Pantai Gatra Malang yang Indah Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Wisata Pantai Gatra Kawasan Kota Malang memiliki potensi keindahan wisata yang luar biasa. Selain udaranya yang sejuk, kenyamanan di Kota Malang ini sangat bisa dirasakan wisatawan lokal maupun manca negara yang berkunjung ke Kota ini. Ooh ya, jika kamu memang menyukai wisata alam, salah satu wisata alam yang bisa Anda kunjungi di Malang adalah Pantai-Pantai di daerah Malang Selatan, karena pesona pantai yang masih sangat jernih dan alami bisa Anda nikmati disana.

Pantai Gatra ini masih belum banyak dikenal wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang karena masih terbilang baru yakni dibuka sekitar tahun 2014an. Meskipun pantai ini terbilang baru namun pantai ini tak kalah dengan pantai-pantai andalan di Jawa Timur lainnya. Lokasi pantai yang berada di kawasan Mangrove ini menambah keeksotisan pantai yang masih sangat alami dan bersih sehingga semakin memanjakan mata para penikmat alam yang berkunjung ke Malang.

Pantai Gatra

Keindahan Pantai Gatra

Pantai ini memang merupakan satu pantai yang indah di Malang Selatan. Keberadaan pantai Gatra di Malang ini akan mengingatkan wisatawan dengan Raja Ampat Papua Barat yang terkenal itu. Kok bisa? Karena pantai ini memiliki beberapa pulau karang yang berwarna hijau di pantainya. Hal ini jugalah yang menyebabkan ombak di tepi pantai tidak terlalu besar sehingga wisatawan bisa beraktivitas di pantai dengan lebih leluasa. Nah keunikan Pantai Gatra yaitu pantai yang masih merupakan wilayah konservasi yang sangat dilindungi lho.

Hal ini membuat para wisatawan tidak bisa sembarangan membuang sampah. Di loket masuk, bahkan barang bawaan wisatawan akan didata, yaitu barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah. Dan saat keluar, sampah-sampah itu memang harus dicek lagi. Dengan demikian kebersihan pantai akan sangat terjaga. Keindahan Pantai ini memang masih sangat alami. Pasir pantainya berwarna putih akan terlihat mempesona dengan air laut yang berwarna biru. Ditambah pepohonan hijau yang terlihat sangat asri dan menyejukkan mata.

Keindahan Pantai Gatra

Aktifitas Menarik di Pantai Gatra

Pantai Gatra adalah pantai yang lebih tenang ombaknya, nah sehingga wisatawan bisa lebih bebas beraktivitas. Selain itu, jika dibandingkan dengan Wisata Goa Cina, pengunjung di Pantai Gatra ini dapat melakukan lebih banyak kegiatan seru, contohnya seperti di bawah ini.

1. Menikmati keindahan pantai

Kegiatan seru di Pantai Gatra yaitu kamu bisa menikmati keindahan pantai. Pantai Gatra memang disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat ini tentu akan menjadi Spot Foto yang bagus di Malang dan juga yang menarik bagi para wisatawan.

2. Berenang di pantai

Seperti yang dijelaskan di atas, pantai ini memiliki ombak yang relatif lebih tenang dari sebagian besar pantai Malang Selatan lainnya. Nah dengan hal ini dikarenakan keberadaan pulau-pulau karang yang ada di sekitar bibir pantai yang membantu meredam ombak yang akan datang. Nah dengan begitu memungkinkan pengunjung bisa berenang di pantai dengan lebih leluasa dan cukup aman.

3. Olahraga pantai

Karena kawasan Pantai ini memiliki pantai berpasir yang cukup luas, Anda yang suka melakukan olahraga pantai tentunya bisa membawa peralatan sendiri dari rumah untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Misalnya dengan membawa bola voli untuk bermain voli pantai.

4. Camping

Pantai Gatra adalah salah satu tempat Camping yang berada di Pantai Malang Selatan yang direkomendasikan. Ada beberapa wisatawan yang sudah membuktikannya dan memang menarik untuk bermalam di pantai yang masih sepi tersebut.

5. Jelajah hutan mangrove

Di Pantai Gatra dan juga Clungup terdapat hutan mangrove yang pastinya bisa kamu jelajahi. Mungkin kamu yang tertarik bisa melewati kawasan Mangrove Clungup pada saat trekking. Hutan mangrove ini juga merupakan hutan yang dilindungi. Hutan mangrove ini sangat alami dan sangat memanjakan mata.

Wisata Pantai Gatra

Lokasi Pantai Gatra

Pantai Gatra terletak di kawasan Malang Selatan. Lebih tepatnya berada di Dusun Sendangbiru, Desa Sitiharjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk mencapai pantai ini, Anda bisa mengambil arah ke Turen untuk menuju ke Pantai Sendangbiru. Di sepanjang perjalanan memang ada penunjuk jalan, jadi lebih mudah.

Dari kawasan Sendangbiru, tujulah ke arah Pantai Clungup atau Pantai Tiga Warna. Dari puntu masuk, akan ada jalan setapak yang kini sudah dipaving. Tetapi jalan paving itu tidak sampai di bibir pantai dan juga kemudian akan dilanjutkan dengan jalan setapak yang berbatu lho. Nah kurang lebih kamu harus berjalan kaki 400 sampai 500 meter untuk bisa sampai di bibir pantai.

Tips Wisata

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi miniatur dari Raja Ampat Papua ini untuk kegiatan liburan Anda, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai tips wisata pantai.

  1. Selalu bawa baju ganti karena berwisata di Pantai Gatra ini kamu bisa membuat baju basah, dan juga karena memang pantai ini memungkinkan kamu untuk berbasah-basahan dalam menikmati keindahan alamnya.
  2. Gunakanlah sandal trekking yang nyaman karena kamu memang perlu berjalan kaki terlebih dahulu untuk melewati Pantai Clungup dan jua hutan mangrove sebelum sampai ke Pantai Gatra.
  3. Bawa bekal makanan atau camilan serta minuman sendiri. Walau ada warung yang bisa digunakan untuk membeli makanan, lebih baik bawa makanan sendiri untuk berjaga-jaga.
  4. Hindari membuang sampah sembarangan karena pantai ini masih sangat bersih dan diharapkan wisatawan tidak mengotorinya.

Baca Juga : Tempat Wisata Pantai di Malang Paling Bagus Dan Hits

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk yaitu Rp 10.000 per orang dan juga Rp 10.000 lagi untuk setiap kendaraan yang diparkirkan. Sedangkan untuk persewaan kano, sudah dijelaskan di atas harganya adalah Rp 25.000.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Pantai Gatra Malang yang indah dan mempesona untuk dikunjungi saat berlibur di Jawa Timur. Selamat Berlibur Kawan-kawan

[Total: 0    Average: 0/5]
Alfian
Hobi membaca dan menulis travelling atau wisata. Aktif menulis di blog, media sosial, forum, dan berbagai platform penulisan lain di internet sejak tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *