Taman Nasional Baluran Situbondo, Pesona Padang Rumput Afrika

Taman Nasional Baluran – Taman Nasional Baluran adalah taman nasional yang memiliki luas area sekitar 25.000 hektar. Nah kamu jangan mengira bahwa taman nasional ini seperti taman lain yang berupa seperti hutan belantara. Selain itu, memang pada sebagian wilayahnya, taman baluran menyediakan juga tempat konservasi alam yang berupa sebuah hutan lindung.

Nah tetapi, wilayah utama wisata baluran merupakan sebuah hamparan padang rumput yang sangat luas sekali. Luas savana baluran ini mencapai sepertiga dari luas keseluruhn taman nasional, yaitu 10.000 hektar.

Taman Nasional Baluran Jawa Timur ini digadang-gadang mirip dengan savana yang berada di benua Afrika. Dan juga tidak lagi, rerumputan yang terbentang di sepanjang mata memandang, dan juga pohon-pohon dengan batang yang mekar akan terlihat satu dua di atas rumput, dan juga yang paling menyejukkan mata adalah pemandangan gunung baluran yang sangat tinggi.

Taman Nasional Baluran

Selain itu, Taman Nasional Baluran juga melindungi hewan-hewan padang rumput seperti banteng, kerbau, rusa, monyet berekor panjang, dan burung pemilik ekor panjang, burung merak. Selain itu, kamu juga bisa melihat keberadaan mereka yang sedang merumput di savana.

Sekali-sekali juga, sekawanan rusa akan melintasi pada kendaraanmu yang sedang melewati jalan. Pemandangan ini kerap kali dijumpai di padang rumput seperti ini. Seperti kamu sedang berada di Afrika.

Baca ini : Tempat Wisata di Situbondo Terbaru Paling Hits Dan Populer

Lokasi Wisata

Nah Letak Taman Nasional Baluran ini masuk di desa wonorejo, kecamatan banyuputih, kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Memang sebenarnya, kawasan baluran ini berada di perbatasan kab. Situbondo dan juga kab. Banyuwangi.

Selain itu, banyak orang yang menyebut Taman Nasional Baluran Situbondo, ada yang juga dengan menyebut Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Jadi secara sederhana, karena lokasi taman baluran ini lebih dekat ke Banyuwangi daripada kab. Situbondo sendiri.

Akses Menuju Ke Lokasi

Taman Nasional Baluran

Untuk Anda yang berada di luar provinsi Jawa Timur harus lebih dulu datang ke kota Surabaya. Dari Surabaya Anda bisa mengambil rute jalur pantai utara ke arah timur melewati kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan Banyuputih. Nah etibanya di Banyuputih maka kamu ambil jalan yang menuju ke Desa Bilik. Kemudian kamu lanjutkan perjalanan mu menuju ke Desa Wongosorejo, yang di tengah perjalanan ke desa ini nanti kamu ambil yang jalan belok kiri menuju ke visitor center.

Selain itu jika kamu berada di arah Jawa Timur, maka kamu dapat mengambil jalur Banyuwangi – Batangan – Bekol dan dengan jarak tempuh sekitar 47 km. Atau bisa juga mengambil rute dari Situbondo – Batangandengan dengan jarak 60 km. Jalan menuju ke Taman Nasional Baluran ini sangat nyaman karena sudah diaspal dan merupakan jalur lintas provinsi yang menghubungkan Bali, Banyuwani dengan kota Surabaya sehingga bagi Anda yang berada di kota-kota terdekat dapat mengakses dengan mudah.

Kemudian ketika kamu sesampainya di Bekol, untuk menuju pintu masuk Taman ini kamu akan melewati jalan aspal yang tipis sejauh kurang lebih 15 km sehingga disarankan bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil tidak menggunakan sedan, tetepai sebaiknya menggunakan SUV.

Bagian Wilayah Taman Nasional Baluran

Beberapa pembagian wilayah tempat wisata Taman Nasional Baluran adalah seperti keterangan di bawah ini.

Hutan Evergreen

Hutan Evergreen

Hutan Evergreen merupakan wisata hutan hijau yang juga merupakan sebuah bagian dari Taman Nasional Baluran. Selain itu, hutan ini memang sangat unik, dan juga dimana di kawasan ini ditumbuhi dengan tumbuh tumbuhan hijau yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai macam jenis kupu kupu cantik dan ayam hutan.

Hutan Musim Baluran

Hutan Musim Baluran

Pada musim penghujan, hutan ini akan terlihat rimbun dan menghijau, namun pada musim kemarau, hijaunya dedaunan tidak akan tampak, dan berubah warna menjadi kuning bahkan rontok, sehingga hutan musim akan didominasi warna coklat. Kawasan ini akan Anda lalui sejauh kurang lebih 5 kilometer.

Padang Rumput (Savana Bekol)

Padang Rumput

Padang rumput yang terbentang luas membuat mata memandang dengan perasaan begitu luar biasa. Hewan-hewan yang berkeliaran kesana kemari menjadi pemandangan indah tersendiri bagi pengunjung. Kamu dapat melihat padang rumput yang lebih jauh lagi dengan melalui menara pandang.

Karena dapat membantu kamu untuk melihat pemandangan dengan jarak lebih jauh. Untuk keadaan rumput di sini menyesuaikan dengan keadaan seperti pada hutan musim. Anda akan menjumpai rumput-rumput berwarna coklat dan gersang di musim kering, sedangkan pada musim hujan, rumput-rumput akan tumbuh subur.

Pantai Bama

Pantai Bama

Di Pantai ini kamu bisa berkeliling Taman Nasional Baluran menggunakan perahu yang disewakan yang ada di tepi pantai. Dengan berlayar ke laut yang lebih dalam Anda bisa snorkeling sambil menikmati keanekaragaman biota laut.

Selain itu, kam bisa merasakan sensasi menjelajah savana Afrika dengan mencoba trekking yang ada di padang savana. Saat kamu trekking di sini kamu harus berjalan kaki, dan bukan dengan SUV atau juga mobil. Hitung-hitung sekalian olahraga. Anda tak perlu khawatir dengan satwa yang ada di sini, karena bila mendengar suara mobil, mereka akan masuk kembali ke hutan.

Apa Saja Sih yang Dapat Dilakukan Disini?

Bagi kamu yang pecinta fotografi, maka disarankan untuk memulai perjalanan menyusuri Taman Nasional ini pada di pagi hari mulai pukul 4.00 atau 5.00 WIB pagi sehingga kamu bisa melihat sunrise yang indah di sela-sela kabut dan juga pepohonan. Selain itu, dijamin hasil foto kamu akan lebih bagus, ala fotografi landscape di Afrika.

Lalu lokasi yang bagus lain yang bisa kamu jadikan sebagai spot untuk melihat sunrise adalah Pantai Bawa. Di sekitar pantai ini terdapat kawasan konservasi dan hutan magrove yang sayang untuk dilewatkan. Harap berhati-hati saat berada di kawasan ini, karena ada banyak monyet berkeliaran yang siap mengambil kamera, dan barang bawaan Anda yang lainnya.

Hiking

Hiking

Hiking merupakan aktivitas mendaki gunung yang berada di Taman Nasional Baluran ini. Dalam Proses mendaki ini pengunjung akan ditemani oleh petugas yang khusus menangani aktivitas tersebut. Dalam perjalanan menuju area pendakian, pengunjung akan menjumpai pemandangan menarik dari sungai Kacip, Sungai dengan air yang sangat jernih.

Trecking

Trecking adalah aktivitas menelusuri dan menjelajahi hutan Baluran melalui jalan setapak. Melalui aktivitas ini pengunjung dapat menikmati warna warni Taman Nasional Baluran dengan flora dan fauna yang beragam. Untuk melakukan aktivitas ini memang ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu sepatu kets dan peralatan lainnya.

Birdwatching

Birdwacthing

Disini terdapat kurang lebih ada sekitar 180 jenis burung yang terdapat di Taman Nasional Baluran. Terdapat sebuah menara yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melihat burung burung di alam liar. Selain itu, Baluran memang menjadi sebuah tempat observasi burung terbaik yang ada di Indonesia.

Penginapan Taman Nasional Baluran

Bagi Anda yang datang dari luar kota atau provinsi atau Anda yang berniat melakukan perjalanan backpacker ke Taman Nasional Baluran, Pantai Bama menyediakan penginapan. Untuk penginapan yang ada di Pantai Bama ini berada di sekitar hutan mangrove. Kamu bisa menikmati suasana pantai yang indah dengan cara menyewa salah satu kamar di penginapan yang ada.

Nah untuk penginapan yang ada di Taman ini selain tidak hanya di Pantai Bama saja. Kamu juga bisa menemukan penginapan lain yang ada di kawasan padang savana bekol. Untuk total penginapan yang ada di taman ini ada sekitar 5 penginapan. Dan 3 penginapan yang berada di padang rumput savana danjuga 2 lainnya berada di Pantai Bama. Kamu bisa memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Menjungungi Taman Nasional Baluran

Baluran

Nah untuk waktu yang terbaik mengunjungi Taman Nasional Baluran adalah bulan Maret sampai dengan bulan Agustus. Antara bulan Juli sampai Agustus, Anda bisa menyaksikan perkelahian antar rusa, para monyet yang berburu kepiting, dan tarian burung merak. Bagi Anda yang ingin berkemah, di sini juga disediakan camping ground oleh pihak pengelola.

Oh iya, di sini juga sudah terdapat kamar mandi dan instalasi air yang baik. Anda dilarang untuk mengganggu, merusak, mengambil, atau berburu flora dan fauna yang ada di sini. Disarankan bagi Anda untuk membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri, karena tidak ada fasilitas khusus untuk kuliner.

Biaya Masuk Taman Nasional Baluran

Baluran

Nah untuk biaya masuk Taman ini bermacam-macam, tergantung sesuai dengan situasi kondisi dan juga berdasarkan asal wisatawan. Selain itu, biaya parkir juga diperhitungkan. Nah berikut rincian biaya masuk yang dipungut di Taman Nasional Baluran.

Harga tiket masuk pada hari biasa (hari biasa terhitung mulai hari senin hingga hari jum’at). Pengunjung domestik / wisatawan lokal : Rp.15.000 sedangkan Wisatawan manca negara : 10 kali lipat, yakni Rp. 150.000

Tarif parkir untuk hari tersebut 

Pengendara roda 2 : Rp. 5.000, Pengendara roda 4 : Rp. 10.000 dan Pengendara roda 6 (bus) : Rp. 50.000. Harga tiket masuk weekend atau hari libur (tanggal merah) Wisatawan lokal : Rp. 17.500 sedangkan Wisatawan manca negara : Rp. 225.000

Baca ini : Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Keindahan Taman Nasional Baluran nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *