25 Tempat Wisata di India Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Wisata India India adalah negara terbesar ketujuh di dunia yang terbentang dari pegunungan tinggi Himalaya hingga tanaman hijau tropis di Kerala, dan dari Sungai Gangga yang sakral hingga pasir di gurun Thar. Yang lebih dari 1 milyar penduduk dibagi menjadi 2000 kelompok etnis dan berbicara lebih dari 200 bahasa yang berbeda.

Sesuai dengan ukuran dan populasi, India memiliki berbagai hampir tak berujung budaya, lanskap, monumen dan juga tempat untuk mengeksplorasi. Dari reruntuhan kuno, struktur keagamaan yang menarik, kota eksotis dan lanskap yang beragam ada koleksi tak berujung tempat wisata di India yang tidak akan pernah berhenti kagum dan mempesona pengunjung.

Baca Juga : Tempat Wisata di Alaska Terbaik yang Wajib Dikunjungi

1. Taj Mahal

Taj Mahal

Taj mahal di Agra adalah sebuah Mausoleum besar marmer putih, dibangun antara 1632 dan 1653 dengan perintah kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri favoritnya. Disebut “tetesan air mata di pipi keabadian” itu adalah salah satu mahakarya arsitektur Mughal, dan salah satu tempat wisata besar di India. Selain Mausoleum marmer berkipis putih Taj Mahal mencakup beberapa bangunan indah lainnya, mencerminkan kolam renang, dan Taman hias yang luas dengan pepohonan dan semak berbunga.

2. Varanasi

Varanasi

Varanasi adalah sakral untuk Hindu, Buddha dan Jains dan juga salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia. Dalam banyak cara Varanasi melambangkan aspek yang terbaik dan terburuk dari India, dan itu bisa menjadi sedikit luar biasa. Pemandangan peziarah yang melakukan kebaktian di Sungai Gangga saat matahari terbit dengan latar belakang candi tua berabad-abad mungkin merupakan salah satu pemandangan paling mengesankan di dunia.

3. Ellora Caves

Ellora Caves

Seni gua dibawa ke ketinggian baru di gua Ellora, salah satu kompleks gua Candi terbesar di dunia dipotong dari batu. Ellora memiliki 100 gua, meskipun hanya 34 yang terbuka untuk umum. Terbesar penggalian monolitik batu monolit ditemukan di Kuil Kailasa, yang meliputi daerah dua kali lipat ukuran Parthenon di Athena dibangun antara abad ketujuh dan kesembilan, gua yang dikhususkan untuk Hindu, Budhist dan Jainisme dewa.

4. Jaisalmer

Jaisalmer

Terletak di sudut terpencil Rajasthan yang paling barat dekat perbatasan dengan Pakistan, Jaisalmer adalah kota gurun klasik. Dinding batu pasir kuning dari “Golden City” bangkit dari gurun Thar seperti adegan dari Arabian Nights, sementara benteng Jaisalmer menjadi mahkota kota. Komersialisme yang tidak terkendali telah mengurangi visi romantis Jaisalmer, tetapi bahkan dengan semua Calo dan bus wisata, itu tetap menjadi salah satu tempat wisata paling populer di India.

5. Harmandir Sahib

Harmandir Sahib

Harmandir Sahib, yang lebih dikenal sebagai Kuil emas adalah objek wisata utama di Amritsar, dan tempat keagamaan terpenting bagi kaum Sikh. Pembangunan Candi dimulai oleh guru Ramdas Ji. pada abad ke-16. Pada abad ke-19, Maharaja Ranjit Singh di lantai atas Kuil ditutupi dengan emas. Ini adalah kuil yang menakjubkan, dan selalu penuh dengan ribuan peziarah dari seluruh India, bersemangat untuk berada di tempat yang mereka biasanya hanya melihat di televisi.

6. Kanha National Park

Kanha National Park

Taman Nasional Kanha adalah salah satu cagar alam liar yang paling indah di Asia dan tempat terbaik untuk menangkap sekilas seekor harimau di India. Yang subur dan hutan bambu, rumput padang rumput dan jurang dari Kanha memberikan inspirasi kepada Rudyard Kipling untuk novel terkenal “Jungle Book” dan membuat salah satu atraksi utama di India.

7. Palolem

Palolem

Palolem adalah pantai yang paling selatan dari Goa yang dikembangkan dan juga salah satu yang paling indah. Ini adalah Teluk alami yang dikelilingi oleh Headlands tinggi di kedua sisinya, menghasilkan laut yang tenang dan indah dengan tempat tidur yang landai. Bagi mereka yang percaya pantai tidak bisa surga tanpa pilihan yang layak Restoran murah dan Hotel yang bagus, dosis kehidupan malam dan banyak orang yang berpikiran seperti Palolem adalah tempat yang akan.

8. Virupaksha Temple

Kuil Virupaksha

Kuil Virupaksha di kota hampi dimulai sebagai sebuah kuil kecil dan tumbuh menjadi kompleks besar di bawah penguasa Vijayanagara. Konon candi ini telah berfungsi tanpa gangguan sejak kuil kecil ini dibangun pada abad ke-7 MASEHI yang menjadikannya salah satu kuil Hindu tertua yang berfungsi di India.

9. Lake Palace

Lake Palace

Lake Palace di Danau Pichola di kota Udaipur dibangun sebagai istana musim panas kerajaan pada abad ke-18. Hari ini adalah hotel bintang 5 yang mewah, beroperasi di bawah “Taj Hotels Resorts and Istana”. Hotel Lake Palace mengoperasikan sebuah perahu yang mengangkut para tamu ke hotel dari dermaga di City Palace di tepi timur Danau Pichola. Istana ini menjadi terkenal di 1983 ketika ditampilkan dalam film James Bond Octopussy, sebagai rumah karakter tituler.

10. Kerala backwaters

The Kerala backwaters

The Kerala backwaters adalah rantai laguna dan Danau berbaring sejajar dengan pantai Laut Arab di negara bagian Kerala. The Kerala backwaters adalah rumah bagi banyak spesies yang unik dari kehidupan akuatik termasuk kepiting, katak dan Mudskippers, burung air dan hewan seperti berang dan penyu. Hari ini, pariwisata rumah kapal adalah kegiatan wisata yang paling populer di backwaters, dengan beberapa Kettuvallams besar (perahu beras tradisional, sekarang dikonversi menjadi hotel terapung) ply saluran air.

11. Ajanta Caves

Gua Ajanta

Gua Ajanta adalah monumen gua potongan batu yang berasal dari abad ke-2 SM. Gua Ajanta yang megah ditinggalkan sekitar 650 MASEHI dan terlupakan sampai 1819, ketika sebuah pesta perburuan Inggris tersandung pada mereka. Isolasi mereka berkontribusi pada keadaan baik pelestarian di mana beberapa lukisan mereka tetap sampai hari ini. Mural yang terpelihara dengan baik menggambarkan segala sesuatu mulai dari medan perang hingga kapal berlayar, jalanan kota dan hutan yang dipenuhi binatang hingga pegunungan yang tertutup salju. Kota Aurangabad adalah pintu gerbang ke gua Ajanta dan juga gua Ellora yang sama-sama spektakuler.

12. Khajuraho

Khajuraho

Kelompok Candi Khajuraho menggabungkan seni dengan erotisme, dengan hasil akhirnya menjadi beberapa seni Candi abad pertengahan terbaik, tidak hanya di India, tetapi dunia. Dibangun sekitar abad ke-10, hanya sekitar 25 dari Candi asli 85 tetap hari ini. Kelompok terbesar candi Hindu dan Jain di dunia, ukiran dan patung mewakili gaya hidup tradisional perempuan pada abad pertengahan. Patung diciptakan pada saat, ketika seni erotis menguntungkan; beberapa ukiran secara seksual eksplisit.

13. Meenakshi Amman Temple

Kuil Meenakshi Amman

Kuil Meenakshi Amman adalah sebuah candi Hindu yang mengesankan yang berasal dari abad keenam, meskipun sebagian besar struktur sekarang dibangun seribu tahun kemudian. Terletak di Sungai Vaigai, Candi ini mungkin merupakan Kuil terpenting di Madurai, yang merupakan kota berusia 2.500 tahun. Ukiran rumit tentang dalam dan luar; Candi ini memiliki total 14 menara, masing-masing didedikasikan untuk dewa atau orang. Beberapa 33.000 patung serta lukisan yang kaya dapat ditemukan di kompleks candi.

14. Amber Fort

Amber Fort

Amber Fort adalah objek wisata utama di sekitar Jaipur, terkenal dengan arsitekturnya yang luar biasa. Terletak di atas bukit, kompleks ini memadukan gaya Hindu dan Rajput. Dibangun pada akhir abad ke-16, batu pasir merah muda dan merah dan struktur marmer telah ditampilkan dalam film Bollywood. Hal ini paling terkenal untuk Mirror Palace, sebuah ruangan yang luar biasa dengan langit kaca murni sehingga Ratu bisa melihat bintang sebelum dia tertidur. Akses adalah dengan berjalan kaki, kendaraan 4WD atau Gajah.

15. Jim Corbett National Park

Jim Corbett National Park

Semua orang suka melihat binatang di alam liar. Jim Corbett National Park, Taman Nasional tertua di India, adalah tempat yang baik untuk melihat harimau Bengal yang terancam punah. Didirikan pada tahun 1936, Taman ini berganti nama menjadi 1954 untuk menghormati Jim Corbett, penulis dan konservasionis satwa liar, yang membantu menciptakan cagar alam ini. Vegetasi yang lebat, termasuk hutan rimba, menyulitkan untuk melihat harimau – April hingga Juni adalah yang terbaik, namun pengunjung dapat melihat satwa liar lainnya, termasuk gajah, macan tutul, badak, dan beruang hitam Himalaya.

16. Mehrangarh Fort

Mehrangarh Fort

Benteng mehrangarh adalah benteng yang paling mengesankan, tampak keras, salah satu yang terbesar di India, yang duduk di atas bukit yang menghadap Jodhpur. Dibangun pada pertengahan abad ke-15 sebagai sebuah mekanisme pertahanan, pengunjung masih dapat menyaksikan Cannonball jejak di salah satu dari tujuh gerbang masuk. Setelah masuk ke dalam dinding, pengunjung akan menemukan istana yang indah dan dihias dengan sangat apik. Museum Benteng memiliki koleksi yang sangat baik dari palanquins, alat musik, buaian kerajaan dan kostum. Benteng, di mana sebuah meriam tua terletak, memberikan pemandangan indah dari Jodhpur.

17. Mysore Palace

Mysore Palace

Pengunjung ke Mysore Palace berada dalam pengalaman yang luar biasa di objek wisata paling populer kedua di India. Tujuh istana yang membentuk kompleks Istana Mysore tidak kekurangan spektakuler. Para Wodeyars memerintah Mysore dari 1399 untuk 1950. Istana asli mereka dibangun pada 1399, dan Istana saat ini selesai pada tahun 1912. Istana baru adalah penggabungan gaya Muslim, Hindu, Gothic dan Raiput. Tiga lantai memiliki kubah marmer berwarna merah muda dan menara gading. Istana ini menyelenggarakan festival seni dan budaya tahunan, Dashara setiap tahunnya.

18. Thikse Monastery

Thikse

Pelancong yang pernah ke Tibet mungkin berpikir mereka melihat sesuatu ketika mereka melihat biara Thikse. Itu karena bangunan bertingkat 12 menyerupai Istana Potala di Lhasa, hanya biara Budha ini yang terletak di Ladakh, India. Seperti inspirasi Tibet, itu terletak pada ketinggian tinggi: 3.600 meter (11.800 kaki). Biara terbesar di Ladakh juga berisi patung tertinggi, sebuah penggambaran setinggi 14 meter (45 kaki) Maitreya, bertempat di sebuah kuil yang memperingati kunjungan Dalai Lama di 1970. Penting seni Buddhis, seperti stupa dan lukisan dinding, dapat ditemukan di sini.

19. Qutb Minar

Qutb Minar

Qutb Minar adalah menara batu bata tertinggi kedua di dunia. Menara, menjulang 80 meter (270 kaki) ke langit, terbuat dari batu bata merah dan marmer yang diukir dengan ucapan dari Quran. Konstruksi mengambil empat tahun, dimulai pada 1193. Sebuah tangga melingkar dengan 379 langkah mengarah ke atas; itu ditutup untuk pengunjung. Quwwat-ul-Islam Mosqueaa, Masjid pertama yang dibangun di India, terletak di kaki Minaret. Di dekatnya terdapat tiang besi, dinamakan demikian karena terbuat dari logam yang tidak berkarat.

20. Darjeeling

Darjeeling

Darjeeling adalah sebuah kota di India timur laut yang terkenal dengan teh, kereta dan keindahan yang indah. Teh Darjeeling tipis, berwarna terang, aromatik dan menenangkan untuk diminum. Daun ditanam di perbukitan di sekitar kota. Lebih jauh di cakrawala, para pelancong dapat melihat puncak gunung yang tertutup salju di kaki bukit Himalaya. Akses dapat dicapai dengan berkendara selama tiga jam dari Bandara terdekat atau perjalanan selama tujuh jam di Darjeeling Himalayan Railroad, kereta gauge sempit yang dikenal sebagai “Kereta mainan.”

21. Varkala Beach

Pantai Varkala

Pantai Varkala terkenal dengan pelancong yang hanya ingin beristirahat sejenak dari tamasya. Pantainya yang berpasir di sepanjang tebing yang mengesankan sangat cocok untuk beachcombing, berjemur dan berenang, hanya beberapa alasan Channel Discovery menamakannya salah satu dari 10 pantai musiman terbaik di dunia. Ini juga dikenal dengan mata air mineral; berenang di dalamnya diyakini dapat menyembuhkan penyakit dan memurnikan dosa seseorang. Wisatawan yang ingin menyelinap di beberapa tamasya dapat menikmati kunjungan ke Kuil Janardhana Swami, sebuah kuil berusia 2.000 tahun yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu.

22. Ranakpur Temple

Ranakpur Kuil

Kuil ranakpur adalah kuil Jain yang mengesankan dan sangat dekoratif yang terkenal dengan seni dan arsitekturnya, yang dianggap sebagai beberapa yang terbaik di dunia. Dibangun pada abad ke-15, butuh waktu lebih dari 50 tahun untuk membangun candi. Salah satu kuil terbesar di India, Kuil Ranakpur memiliki 29 aula dan 80 kubah, tetapi sangat terkenal dengan 1.444 pilar, yang masing-masing unik. Patung dewa atas setiap kubah. Ukiran yang sangat rumit menyoroti interior.

23. Pushkar Camel Fair

Pushkar Camel Fair

Pengunjung yang ingin mengambil unta rumah dengan mereka sebagai souvenir dari perjalanan mereka ke India mungkin ingin menghadiri Pushkar Camel Fair. Ini dua minggu jatuh adil juga merupakan kesempatan yang baik untuk membeli ternak lainnya, karena lebih dari 1.000 hewan yang dibeli, dijual atau diperdagangkan, meskipun unta adalah menarik utama. Selama bertahun-tahun, pameran telah menjadi lebih dari sekedar tempat di mana petani membeli dan menjual ternak. Ini berevolusi menjadi Festival berskala penuh yang mencakup ras unta, acara olahraga, wahana Karnaval, dan bahkan kompetisi kumis.

24. Dharamsala

Dharamsala

Dharamsala adalah rumah yang jauh dari rumah untuk Dalai Lama yang datang ke sini di 1959 setelah melarikan diri dari Tibet. Kota ini juga merupakan rumah bagi pemerintah Tibet di pengasingan. Dharamsala berarti hunian spiritual atau tempat bagi peziarah untuk beristirahat, yang sesuai karena begitu banyak orang Tibet tinggal di sini. Dengan perencanaan terlebih dahulu, mungkin ada kemungkinan untuk menghadiri salah satu Dalai Lama sesi pengajaran umum. Dharamsala populer dengan penggemar Hiking dan wisatawan yang tertarik dengan yoga dan pelajaran memasak India.

25. Bandhavgarh National Park

Taman Nasional Bandhavgarh

Melihat satwa liar di habitatnya adalah tujuan bagi banyak wisatawan. Kunjungan ke Taman Nasional Bandhavgarh tidak akan mengecewakan mereka. Salah satu yang paling populer di India Taman Nasional, Bandhavgarh memberikan kesempatan untuk melihat macan tutul, menggonggong rusa, beruang sloth, Hyena, dan India Bison dan serigala, tapi harimau Bengal jelas daya tarik bintang, meskipun hanya 10 persen pengunjung dapat melihat salah satu . Waktu terbaik untuk melihat satwa liar di sini adalah pagi atau sore hari.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jerman Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di India semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, buat kamu yang ingin berlibur bisa menjadikan bahan informasi tambahan.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *