21 Tempat Wisata di Berau Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Berau – Belum banyak yang tahu jika tempat wisata di Berau menyimpan keindahan alam yang menkajubkan. Bahkan masih terasa asing di telinga wisatawan domestik maupun mancanegara. Padahal pesonanya tidak kalah dengan destinasi di Lombok maupun Raja Ampat di Papua. Berau merupakan salah satu kebupaten di Provinsi Kalimantan Timur dengan sejuta pesona yang masih tersembunyi.

Deretan objek wisata di berau tidak boleh kamu abaikan, pasalnya ada beragam kegiatan parawisata yang bisa kamu lakukan, terutama kegiatan snorkeling. Salah satu destinasi unggulan di Berau yang selalu hits dikunjungi wisatan adalah Pulau Derawan, sebuah pulau yang telah dicalonkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005.

Baca Juga : Tempat Wisata di Ternate yang Paling Bagus Dan Hits

Selama ini Berau jarang terdengar wisatanya, namun ternyata Kabupaten ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam,pantai, Sejarah, Religi maupun Kuliener yang tak kalah dengan wisata Makassar, Palu ataupun Kabupaten besar lainnya. Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Berau yang paling indah dan di rekomendasikan untuk di datangi.

1. Danau Labuan Cermin

Danau labuan Cermin

Danau ini adalah sebuah danau yang berada di kec. Biduk biduk, Kab. Berau. Nah banyak sekali orang salah paham tentang keberadaan danau ini. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa danau ini berada di Balikpapan.

Selain itu juga danau ini terkenal kejernihan air nya yang sangat bening banget. Ketika kamu kesini pasti danau ini mirip seperti kaca, dan juga ranting ranting yang ada di dasar danau bisa terlihat sangat jelas sekali.

2. Kakaban Island

Kakaban Island

Pulau Kakaban merupakan pulau yang sangat indah dan juga mempesona, karena pulau ini memiliki nuansa yang sangat enak untuk dipandang mata. Selain itu juga Pulau ini memang menarik perhatian wisatawan mancanegara dengan beberapa keunikannya, salah satunya karena adanya danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban.

3. Pulau Kaniungan

Pulau Kaniungan

Pulau Kaniungan, memang belum banyak dikenal dikalangan wisatawan. Namun justru hal itu membuat kealamian yang ditampilkan pulau ini masih sangat terjaga, belum banyak tangan-tangan nakal yang menjamah keindahannya. Untuk bisa menikmati keindahan Pulau Kaniungan, wisatawan yang berangkat dari Tanjung Redeb melalui jalur darat menempuh perjalanan kurang lebih 5 hingga 6 jam menuju Kecamatan Biduk-Biduk.

4. Pantai Biduk-Biduk

Pantai Biduk-biduk

Pantai Biduk-Biduk merupakan pantai yang memiliki pasir yang putih. Suasananya masih sangat asri dan masih jarang pula orang berkunjung kesini. Bila beruntung, saat mengunjungi pantai ini, akan terasa seperti pantai pribadi.

Meski sepi, masih bisa ditemukan beberapa warung yang menjual makanan, sehingga pengunjung akan aman dari rasa lapar. Ada salah satu fakta unik dari warga Biduk-Biduk. Dengan desa yang berada di pesisir pantai, warga Biduk-Biduk justru 70 persennya bermata pencaharian sebagai petani.

5. Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki sebuah pantai yang indah dan juga memiliki luas 15,9 hektare, dan berada di Kepulauan Derawan, Kab. Berau. Selain itu, mempunyai satuan morfologi dataran pantai yang juga datar. Nah Pulau ini mempunyai lagon dangkal berdasar pasir dan ditumbuhi oleh karang dan lamun.

6. Danau Ubur-Ubur

Danau Ubur-Ubur

Danau ubur-ubur adalah danau laut yang terletak di pulau Eil Malk, Palau. Eil Malk adalah bagian dari Kepulauan Rock, sekelompok kecil, berbatu, sebagian besar pulau-pulau berpenghuni di Palau Lagoon Selatan, antara Koror dan Peleliu.

7. Maratua Island

Maratua Island

Pulau Maratua merupakan sebuah pulau yang sangat indah tentunya bisa bikin kamu terpesona. Pulau ini berada di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Nah Pulau ini adalah bagian dari wilayah pemerintah Kab.Berau, provinsi Kalimantan Timur.

8. Teluk Sulaiman

Teluk Sulaiman

Teluk Sulaiman merupakan sebuah tempat wisata yang bagus dan juga salah satu kampung yang berada di kec. Biduk-Biduk, Berau, Kalimantan Timur.

9. Pantai Asmara Talisayan

Pantai Asmara Talisayan

Berenang bersama hiu tutul atau shark whale memang menciptakan ketegangan sekaligus keasyikan bagi yang melakukannya. Di Indonesia, tempat untuk melakukan kegiatan seperti ini banyak. Salah satunya ada di Pantai Asmara, Berau.

10. Danau Telaga Biru

Danau Telaga Biru

Objek wisata ini memiliki ke unikan yang tidak dimiliki objek wisata lain, yaitu airnya yang jernih dan sebiru langit serta di penuhi bebatuan alam di dasar danau dan juga di kelilingi hutan yang masih alami.

11. Air Panas Asin Biatan

Air Panas Asin Biatan

Lokasi: Kampung Biatan, Kecamatan Biatan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

12. Air Terjun Pahlawan

Air Terjun Pahlawan

Nah wisata Air terjun pahlawan berlokasi: Tabalar, Kecamatan Tubaan, Kebupaten Berau, Kalimantan Timur

13. Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku

Beragam daya tarik yang ditawarkan oleh Kepulaan Derawan memanglah menggoda setiap para wisatawan, baik yang berasal dari Pulau Kalimantan maupun luar pulau untuk mengunjunginya. Mulai dari keindahan biota lautnya, pulau gusungnya yang menawan, Maratua Paradise Resort-nya yang bak Maldivesnya Indonesia hingga danau ubur-ubur tak menyengat yang berada di Pulau Kakaban.

14. Manimbora Beach

Manimbora Beach

Pulau Manimbora merupakan sebuah pulau yang memiliki pesona keindahan laut yang bisa membuat kamu lupa berkedip. Karena dari kejauhan saja bisa dilihat Pulau ini begitu cantik dan mempesona, dengan memiliki pantai pasir putih, dan juga teduh ditumbuhi banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi melambai-lambai, selain itu, langit cerah dengan awan-awan putih berarakan. Siapa yang bisa menolak untuk mampir ke pulau ini?

15. Bumi Bangun Lestari

Bumi Bangun Lestari

Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur 77352

16. Pulau Nabucco

Pulau Nabucco

Pulau Nabucco berlokasi: Kepulauan Nabucco, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Timur

17. Museum Gunung Tabur

Museum Gunung Tabur

Museum Gunung Tabur adalah sebuah peninggalan kerajaan Gunung Tabur yang berada di Kec.Gunung Tabur, Kab. Berau. Nah Museum ini diresmikan sekitar pada tahun 1992 dan ini terbagi menjadi 6 ruangan dan juga digunakan sebagai tempat penyimpan koleksi peninggalan kerajaan yang berjumlah sekitar 549 buah.

Baca juga : Tempat Wisata di Samarinda yang Paling Hits Banget

Demikian mengenai Tempat Wisata Berau nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

[Total: 0    Average: 0/5]
Alfian
Hobi membaca dan menulis travelling atau wisata. Aktif menulis di blog, media sosial, forum, dan berbagai platform penulisan lain di internet sejak tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *