45 Tempat Wisata di Jombang Terbaru yang Lagi Hits

Wisata Jombang – Di Jombang ada berbagai panorama alam yang indah dan potensi lain dari obyek wisata yang menarik. Selain itu, Banyak tokoh terkenal yang lahir dan tumbuh besar di Kota yang memiliki sebutan kota Santri ini. Jombang memang terkenal akan sebutan kota santri. Banyak sekali pondok pesantren yang tersebar di derah kota dan kabupaten jombang.

Nah pada kesempatan kali ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan beberapa mengenai Tempat Wisata di Jombang yang Paling Terkenal, Simak berikut dibawah ini dengan seksama.

Baca ini : Tempat Wisata di Wonosobo yang Menarik Dikunjungi

Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes adalah air terjun yang sangat indah dengan dua aliran air terjun sekaligus yang mengalir ke bawah. Memiliki ketinggian 158 meter, terletak di ketinggian 1250 mdpl. Air terjun ini berada di kawasan Taman Hutan Raya di Gunung Jurug Guah dalam komplek Gunung Anjasmoro (2277 m), dimana tempat ini adalah kawasan hutan lindung yang masih terjaga keaslian dan juga keindahan alamnya. 

Sayangnya, fasilitas atau bangunan penunjang kegiatan wisata air terjun hanya terdapat beberapa warung pada ujung jalan batu yang melalui wilayah Kabupaten Kediri. Sarana pendukung lainnya pada umumnya masih bersifat alami.

Candi Ngrimbi

Candi Ngrimbi

Candi Rimbi adalah sebuah candi yang bercorak hindu dari kerajaan Majapahit yang berada di desa Ngrimbi, kec. Bareng, kab. Jombang, Jawa timur. Letaknya yang berada dikaki gunung anjasmoro menjadikan tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Dan tempat ini cocok dijadikan salah satu tempat kunjungan anda saat berlibur apalagi jika anda mengajak buah hati anda, karena tempat ini memiliki nilai history dari kebesaran kerajaan majapahit dimasa lalu sehingga dapat menjadi tambahan wawasan sejarah bagi buah hati anda.

Gua Sigolo Golo

Gua Sigolo-golo

Goa Sigolo-golo adalah goa alam yang berada di dusun Kraten, desa Panglungan, kec. Wonosalam. Goa ini berada tepat di tebing lereng Gunung Welirang. Akses untuk menuju ke lokasi cukup mudah, tapi saat sudah akan naik menuju ke mulut goa, pengunjung diharapkan untuk lebih berhati-hati.

Nah Untuk menuju ke goa harus berjalan kaki, menyusuri jalan setapak yang licin dan terjal. Keindahan yang tidak biasa akan anda temui saat berada di goa ini, karena pengunjung bisa menikmati keindahan tebing yang curam dan bebatuan yang eksotis di sana sininya.

Masyarakat sekitar menganggap goa ini sebagai goa keramat karena dulunya merupakan tempat meditasi oleh ayah Damar Wulan dari kerajaan Majapahit. Karena itupulaha, banyak masyarakat meyakini dengan bermeditasi di goa ini akan mendapat kesaktian, bahkan berkah.

Gua Sriti

Gua Sriti

Goa Sriti ini berada di di kec. Wonosalam, kab. Jombang dengan mempunyai pemandangan yang luar biasa saat kamu akan menuju mulut goa. Sesampainya di dalam goa, pemandangan alamnya tak kalah indah. Nah untuk biaya tiket masuk ke Goa ini yaitu Gratis.

Kedung Cinet

Kedung Cinet

Kedung Cinet terletak di Desa Pojok Klitih, Jombang, sekitar 10 kilometer dari jembatan Brantas Ploso. Kedung Cinet selalu berhasil menarik hati para pengunjung. Yang membuat kedung Cinet menarik yaitu panorama hutan yang hijau yang di dalamnya terdapat sebuah aliran sungai yang bergesekan dengan batuan stalagtit dan stalagmit yang tampak putih transparan membuat keindahan yang sempurna. Kedung Cinet adalah sebuah wisata hutan yang masih terjaga keindahannya di Jombang. Selain itu, Pemandangan Kedut Cinet sangat indah.

Kampung Durian

Kampung Durian

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Jombang, jangan lupa untuk mampir ke Desa Sumber di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. yaitu kampung durian, karena disini kamu bisa menikmati buah durian, kamu juga bisa belanja bibit durian sekaligus belajar cara membuatnya menghasilkan buah durian yang memiliki rasa berbeda-beda.

Setiap musim durian tiba, desa Sumber seolah berubah menjadi desa wisata, karena setiap harinya selalu ada saja wisatawan yang datang. Tak hanya dari daerah sekitar, namun tak sedikit diantaranya yang datang dari luar kota bahkan hingga luar negeri.

Sendang Made

Sendang Made

Tempat wisata alam yang berada di sebelah utara Kota Jombang ini memang sangat Indah nian. Sendang Made, bukan saja sebagai wisata air yang air sendangnya tak pernah kering sepanjan tahun. Namun juga pesona panorama alamnya menawan, sangat cocok sebagai sarana untuk melepas kejenuhan dalam keseharian bekerja. Obyek wisata alam ini, terletak di Desa Made, kecamatan Kudu, atau 20 Km arah Utarakota Jombang. Sendang Made, terletak di lereng pegunungan kendeng. Secara geografis memang strategis. sebagai tempat berlibur.

Wisatawan bisa berlama-Iama di sendang Made untuk mengusir kejenuhan kerja. Memasuki kawasan wsisata Sendang Made yang dikelilingi, pohon-pohon besar, para wisatawan akan disambut dengan hiburan paduan kicau burung. Suasananya memang betul-betul alami dan bersih banyak membutuhkan sentuhan penataan. Tanaman di sekitar sendang pun perlu konservasi, namun semua itu tidak mengurangi kenyamanan wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata tersebut. Sedikit sentuhan saja pada Obyek wisata alam Sendang Made ini sudah bisa menjadi tujuan wisata yang sangat menjanjikan.

Makam KH Hasyim Asy’ari

Makam KH Hasyim

KH Hasyim Asy’ari adalah pendiri Organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU). KH Hasyim Asy’ari merupakan tokoh yang karismatik dan berpengetahuan luas serta merupakan figur nasional yang juga turut membesarkan NU di Indonesia. Saat ini makam KH. Hasyim Asy’ari merupakan makam yang banyak dikunjungi oleh para peziarah dan bahkan tokoh dari negara-negara lain.

Karena kontribusinya yang sangat besar dan didukung dengan kecerdasan dan kemampuannya dalam hal teologi membuat KH. Hasyim Asy’ari dihormati dan disegani oleh banyak pihak. Dan hal ini masih berlangsung sampai sekarang. Walau hanya bisa dilakukan dengan mengunjungi makamnya. Oleh karena itu, keberadaan Jombang menjadi terangkat dan sebagai salah satu daerah yang cukup dipertimbangkan oleh dunia, dalam hal pariwisata ziarah ke makam KH. Hasyim Asy’ari.

Gereja Mojowarno

Gereja Mojowarno

Gereja ini bisa dianggap sebagai gereja tertua di Jombang dan menjadi pusat penyebaran agama Kristen Protestan pada zaman Belanda. Saat ini, selain sebagai tempat ibadah, gereja ini juga dijadikan sebagai tempat unduh-unduh, sebuah tradisi atau syukuran ketika panen tiba.

Klenteng Hong San Kiong

Klenteng Hong San

Klenteng Hong San Kiong berada di desa Gudo, Jombang. Selain dikenal sebagai tempat agama Tri Dharma, candi ini juga berfungsi sebagai tempat medis. Hal yang menarik adalah para pengunjung yang ingin mendapatkan obat tidak hanya dari anggota itu sendiri, tetapi juga datang dari anggota agama lain termasuk ‘Islam’. Selain itu, interaksi dengan orang-orang di sekitar dilakukan dengan baik.

Interaksi dari semua orang yang menghormati dan damai, karena lokasinya berada di tengah-tengah warga. Hal ini terjadi karena ini “Klenteng” / kuil telah berdiri ratusan tahun yang lalu.

Makam Sayid Sulaiman

Makam Sayid Sulaiman

Sayyid Sulaiman merupakan seorang tokoh penyebar agama Islam yang datang dari Yaman. Sayyid Sulaiman juga merupakan cucu Sunan Gunung Jati. Makam beliau banyak dikunjungi setiap harinya oleh peziarah yang datang ke Jombang untuk berdoa atau bahkan meminta jodoh dan rezeki. Akan lebih ramai lagi makam ini dikunjungi, saat malam Jumat Legi, pada kalender Jawa.

Sumber Penganten

Sumber Penganten Jombang

Sumber Penganten ini terletak sekitar 1 Km dari arah kecamatan Jogoproto. Obyek wisata ini sangat cocok dikunjungi sebagai obyek wisata keluarga yang nyaman. Terletak di lokasi yang jauh dari keramaian tapi masih bisa terjangkau dengan aman. Obyek wisata ini lahir sebagai obyek wisata saat belum banyak obyek wisata kolam renang di Jombang.

Awalnya hanya muda – mudi Jombang yang datang ke areal kolam renang Sumber Penganten yang terletak di tengah persawahan ini. Mereka datang untuk berenang atau hanya sekedar untuk menikmati suasana sejuk dan segarnya daerah persawahan. Di sekitar kolam renang alami ini terdapat pepohonan yang rindang yang membuat suasanan semakin teduh dan nyaman untuk dikunjungi. Beberapa orang juga percaya bahwa mereka yang mandi di kolam renang itu, apalagi saat malam hari, akan mendapat berkah.

Tirta Wisata Keplaksari

Tirta Wisata Keplaksari

Taman Keplaksari ini bisa dijadikan tujuan rekrasi alternatif bagi keluarga untuk mengisi liburan tahun baru. Selain bernuansa alami dan asri serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Taman wisata ini sengaja dibuat untuk tujuan wisata keluarga di Jombang. Adapun beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati disini seperti kolam pancing, taman segar, air danau transparan, lapangan tenis dan masih banyak lagi.

Air Sumberboto

Air Sumberboto

Wisata Sumberboto terletak di desa Japangan, kecamatan Mojowarno. Obyek wisata ini terkenal dengan kolam renang alami, bumi perkemahan, dan jalur napak tilas pasukan Wanara saat perjuangan kemerdekaan RI. Untuk itulah, di lokasi ini juga terdapat monumen perjuangan Wanara. Keindahan alam wana tak beda jauh dengan hutan di drama-drama korea.

Bahkan untuk masuknya pun anda akan melewati jembatan yang nampak sangat indah. Dengan suasana hutan yang asri, tempat ini berbeda jauh dengan hiruk pikuk kota. Dan cocok untuk wisata keluarga di Jombang yang mana tersedia fasilitas seperti pemandian dan sarana bermain anak. Selain itu, wana ini juga seringkali dijadikan tempat perkemahan dari berbagai disekitar Jombang.

Alun-Alun Jombang

Alun-alun Jombang

Tempat wisata yang selalu ramai disetiap kotanya dan tidak dikenakan tiket ( biasanya gratis ) adalah alun-alun. Alun alun Jombang sebagai salah satu kawasan alun-alun terbersih di Jawa Timur.

Alun-Alun Jombang secara rutin terus dipelihara. Salah satunya merawat rumput lapangan. Sebagai kawasan terbuka untuk umum, lokasi alun-alun sering kali dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara yang menghadirkan ribuan massa.

Pujasera Kebonrojo

Puja sera

Taman Wisata Kebon Rojo atau disebut juga PUJASERA singkatan dari Pusat Jajan Serba Ada, terletak di Jl. KH. Wachid Hasyim merupakan pusat kota Jombang, sangatlah strategis untuk di kunjungi. Mulai dari pagi sampai dengan malam, berbagai kegiatan di Taman Wisata Kebon Rojo tidak pernah berhenti. Ibu-ibu penjual nasi pecel sudah mulai meramaikan dengan dengan menjajahkan nasi pecel dipagi hari.

Sebagian warga masyarakat Jombang juga memanfaatkan untuk berolah raga tenis di Kebon Rojo. Saat waktu beranjak siang dengan pepohonan yang rindang dan suasana asri, berbagai wahana permainan untuk anak-anak mulai dari mandi bola, mobil-mobilan, kereta kelinci dan masih banyak lagi.

Bagi yang ingin mencoba pengalaman seru, bisa mencoba naik andong (dokar) yang rute biasanya mulai jalan dr. Soetomo, Pattimura, Gubernur Suryo, Ahmad Dahlan, dan kembali ke taman wisata kebon rojo. keberadaan dokar di Jombang memang menjadi keunikan tersendiri.

Air Terjun Sekar Pudak Sari

Air Terjun Sekar Pudak

Air terjun ini memang masih jarang dikunjungi karena letaknya cukup tersembunyi. Sebuah keuntungan jika kamu berkunjung ke sana karena kamu akan memperoleh suguhan alam yang masih perawan.

Air Terjun Selo Lapis

Selo Lapis

Untuk masuk ke kawasan air terjun setiap traveler harus membayar Rp. 10 ribu, tapi pemandangan yang kamu dapat jauh lebih mahal ketimbang apa yang kamu bayarkan. Disini suasanannya sangat segar dan nyaman, cocok buat kamu yang suka dengan panorama alam yang alami.

Baca Juga : Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata Jombang nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *