taman Nasional Gunung. Ciremai, Linggarjati, Cilimus, Kab. Kuningan tepatnya sebelum pos Cibunar, jalur pendakian Gunung Ciremai via Linggajati. Selain itu, tak sulit untuk mencapai lokasi air terjun ini adalah alasan mengapa air terjun ini menjadi salah satu curug yang sering dikunjungi.

33. Hutan Desa Setianegara

Hutan Desa Setianegara

Hutan yang masuk di kec Cilimus ini memang kaya dengan flora dan juga fauna. Dari desa ini kamu bisa menikmati pemandangan yang indah sembari melihat kegiatan masyarakat bertani di kaki gunung.

Dan untuk hal yang menarik kamu bisa lakukan di kawasan desa ini adalah wisata edukasi di hutan, kemah, mendaki gunung, dan agrowisata. Selain itu, Menginap di desa ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi kamu karena keramahan dan juga kearifan lokal yang dimiliki penduduknya.

34. Curug Payung

Curug Payung

Curug Payung adalah salah satu destinasi wisata alam yang menyimpan eksotisme panorama yang menakjubkan. Curung Payung ini berada di Gunungmanik, Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kawasan ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi kalian yang cinta banget akan petualang. Tempat yang tersembunyi bukan halangan untuk Curug ini memamerkan keindahan pemandangannya dan sejuk udaranya.

35. Sukageuri Kuningan

Sukageuri Kuningan

Tempat wisata di Kuningan yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Sukagueri view yang sedang hits saat ini. Nah objek wisata ini mendadak ramai dikunjungi karena banyak pengguna media sosial yang mengupload foto-foto mereka disini.

Selain itu, wisatawan yang datang kesini bisa menikmati keindahan yang menakjubkan dari atas bukit ini. Lokasi bukit Sukageuri ini tidak jauh dari curug putri yaitu masih di kampung Palutungan Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

36. Curug Nyandung

Curug Nyandung

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20an meter ini dan juga memiliki keindahan yang menawan lho. Nah wisatawan yang tertarik mengunjungi curug ini harus menempuh perjalanan sekitar 700 meter tetapi rasa lelah tersebut terbayar ketika kamu melihat dan merasakan segarnya curug Nyandung ini. Curug ini berada di dusun Ciawitali, desa Cimenga kecamatan Darma, kabupaten Kuningan.

37. Sumur Tujuh Cibulan

Sumur Tujuh Cibulan

Sumur ini adalah sebuah tempat patilasan Prabu Siliwangi yang digunakan untuk bersuci ketika bersemedi dan yaitu salah satu tempat bersejarah dalam penyebaran Islam yang berada di Kuningan melalui kegiatan para Wali Songo. Dan sumur tujuh terletak di Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana, 7 Km dari kota Kuningan ke arah Utara, atau juga sekitar 28 Km dari Kota Cirebon menuju Selatan.

38. Kolam Renang Sanggariang

Kolam Renang Sanggariang

Kolam Renang Sanggariang merupakan salah satu tempat wisata baru dengan 2 kolam utama yang terhubung langsung dengan seluncuran. Kolam renang ini berada di area wisata yang cukup lengkap karena terdapat penginapan dan juga ruko jajanan lengkap. Harga tiket masuknya adalah Rp. 7000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bandung Paling Hits Dan Populer

Demikian mengenai tempat wisata di Kuningan semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, terutama bagi yang mau liburan ke daerah kuningan. Terima Kasih

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *