21 Tempat Wisata di Demak Terbaru yang Lagi Hits

Wisata di Demak –  Di Demak banyak sekali wisata yang bagus dan tentu saja juga menarik. Contohnya mulai dari wisata air, wisata alam demak hingga wisata religi demak semuanya sangat menarik untuk di jelajahi lebih luas. Dan ternyata memang banyak sekali ya destinasi yang bisa di tuju di kota wali ini.

Kota wali sendiri merupakan julukan dari kabupaten demak. Nah kabupaten demak itu dekat dengan kota lainnya seperti Jepara, Kudus dan juga semarang. Nah jika kamu sudah puas berkunjung wisata di Demak kamu bisa ke tempat wisata kota lainnya yang ada di dekat kota demak.

Selain itu, Tempat-tempat wisata di kota Demak kini tekah semakin berkembang dan menjadi daya tarik tersendiri bagi beberap wisatawan. Dan kamu juga bisa menemui berbagai tempat wisata di Demak, Jawa Tengah mulai dari wisata alam, wisata belanja dan juga hingga wisata kuliner. Jangkaun kota Demak pun semakin mudah, dengan perjalanan darat Anda sudah dapat mengelilingi beberapa destiasi wisata yang tersedia di Demak.

Baca ini : Tempat Wisata di Tegal yang Wajib Dikunjungi

Apabila anda datang ke kota Semarang untuk berwisata, maka tidak ada salahnya jika anda juga mengunjungi kota yang satu ini. Jika anda belum tahu tempat wisata di demak apa saja, berikut merupakan tempat wisata di Demak yang sayang untuk dilewatkan.

1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung

Masjid Agung Demak yang merupakan peninggalan wali songo dan juga Sultan Fatah. Arsitektur bangunan yang usianya sudah mencapai lebih dari setengah abad ini banyak memberi inspirasi untuk bangunan tempat ibadah serupa di seluruh pelosok nusantara. Filosofi bangunan ini begitu bermakna. Di ruang utamanya ada 4 soko guru yang dibuat wali songo.

Alamat: Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

2. Museum Masjid Agung

Masjid Agung Demak

Tempat wisata selanjutnya yaitu Museum Masjid Agung Demak, Di sini terdapat beragam peninggalan diantaranya adalah serat-serat dan kitab yang ditulis oleh para wali, bedug, pintu asli masjid ketika awal pembangunan, gentong dari Campa, miniatur masjid, serta ilustrasi bentuk masjid sejak 500 tahun lalu sampai dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada bangunan tersebut (setelah renovasi).

Alamat: Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

3. Makam Sunan Kalijogo

Sunan Kalijogo Demak

Makam ini sering dikunjungi oleh peziarah dalam berbagai wilayah di Indonesia aterutaam yang beragama islam. Sayangnya bagi peziarah yang ada disini harus mentaati peraturan yang ada disana. Peziarah dilarang untuk menggunakan dan membawa benda pusaka.

Alamat: Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

4. Hutan Mangrove Morosari Sayung

Hutan Mangrove Morosari

Tempat wisata yang satu ini masih banyak yang belum tahu. Letaknya ada di Morosari Sayung Demak. Lokasi ini memiliki wisata berupa hutan mangrove yang masih asri dan alami. Saat menghabiskan waktu di sini, anda dapat melihat sunset yang menawan ditemani suasana yang asri dan udara laut segar karena adanya barisan bakau yang berhias banyaknya bangau putih yang datang dan pergi.

Alamat: Tambaksari, Bedono, Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

5. Pantai Morosari

Pantai Morosari

Tempat wisata selanjutnya adalah Pantai Morosari. Pantai ini mempunyai panorama indah dengan deretan hutan mangrove di dekatnya. Mirip sekali seperti Pantai Marina Semarang, akan tetapi lebih sepi wisatawan. Biasanya pantai ini akan ramai pada seminggu setelah idul fitri. Karena adanya tradisi syawalan dengan mengadakan lomba perahu dayung serta sedekah laut.

Alamat: Berada di Desa Purworejo Kecamatan Bonang, Demak.

6. Sentra Kerajian Batik

Sentra Kerajinan Batik

Ternyata Demak pun punya kekayaan lokal berupa batik dengan motif beragam yang menggambarkan berbagai hasil alam daerah serta bermacam elemen yang ada di Masjid Agung Demak. Di tempat yang satu ini anda tak hanya dapat berbelanja saja, melainkan juga melihat proses pembuatan batik, dari awal sampai tercipta kain yang sudah jadi.

Alamat: Berada di Jalan Demak – Bonang, Tembok, Karangmlati, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

7. Sentra Kerajinan Kaligrafi

Kerajinan Kaligrafi

Tidak heran jika di demak banyak di jumpai para pengrajin kaligrafi. Nah jadi biasanya pengerajin ini menjual hasil kerajinan mereka di kios-kios sekitar masjid agung demak, nah jadi kamu tidak perlu bingung jika ingin membeli kaligrafi.

Alamat: Jalan Kyai Turmudzi, Kampung Tembiring, Bintoro, Kecamatan Demak, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah .

8. Sentra Pengrajin Rebana

Sentra Pengrajin

Seni budaya yang telah jadi tradisi dan kebanggaan masyarakat Demak selain wayang dan juga tembang-tembang adalah marawis dan juga rebana. Di sentra kerajinan rebana anda akan melihat banyaknya elemen yang terdapat pada marawis dan juga rebana (fungsi, nama, serta filosofi yang ada di dalamnya).

Alamat: Berada di Jalan Raya Bonang Demak, Karangmlati, Kecamatan Demak, Karangmlati, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

9. Argowisata Jambu Merah Delima dan Belimbing

Agrowisata

Memang rasa yang disuguhkan oleh kedua jenis buah ini memang beda dengan jenis jambu dan juga belimbing yang tumbuh dari daerah lain. Tidak heran jika beberapa tahun terakhir ini, potensi hasil buah tersebut dijadikan lahan wisata agro yang menarik. Selain menikmati kelezatan buah segar yang dapat langsung dipetik dari pohonnya, pengunjung juga disuguhi pemandangan dan nuansa pedesaan yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Alamat: Desa Betokan, Tempuran, Sidomulyo, Wonosari.

10. Tradisi Grebek Pasar

Tradisi Grebek

Tradisi ini berlangsung selama bulan Dzulhijjah atau pun juga semla bulan haji. Di malam sebelum hari Idul Adha yakni tanggal 9 Dzulhijah, arak-arakan tumpeng songo akan digiring dari pendopo kabupaten menuju masjid Agung Demak. Setelah rangkaian acara pengajian dan sebagainya selesai, para pengunjung ikut menikmati tumpeng songo ini di serambi masjid.

11. Brown Canyon

Brown Canyon

Tempat wisata selanjutnya adalah Brown Canyon, nah wisata ini merupakan bekas galian tambang yang menjadi tempat wisata, karena sisa dari galian tambang tersebut membentuk bukit dengan lekukan yang bagus, bahkan banyak yang menyamakannya dengan pemandangan Grand Canyon di Amerika Serikat ala Indonesia.

Alamat: Berada di Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

12. Makam Raja Demak

Makam Raja Demak

Nah untuk makam yang berada disini adalah Raden Patah, Makam Pangeran Trenggono, Syekh Maulana Maghribi, sampai dengan Arya Penangsang. Ketika anda masuk ke dalam Masjid Demak anda kan menemukan serambi yang berada di kolam untuk tempat wudhu.

Alamat: Jl. Kauman I No.1, Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

13. Wisata Bahari Morosari

Morosari

Alamat: Jl. Semarang – Demak Km.9, Bedono, Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

14. Pantai Marina

Pantai Marina

Alamat: Berada di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

15. Tlogoweru

Tlogoweru

Alamat: Berada di Desa Tlogoweru Kecamatan Guntur Kabupaten Demak, Indonesia.

16. Pantai Glagah Wangi Istambul

Pantai Glagah

Alamat: Tambakgembolo, Tambakbulusan, Karang Tengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

17. Makam Terapung Syekh Mudzakir

Makam Terapung

Alamat: Dusun Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

18. Wisata Kuliner Asem-Asem Daging

Asem-asem Daging Demak

Jika anda tengah menikmati liburan di Demak, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Demak yang satu ini. Namanya asem-asem daging, disajikan dengan tampilan menarik, punya rasa segar. Salah satu tempat asem-asem daging yang mantap ada di dekat alun-alun Demak bernama Rumah Makan Rahayu.

Alamat: Berada di Jalan Raya Demak – Kudus, Tanubayan, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah .

Baca Juga : Tempat Wsiata di Boyolali yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata Demak nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *