38 Tempat Wisata di Gorontalo Terbaru yang Lagi Hits

Wisata Gorontalo – Gorontalo juga sering di juluki sebagai kota serambi madinah karena memiliki masjid yang unik. Selain mempunyai julukan yang terbilang beda dengan kota lainya di indonesia, gorontalo ternyata juga mempunyai objek wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata religi hingga wisata alam pun sangat banyak. Letaknya yang strategis ini dapat dijadikan sebagai daerah transit seluruh komoditi dari dan menuju kedua kawasan tersebut.

Karena kondisi geografis Gorontalo laut dan perbukitan, membuat Gorontalo menyimpan beberapa destinasi wisata alam yang cukup indah. Destinasi alam tersebut dipadukan dengan keindahan rumah Adat Gorontalo, peninggalan sejarah Limboto Otanaha, dan lain sebagainya membuat Gorontalo sebagai tujuan wisata yang komplit dan menyenangkan.

Baca ini : Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Selain kekayaan wisata alamnya yang beraneka jenis, mengingat sejarah kota Gorontalo yang panjang, maka terdapat beberapa tempat warisan sejarah yang dapat dijadikan tujuan wisata. Di beberapa tempat ini, mungkin Kamu akan mendapatkan wisata budaya dan sejarah dari penduduk setempat.

Bukit Layang

Bukit Layang

Bukit layang merupakan sebuah bukit di pinggiran kota Gorontalo yang akan memperlihatkan kepada Anda betapa indahnya kota Gorontalo dar ketinggian. Terletak di Kecamatan Hulonthalangi Kelurahan Siendeng, bukit ini memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi Anda.

Lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan dari bukit ini. Selain itu, Melihat pemandangan kota yang indah dari ketinggian sungguh sangat asyik dan tentu membuat anda ketagihan. Dengan suasana langit biru beserta awan yang berserakan tentu akan menjadikan suatu pengalaman yang tak terlupakan.

Masjid Walima Emas

Masjid Walima

Masjid Walima Emas terletak di puncak Desa Wisata Religius Bubohu, Bongo, sekitar 250m dpl, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Masjid ini diresmikan pada tanggal 12-12-2012 pukul 12.12 WITA. Peresmian Masjid WalimaEmas dilakukan dengan sholat bersama, dzikir serta pagelaran budaya Islam. Empat kubah pada setiap sudut masjid terlihat berdiri kokoh dengan warna kuning keemasan, berbentuk walima yang terang dan bersinar ketika menjelang malam.

Tak hanya itu, Kalender Islam atau Kalender Hijriah terbesar di dunia terdapat di Masjid ini. Bersebelahan dengan Masjid, terdapat Kolam Miem, Sebuah kolam dengan air pegunungan alami, yang dingin dan sejuk. Tak terlalu jauh untuk menuju Desa Wisata Religius Bubohu. Hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua atau toda empat dari pusat Kota Gorontalo. Sepanjang perjalanan yang berliku, kita akan ditemani pemandangan alam TelukTomini yang indah.

Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo terletek di Desa Deme 2 Kecamatan Sumalata, Gorontalo Timur. Pulau ini sangat indah dan masih sepi pengunjung. Selain itu bebas sampah dan penat karena belum terjamah oleh banyak orang. Bukit-bukit indah di pulau ini merupakan salah satu daya tarik dari pulau ini.

Sesampai di sini Anda pastinya tak akan ketinggalan mengabadikan gambar dari atas bukit dengan latar belakang pulau-pulau dan birunya laut. Perlu diingat ya guys, pulau ini masih sangat alami jadi belum ada fasilitas yang cukup, jika tertarik untuk menginap jangan lupa bawa tenda ya. Bawa bekal dan keperluan perjalanan yang lainnya juga yak biar gak baper.

Desa Wisata Religi Bongo

Desa Religi Bongo

Desa Bubohu atau lebih dikenal dengan Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo merupakan sebuah desa yang terletak di pesisir teluk tomini. Berbatasan langsung dengan wilayah Kelurahan Tanjung Kramat Kota Gorontalo. Suasana religius, berpadu dengan warna warni kebudayaan, kebersahajaan penduduknya dan suasana alam yang asri terasa begitu anda mengunjungi desa ini.

Desa wisata Bongo mempunyai banyak nilai sejarah dan merupakan salah satu tempat wisata yang sangat cocok bagi mereka yang berminat mempelajari dan mengetahui lebih dalam mengenai sejarah dari desa ini. Ada banyak obyek bisa dinikmati di sini, sebut saja pesantren alam yang dirimbuni pepohonan ringan, dengan dua kolam renang berbentuk unik, bernama kolam santri dan kolam asmaul husna, bisa diakses cuma-cuma oleh siapapun.

Pesantren ini dihuni oleh 600 santri yang terdiri dari penduduk setempat, selain agama, pelestarian kebudayaan juga turut diajarkan. Di tempat yang sama, juga terhampar ratusan fosil kayu yang ditata serupa karya instalasi seni, yang dinamakan sebagai museum fosil kayu.

Pulau Cinta

Pulau Cinta

Tempat wisata Pulau Cinta merupakan salah satu salah tempat wisata bahari yang menyajikan pemandangan laut lepas dengan sejuta pesona keindahan yang unik dan menarik bagi siapapun yang mengunjungi destinasi wisata di pulau yang satu ini. Pemandangan sebuah pulau kecil berbentuk hati dengan hamparan pasir putih bersih di tengah laut lepas yang dikelilingi penginapan berbentuk resort yang terbuat dari kayu menjadikan daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Pulau Cinta.

Bahkan tempat ini menjadi destinasi liburan bagi pengunjung yang akan menghabiskan wkatu liburan bersama pasangannya tercinta. Untuk menuju Pulau Cinta, para wisatawan dapat menggunakan perahu nelayan dengan merogoh kantong untuk ongkos Rp 25.000,- / orang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Asal muasal penyebutan Pulau Cnta di obyek wisata ini, dikarenakan di tengah pulau terdapat balutan pasir putih yang menyerupai hati sebagai simbol cinta.

Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Air Terjun Hiyaliyo

Gorontalo juga tak kalah dengan Bogor yang mempunyai banyak wisata air terjunya. Yaitu air terjun didigga yang berlokasi di Ds Didingga Kec. Biawu, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. Wisata ini patut anda kunjungi karena lokasinya yang belum banyak terjamah oleh wisatawan sehingga wisata alam tersebut masih terlihat sangat alami.

Pantai Kurenai

Puncak Kurenai

Pantai ini adalah satu dari 20 dive spot yang ada di Gorontalo. Sekitar 80 persen lokasi diving dapat dicapai dengan kendaraan dan tak jauh dari tepi pantai (shore dive). Eksplorasi lokasi diving di Gorontalo dimulai sekitar tahun 2000.

Dilihat dari berbagai faktor, lokasi diving disana dapat disebut kelas dunia. Temperatur perairannya relatif hangat dan arusnya tidak terlalu kuat.Tipikal karang yang terbentuk juga lengkap variasinya. Mulai dari terumbu karang yang slope, jurang (drop off).

Pantai Dunu

Pantai Dunu

Pantai Dunu berada di Kabupaten Gorontalo Utara. Pantai ini tidak hanya menjadi tujuan destinasi masyarakat Gorontalo Utara untuk menghabiskan weekend atau pun libur panjang bahkan masyarakat dari luar Gorontalo Utara juga datang kesini.

Banyak wisatawan kesini untuk berenang, main pasir, bercengkrama dengan keluarga, foto-foto, atau sekedar duduk menunggu sunset tiba. Di Pantai Dunu ini belum ada fasilitas apapun jadi jika ingin berkunjung, kamu sebaiknya membawa semua keperluan dan bekal dari rumah ya guys. Akses menuju Pantai Dunu mudah.

Air Terjun Taludaa

Air Terjun Taludaa

Air terjun taludaa memiliki ketinggian air terjun ini mencapai 42m serta bentangan 15 m menjadikan suatu fenomena alam yang diminati pengunjung. Tidak hanya fenomena alamnya saja tetapi habitat flora dan fauna yang ada di sekitar air terjun. Untuk mencari lokasi air terjun taludaa sangatlah mudah karena berada dalam wilayah agrowisata. Air terjun taludaa terbilang masih perawan, karena belum dikelola oleh siapapun. Sehingga untuk menuju obyek wisata dan melakukan aktivitas disini masih gratis.

Untuk menuju kelokasi bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu pemandangan yang dilalui akan membayar rasa lelah pengunjung karena pemandangannya indah dan alami. Selain itu air terjun ini terdapat pada kawasan agrowisata seperti pohon nangka, durian, langsat, dll. membuat perjalanan pengunjung yang berjalan kaki akan tidak terasa karena udara yang sejuk.

Danau Limboto

Danau Limboto

Danau Limboto merupakan objek wiasata berupa danau yang banyak di kunjungi para turis, baik lokal maupun asing yang terdapat di kabupaten Gorontalo, Sulawasi Tengah. Danau yang memiliki luas sekitar 3000 hektar ini merupakan muara dari Sungai Molalahu, Sungai Daenaa, Sungai Alo dan sungai Bone Bolango.

Danau Limboto memiliki pesona pemandangan yang menakjubkan, karakter dari danau ini memiliki permukaan berlumpu, dibagian tengan dan pinggir danau banyak dijumpai tumbuhan flora air seperti bunga teratai, enceng gondok dan gelagah. Apabila ingin menikmati pesona danau Limboto ini, akan terasa lebih indah apabila pada pagi hari ataupun di sore hari menjelang matahari terbenam.

Dengan begitu, suasana indah di danau akan terasa lebih menakjubkan. Di Danau Limboto, Anda dapat merasakan dan menikmati udara segar dan tentu saja airnya yang jernih dengan ditumbuhi aneka tumbuhan hijau yang begitu eksostis, menjadikan Anda merasa betah berada di danau ini.

Taman Wisata Laut Olele

Taman Wisata Laut Olele

Tempat Wisata taman laut yang berada di Gorontalo ini bernama Taman Laut Olele, keindahan bawah laut yang tersaji sudah banyak mengundang rasa ingin tahu para penyelam. Ciri khas biota lautnya menjadikan lokasi ini berkesan spesial bagi mereka yang bersnokerling.

Bagi Anda yang belum menguasai teknik menyelam, tidak usah cemas sebab Anda tetap bisa melakukan snokerling di areall yang dangkal, meskipun demikian keindahan termbu karang berbagai macam warna tetap bisa Anda temui.

Secara umumnya ada beberapa lokasi andalan yang berada di Taman Laut Olele yaitu Goa Jin, Coral Pole dan Salvador Dali. Goa Jin memiliki gerbang masuk vertical tegak ke bawah yang berkedalaman hingga 22 meter dan menympan keindahan yang sulit terlukiskan.

Alamat: Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo.

Pulau Saronde

Pulau Saronde

Pulau Saronde merupakan sebuah pulau kecil yang terletak 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo tepatnya di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalu Utara. Pulau ini dikelilingi oleh keindahan pantai yang sangat mengagumkan yakni, batu karang, pasir putih, dan juga memiliki hamparan air laut biru indah.

Selain itu juga, pulau ini mempunyai keindahan taman bawah laut yang menyimpan berbagai jenis terumbu karang yang terasa sangat sulit jika hanya didengarkan melalui cerita saja, maka kamu harus sendiri yang menyaksikan.

Pantai Mananggu

Pantai Mananggu

Tempat wisata pantai yang terakhir adalah Pantai mananggu yang berlokasi di Boalemo, Gorontalo. Karakteristik panati ini hampir sama dengan pantai di pacitan dengan karakter terdapat banyak batu karang yang ada di pantai. Nah ini cocok buat anda yang ingin menikmati suasana alam pantai yang indah untuk meghilangkan rasa penat atau bosan sehabis bekerja.

Air Terjun Tenilo

Air Terjun Tenilo

Air Terjun Tenilo merupakan salah satu destinasi wisata Gorontalo yang indah dan memikat hati. Air Terjun Tenilo berada di Boalemo Gorontalo dan keindahan alam air terjun ini masih terjaga dan alami dari kerusakan yang disebabkan atas tangan-tangan jail manusia.

Baca ini : Tempat Wisata di Palu yang Wajib Dikunjungi

Selain mengunjungi dan juga mandi di air terjun ini kamu juga patut untuk mengelilingi desa dan juga kamu jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk ngobrol dengan masyarakat setempat sambil menyeruput kopi, dijamin akan menjadi perjalanan yang berkesan juga, Datang dan nikmatilah keindahan dari destinasi wisata ini bersama semua keluarga.

Pantai Tenilo

Pantai Tenilo

Nah Tempat wisata Pantai yang terakhir yaitu pantai tenilo, pantai ini berlokasi di Boalemo Gorontalo. Nah ini cocok buat mengabadikan foto anda di pantai ini bersama keluarga ataupun teman anda, dijamin anda betah deh jika berkunjung ke pantai Tenilo ini yang ada di Gorontalo.

Pantai Bolihutuo

Pantai Balihutuo

Pantai Bolihutuo merupakan salah satu obyek wisata alternatif untuk menghabiskan akhir pekan. Hamparan pasir putihnya dipadu dengan gulungan ombak yang berkejaran terlihat memutih menghiasi lautnya yang biru akan memanjakan mata anda untuk menikmati keindahan pantai ini.

Di kawasan pinggir pantai terdapat pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang, semakin menambah sejuknya suasana. Tersedia perahu untuk disewa bagi yang ingin melihat berkeliling pantai. Tarif sewa perahu Rp. 3.000 per 10 menit. Selain perahu, tersedia pula sepeda air, kapal motor, alat diving dan sejumlah fasilitas lain yang disewakan bagi para pengunjung di Pantai Bolihutuo.

Di pinggir pantai terdapat saung dan gazebo yang dapat anda gunakan untuk bersantai dan beristirahat. Sarana dan prasarana lainnya pun juga telah tersedia di sini seperti : rumah makan, cottage dan pusat informasi wisata. Untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Balihutuo, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp. 3.000 per orang.

Desa Suku Bajo Gorontalo

Desa Suku Bajo

Desa Torosiaje merupakan nama kampung eksotis yang dihuni oleh suku bajo yang terletak di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato berjarak tujuh jam perjalanan ke arah barat dari Kota Gorontalo. Berlibur di desa ini merupakan salah satu pengalaman berharga bagi siapa saja yang merasakannya.

Kehidupan masyarakat Bajo yang bersahaja dan keindahan serta kekayaan laut teluk tomini akan membuat Anda betah berlama-lama di desa ini. Untuk fasilitas dan Akomodasi desa ini Anda tak perlu khawatir, karena dinas pariwisata setempat telah menyiapkan penginapan dengan biaya Rp100.000, permalam. Kampung ini merupakan kampung yang indah dan benar-benar layak kamu kunjungi.

Teluk Tomini

Teluk Tomini

Teluk Tomini merupakan salah satu hamparan pulau-pulau indah dan menakjubkan berada sangat dekat dengan kota Gorontalo. Meskipun bukan termasuk wilayah administratif propinsi Gorontalo, Teluk Tomini sangat dekat dari kota Gorontalo hanya menyeberang menggunakan ferry dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dengan biaya Rp89.000,- sampai dengan Rp100.000. Bagi para penyelam karang dan keajaiban bawah laut Tomini merupakan surga bagi mereka.

Benteng Otanaha

Benteng Otanaha

Benteng Otanaha adalah sebuah benteng tua yang sangat bersejarah , Ketika sampai di puncak, rasa lelah Anda terbayar dengan keindahanan benteng, keindahan Danau Limboto, sawah-sawah yang terbentang luas dan hijau, serta keindahan Kota Gorontalo. Di sekitar Benteng Otanaha ini tidak tersedia akomodasi.

Karena benteng ini letaknya tidak terlalu jauh dari kota Gorontalo maka para penelusur bisa mendapatkan akomodasi dari Gorontalo yang termasuk penginapan sederhana sampai berbintang. Harga tergantung dari fasilitas yang akan para penelusur dapatkan. Harga tiket masuk ke Benteng Otanaha Rp3.000/orang dan juga sekaligus tiket untuk parkir kendaraan.

Wisata Bahari Hiu Paus

Wisata Bahari Hius Paus

Salah satu fenomena langka di Gorontalo adalah munculnya Hiu Paus yang letaknya di Desa Botubarani, Kec Kabila Bone, Kab. Bone Bolange, Gorontalo. Nah untuk jaraknya kurang lebih sekitar 20 km dari pusat kota Gorontalo nah jika ditempuh menggunakan kendaraan membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Di sini kamu akan diperlihatkan dengan hiu paus yang hidup bebas di alamnya. Nah uniknya, hiu ini tergolong sangat besar dan juga memiliki sifat jinak, bahkan terlihat sangat bersahabat dengan para nelayan dan para wisatawan. Bahkan anda dapat berenang bersama hiu paus jinak ini.

Yah, itulah sensasi yang dapat anda rasakan jika anda mengunjungi tempat wisata Gorontalo hiu Paus ini. Bagi anda yang pertama kali datang ke sini mungkin takut atau cemas dengan keberadaan hiu paus tersebut saat berenang, tetapi anda tak perlu khawatir karena di sini ada nelayan yang setia menjadi guide anda saat berenang. Anda dapat mengabadikan moment langka ini bersama ikan raksasa jinak.

Pantai Pasir Putih Leato

Pasir Putih Leato

Bagi kamu yang pengen berwisata dengan keadaan tenang, pantai ini layak dikunjungi. Bagaimana tidak, pantai Putih Leato menghadirkan suasana pantai yang sangat indah. Dengan hamparan pasir putih meluas disertai dengan ombak yang tenang, serta suasana pantai yang sepi.

Sangat cocok sebagai tempat relaxasi melepas rasa penat anda yang menumpuk. Objek wisata Gorontalo ini dapat pula bersantai bersama keluarga anda di sini atau bermain air di pinggir pantai bersama anak karena suasana ombak tenang tidak berbahaya bagi anak-anak.

Kolam Renang Potanga

Kolam Renang Potanga

Kolam renang ini sangat cantik dan bersih. Tak heran setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah di Gorontalo, khususnya pada akhir pekan.

Nah bagi kamu yang penasaran dengan kesejukan air kolam di sini, kamu bisa langsung pergi saja ke sini. Karena air kolam renang ini menyajikan air yang sejuk karena airnya langsung mengalir dari pegunungan.

Pakaya Tower Limboto

Pakaya Tower

Pakay Tower merupakan Landmark kota Gorontalo yang memiliki ketinggian 65 meter. Menara ini sangat unik karena pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas mulai dari lantai satu yang memiliki tinggi 10 meter digunakan sebagai aula. Pada lantai setinggi 14 meter merupakan restoran.

Di lantai tiga yang tingginya 30 meter digunakan sebagai tempat penjualan suvenir khas Gorontalo. Sedangkan lantai empat yang tingginya 39 meter dan lantai 5 yang tingginya 58 meter dari sini Anda dapat memandangi keindahan kota Gorontalo pada siang dan malam hari. Pada malam hari menara ini benar-benar terlihat indah dan menarik dengan lampu sorot tajam yang semakin menambah keindahan menara ini.

Pulau Bitila

Pulau Bitila

Pulau ini adalah pulau yang tak ada penghuninya. Tetapi Pulau Bitila dikhususkan sebagai wisata bahari oleh pemerintah Kab. Boalemo. Pulau ini memiliki keindahan yang mengagumkan dan juga membuat para wisatawan ingin berkunjung.

Pulau Bitila memiliki pohon yang rimbun dan juga membuat terasa sangat sejuk. Selain itu juga Pasir putihnya lembut membentang di sepanjang garis pantainya. Nah Di sini, kamu bisa berbaring menikmati hangatnya sinar matahari.

Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote

Tangga 2000

Saat Anda mengunjungi Tangga 2000 Anda jangan sampai terkecoh dengan jumlah anak tangga yang mungkin Anda kira ada 2000 buah. Jumlah anak tangga disini hanya sekitar 500 anak tangga. Dari anak tangga yang ada disini Anda bisa menaikinya dan menikmati keindahan alam Teluk Tomini yang indah. Bagi Anda yang menyukai fotografi ini merupakan salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan pada saat berkunjung ke Gorontalo.

Anda dapat mengunjungi tempat ini di pagi hari untuk mendapatkan waktu matahari terbit yang sangat indah. Selain dapat menikmati keindahan alam, Anda juga dapat melihat sebuah peninggalan sejarah yang ada di tempat ini.

Terdapat sebuah batu besar yang terdapat jejak kaki dari Lahilote seorang pemuda yang dipercaya menikah dengan seorang malaikat. Untuk mencapai lokasi ini anda hanya membutuhkan waktu 20 menit dari pusat Kota Gorontalo. Anda dapat menggunakan sejumlah kendaraan umum yang terdapat disana.

Pentadio Resort

Pentadio

Pentadio Resort adalah salah satu lokasi objek wisata bertaraf internasional di Kecamatan Telagabiru, Kabupaten Gorontalo. Fasilitas yang ada di Pentadio Resort ini. Antara lain, restaurant, toko suvernir, kolam renang, pondokan, sauna, air mancar, lokasi pemancingan, dan bak air panas.

Rumah Adat

Rumah Adat

Rumah Adat Gorontalo disebut dengan Bantayo Poboide. Secara harfiah Bantayo artinya bangunan dan Poboide berarti tempat pertemuan. Selain sebagai budaya Gorontalo, Bantayo Poboide juga berfungsi sebagai tempat kegiatan seni budaya Gorontalo. Tempat ini memiliki banyak ruangan dengan fungsi masing-masing, ornamen pada dinding juga menyimbolkan setiap aktivitas penghuninya.

Air Terjun Ayuhulalo

Air Terjun Ayuhulalo

Nama Ayuhulalo berarti kayu bulan. Air terjun ini airnya tidak pernah kering sekalipun di musim kemarau. Terletak di Desa Ayuhulalo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Propinsi Gorontalo.

Di tempat ini para wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan Air Terjun Ayuhulalo, tanpa harus berpikir berapa harga yang harus dibayar.

Keaslian air terjun yang berada diperbukitan hijau nan cantik ini, membuat wisatawan dapat berlama-lama untuk bersenang-senang menikmati hempasan air terjun. Air Terjun Ayuhulalo sangat cocok untuk wisata akhir pekan bersama keluarga.

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Taman Nasional Bogani

Secara geografi kawasan ini terletak diperbatasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat, Papua-Australia sebelah Timur (Wallaceae Area). Anda akan dibuat takjub saat memasuki kawasan cagar alam ini. Terdapat berbagai jenis anggrek, serta aneka tanaman hias dan bunga bangkai (Amorphophallus companulatus).

Monumen Nani Wartabone

Monumen Nani Wartabone

Monumen ini dibuat untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang berasal dari Gorontalo. Umur dari monumen ini masih terbilang muda yaitu 28 tahun. Pencetus pendiri monumen ini adalah Walikota Gorontalo yang bertugas pada saat itu yaitu Drs. A. Nadjamudin.

Sementara itu Nani Wartabone sendiri merupakan seorang pemimpin perang di Gorontalo. Dia sangat berjasa bagi rakyat Gorontalo dan masyarakat Indonesia. Anda bisa mengunjugi salah satu masjid tertua di Gorontalo yang berusia sekitar 300 tahun.

Baca juga : Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata Gorontalo nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

2 thoughts on “38 Tempat Wisata di Gorontalo Terbaru yang Lagi Hits

  1. Pemandian Taluhu Barakati dan Gowa Ular di Desa Barakati tidak masuk yaa???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *