22 Tempat Wisata di Bontang Terbaru yang Lagi Hits

Wisata Bontang Bontang adalah sebuah Kabupaten yang berada di Kalimantan Timur, Kabupaten ini mempunyai sejuta pesona dan juga panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi lho. Maka sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat menarik yang berada di Bontang.

Selain itu, Bontang punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari spot foto foto kekinian, Situs budaya, situs bersejarah, dan juga sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan juga harus segera kalian explore. Nah untuk kamu yang berencana berlibur ke kota Bontang, maka kali ini kami akan membantu perjalanan anda dengan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang layak untuk kamu kunjungi.

Baca Juga : Tempat Wisata di Samarinda Terbaru Paling Hits Dan Populer

1. Pulau Gusung

Pualu Gusung

Pulau Gusung adalah sebuah pulau berpenghuni yang mempunyai sekitar 300 kepala keluarga dengan mata pencahariannya sebagai nelayan tradisional. Nah jika kamu ingin bisa mencapai pulau ini, maka kamu bisa mengendarai speed boat selama 20 hingga 25 menit yang terletak di Pelabuhan Loktuan, Pelabuhan Tanjung Limau, dan di Bontang Koala.

2. Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina adalah salah satu pantai yang berada di Kota Bontang. Pantai Marina ini berada di daerah sebelah selatan Kota Bontang. Fungsi utama dari pantai Marina ini yaitu untuk menjadi pelabuhan yang digunakan oleh PT Badak NGL untuk keperluan bongkar muat kapal tanker.

3. Pulau Beras Basah

Foto by : @sherwinkooswara

Pantai ini ombaknya tenang lengkap dengan hamparan pasir putih yang bersih membuat siapa saja betah dibuatnya. Dan tak hanya itu, pemandangan bawah lautnya pun tidak usah diragukan lagi.

4. Teluk Kaba

Teluk Kaba

Teluk ini adalah sebuah bagian dari Taman Nasional Kutai. Disini para pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan outdoor yang menarik seperti camping, mancing, snorkeling, dan trekking, serta juga ada kegiatan menjelajah hutan.

5. Desa Selangan dan Tihi-Tihi

Desa Selangan dan Tihi-Tihi

Desa Selangan dan Tihi-Tihi. Letaknya yang berada di tengah – tengah selat makassar ini sangat menarik dan juga sangat cocok untuk dijadikan tempat pelepas penat. Selain itu, suasana yang tercipta pun tidak akan anda temui di perkotaan dan juga dijamin membuat anda enggan untuk beranjak dari tempat ini lho.

6. Bontang Kuala

Bontang Kuala

Bontang Kuala ini adalah sebuah perkampungan yang terapung diatas air yang sangat rapi dan bersih. Dan sangat disarankan ketika kamu menyusuri tempat ini untuk berjalan kaki, karena pemandangan yang disuguhkan akan bisa memanjakan kamu. Dan tak hanya pemandangannya saja yang memanjakan, disini kamu juga dimanjakan dengan berbagai kuliner khas Bontang yang bisa kamu santap.

7. Pulau Kumala

Pulau Kumala

Saat kamu menjelajahi pulau ini kamu akan menemui banyak patung lembuswana. Dan disini terdapat juga bangunan singgasana raja yang berbentuk seperti pura. Dan uniknya lagi disini kamu juga akan menjumpai ukiran batik khas Kalimantan Timur yang sangat menawan.

8. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai

Taman ini adalah salah satu andalan wisata Kalimantan Timur yang sebagian besar atau juga mayoritas wilayahnya berada di Kabupaten Kutai Timur, lalu sebagian besar lagi berada di Kota Bontang. Dan uniknya lagi,ada jenis hewan atau satwa yang hidup di hutan ini di dominasi oleh orang utan dan sejenisnya, yaitu bekantan, orang utan, beruk, owa Kalimantan, kera ekor panjang, dan juga kukang.

9. Taman Cibodas

Taman Cibodas

Taman ini masih masuk dalam kawasan industri PT. Pupuk Kaltim yang akan diserbu saat hari libur tiba. Dan F\fasilitasnya yang lengkap dan juga menarik membuat taman ini selalu padat dikunjungi setiap harinya. Serta suasana yang sejuk semakin membuat nyaman para penunjung taman ini.

10. Taman Tanjung Laut

Taman Tanjung Laut

Nama Tanjung Laut diambil dari keberadaan taman ini yang berada di Kampung Taman Tanjung Laut. Dan fasilitasnya yang lengkap juga semakin membuat nyaman para pengunjung disini untuk sekedar bersantai atau pun bermain di areal taman. Selain itu, tujuan pembuatan taman ini memang untuk menjadikan Bontang sebagai smart city atau kota cerdas, jadi warga kota diedukasi untuk bisa menggunakan jaringan internet secara bijak.

11. Erau Pelas Benua, Guntung

Guntung

Guntung adalah salah satu daerah sakral yang berada di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Daerah ini mempunyai penduduk yang mayoritas masyarakatnya berbatasan dengan Kutai Timur. Erau Pelas ini ialah salah satu tempat wisata di Bontang yang menjadikan upacara tradisional menjadi obyek wisatanya. Erau atau Eroh mempunyai arti ramai atau penuh sukacita.

12. Melabuh Perahu

Melabuh Perahu

Melabuh Perahu adalah upacara yang dilakukan dengan menggunakan miniatur kapal yang kemudian miniatur kapal tersebut dihanyutkan. Selain itu, upacara ini sering diadakan menjelang bulan Mulud atau setelah musim panen. Dan tujuan utama dari perayaan upacara ini adalah untuk mengusir berbagai penyakit yang berada di desa ini.

13. Hutan Pinus Samboja

Hutan Pinus Samboja

Hutan Pinus Samboja letaknya yang berada di pegunungan juga menciptakan suasana yang sangat segar dan sangat nyaman. Selain itu, biasanya wisatawan yang datang kesini selalu betah untuk berlama-lama di dalamnya. Dan Selain suasananya yang nyaman, berbagai sudut dari tempat wisata ini juga keren banget.

14. Museum Mulawarman

Mulawarman

Nah kalo tempat wisata yang satu ini tentunya menyimpan banyak sekali benda bersejarah di dalamnya. Dan koleksi benda bersejarah yang akan kamu temukan disini diantaranya seperti singgahsana, arca, meja tamu beserta perlengkapannya yang adalah peninggalan dari Kesultanan Bulungan, yupa, kalung yang bernama Kalung Uncal, serta kerajinan Suku Dayak Benuaq, Ulap Doyo.

15. Ladang Budaya Tenggarong

Ladang Budaya

Disini kamu bisa menjumpai mini zoo yang dimana kamu bisa langsung menikmati dan juga berinteraksi dengan beragam binatang endemik dari Pulau Borneo, dan beberapa diantaranya adalah Beruang Madu, Burung Enggang, Uwa-uwa, dan Burung Merak. Dan juga menawarkan berbagai wahana permainan ataupun outbond.

16. Masjid Agung Sultan Sulaiman

Masjid Agung Sultan Sulaiman

Masjid Agung Sultan Sulaiman adalah sebuah masjid terbesar yang berada di kota Tengarong. Dab berdiri megah di tengah-tengah kota membuat masjid ini banyak menjadi pilihan warga Tenggarong untuk melaksanakan ibadahnya. Selain itu, dengan adanya berbagai fasilitas yang disediakan, Masjid Agung Sultan Sulaiman ini kerap kali dijadikan sebagai tempat acara – acara penting, seperti ceramah dai kondang, tablik akbar sekota, sampai pelatihan haji.

17. CreativePark Tenggarong

CreativePark

CreativePark Tenggarong adalah sebuah taman yang terletak di kawasan Tenggarong Kutai Kartanegara. Taman ini dibangun dengan menonjolkan sisi keratifitas serta keunikan. Selain itu, setiap sorenya taman ini selalu ramai dikunjungi para warga serta menjadi salah satu alternatif liburan keluarga.

18. Cafe Singapore

Cafe Singapore

Cafe Singapura adalah sebuah cafe yang mempunyai patung Merlion Park yang sama persis dengan yang ada di Singapura yakni Patung Merliaon. Letak Cafe Singapura yang berada di Tanjung Laut sangat memungkinkan pengunjungnya untuk dapat melihat suasana laut yang tenang sembari menikmati sore hari dengan hidangan makanan yang ada di Cafe Singapura.

19. Masjid Jami Hasanoeddin

Masjid Jami Hasanoeddin

Masjid Jami Hasanoeddin yang berada bersebelahan dengan Museum Mulawarman serta berseberangan langusng dengan Pendopo Bupati Kutai Kartanegara kini. Selain itu, masjid ini juga mempunyai berbagai koleksi bersejarah di dalamnya seperti Menara Masjid, Tiang Guru, Mimbar masjid, dan Sudut Mihrab masjid.

20. Bukit Biru

Bukit Biru

Bukit Biru memang menjadi salah satu spot terbaik yang berada di Kalimantan Timur untuk menikmati senja. Maka tak heran jika kamu menginjakan kaki disini akan banyak sekali menjumpai fotografer yang sedang mengabadikan momen mereka melalui gambar, foto, serta video ketika sedang menikmati panorama alam satu ini.

21. Taman Tata Surya

Taman ini memiliki eplika delapan planet dalam susunan tata surya beserta lintasan orbitnya. Selain itu di tempat wisata ini juga mempunyai ruangan teater dan pemutaran film edukasi tiga dimensi tanpa kaca mata.

22. Jam Bentong Tenggarong

Jam Bentong

Jam Bentong adalah salah satu ikon dari kota Tengarong yang dimana berfungsi sebagai pusat untuk mendapatkan informasi parawisata (Tenggarong Visitor Center) di kabupaten Kutai Kartanegara dan di dalamnya terdapat segala informasi mengenai pariwisata Kukar, berupa booklet, brosur, kalender event, berbagai macam objek wisata di kukar.

Baca Juga : Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru Paling His Dan Populer

Demikian mengenai tempat wisata di Bontang semoga ini bisa menjadikan sebagai informasi untuk kamu yang sedang merencanakan untuk pergi berwisata ke Bontang. Terima Kasih

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *