Pantai Coro Tulungagung

Pantai Coro Tulungagung – Tulungagung memang belum begitu populer di kalangan wisatawan. Tetapi Tulungagung ternyata menyimpan berbagai wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu ,pantai Popoh yang indah dan masih ada lagi pantai indah yang tersembunyi dan belum banyak terjamah wisatawan yaitu pantai Coro.

Pantai Coro adalah Pantai yang sangat indah yang berada di pesisir selatan wilayah Kab. Tulungagung. Meski dikenal dengan Pantai Coro, dalam bahasa Jawa, Pantai Kecoak, tetapi nggak akan ada yang menyangka jika destinasi wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Tulungagung ini sangat indah.

Pantai Coro

Menurut penduduk disekitar Pantai Coro, bahwa belum ada penjelasan mengenai asal-usul tentang pemberian nama dari Pantai tersebut. Namun menurut sebagian warga yang ada, nama tersebut hanya penyebutan sakarepe dari warga saja.

Baca juga : Tempat Wisata di Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Pesona Keindahan

Pantai Coro

Pantai Coro terlihat sangat menawan dengan adanya pemandangan yang indah dari laut yang berwarna biru serta ada juga hamparan pasir putih yang membentang luas di sepanjang garis pantai, juga ditambah dengan adanya tebing-tebing yang sekaligus menjadi pembatas pantai ini juga menjadikan pemandangan Pantai Coro semakin eksotis.

Pantai ini masih juga bisa dibilang masih perawan, Namun meski pun begitu, saat ini sudah ada banyak wisatawan yang mendatangi tempat ini sebagai tujuan berwisata.

Banyaknya wisatawan yang datang juga diharapkan untuk tetap memiliki kesadaran supaya tetap dapat menjaga keasrian serta kebersihan pantai ini supaya keindahan dari pantai ini tetap dapat kita nikmati dan secara terus menerus.

Selain itu, keindahan pasir putih dimanfaatkan wisatawan untuk bermain pasir. Biasanya membangun sebuah kerajaan atau juga mengeruk sesuatu dengan alat berat yang berasal dari mainan.

Pasir putih ini memang sangat disukai oleh anak-anak. Jadi, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke sini dan membawa permainan yang disukainya.

Selain bermain, wisatawan juga bisa memanfaatkan pasir ini untuk beolahraga. Main voli misalnya atau olahraga lain yang bisa menyatu dengan pasir pantai. Selain disambut dengan pasir, wisatawan juga akan disambaut dengan ombak pantai, air lautnya sangat bersih dan memiliki warna kehijauan.

Karang-Karang Indah

Pantai Coro

Nah dengan adanya karang-karang disini maka semakin menambah daya tarik dari kawasan ini. karang ini berjajar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh wisatawan.

Sehingga, dari sudut manapun, karang ini akan terlihat esoktis di kamera pada akhirnya. Namun, ada yang perlu diingat bahwa karang-karang ini cukup tajam.

Jadi, wisatawan harus berhati-hati agar tidak mengenai kaki. Bisa-bisa terluka dan berdarah. Apabila terkena air asin, bisa jadi infeksi. Jadi, alangkah baiknya jangan mendakati.

Sebelum mereka naik tingkat menjadi seorang profesional dan sudah mengerti tentang seluk beluk pantai. Ada satu karang yang mampu digunakan sebagai tempat untuk menyendiri.

Pantai Coro

Dimana, banyak sekali wisatawan yang galau sehingga dibutuhkan waktu untuk sendri. Terpaan hembusan angin membuatnya rileks dan tenang. Perlahan masalah yang menumpuk tersebut akan berubah menjadi sebuah inspiasi.

Karang-karang ini berdiri menjulang kokoh sehingga membentuk dua tebing yang mengakibatkan pantai ini seolah-olah memilki sebuah pembatas.

Dimana, pembatas ini sering digunakan sebagai titik spot foto yang nemarik. Di kawasan ini telah tertulis beberapa himbauan bagi wisatawan untuk menjaga kebersihan pantai. Sungguh sangat menyenangkan bila kawasan pantai terawat dengan baik.

Bersih, asri, sehingga nenambah keinginanan orang untuk datang ke kesini. Jadi, di sekitar pantai sudah ada beberapa kantong sampah yang berfungsi agar wisatawan tidak membuang sembarangan.

Akses Menuju Pantai Coro

Pantai Coro

Nah untuk medannya sendiri bisa dikatakan relatif mudah karena Medan yang harus dilalui memang tidaklah begitu ekstrim meski begitu anda harus melewati wilayah perbukitan.

Tanjakan serta beberapa area perkebunan warga yang cukup mudah dilalui kendaraan Dari alun alun kota Tulungagung, anda bid\sa menuju ke arah selatan selatan sejauh sekitar 35 km.

Di daerah tersebut memang telah agak sepi dari kendaraan umum yang mengangkut penumpang serta barang yang melintas di sini. Selain itu, untuk bisa melihat pesona keindahan Pantai Coro, satu satunya yaitu kendaraan yang bisa kamu andalkan adalah kendaraan pribadi atau juga kendaraan yang kamu sewa.

Nah untuk bisa tiba di Pantai Coro maka para wisatawan bisa pergi menuju ke Pantai Popoh terlebih dahulu.

Setelah itu, selanjutnya menuju ke arah Reco Sewu, setelah kamu tiba di Reco Sewu maka kamu bisa memarkirkan kendaraan kamu di sana. Dan kemudian kamu melanjutkan perjalanannya ke Pantai Coro.

Untuk menempuhnya bisa menggunakan, naik motor trail dan juga dengan berjalan kaki memakan waktu sekitar 30 sampai 40 menit dengan jarak tempuh sekitar 3 km.

Lokasi : Pantai Coro berlokasi di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Penginapan di Pantai Coro 

Pantai Coro

Nah bagi anda yang sudah memiliki rencana untuk menginap maka anda pun harus siap dengan peralatan tenda dan juga tentunya beberapa peralatan penunjang lainnya , karena di empat ini belum ada penginapan yang bagus , dan jika ada itu pun masih jauh.

Namun jangan khawatir karena pengalaman menginap and disini tentunya sangat menyenangkan , pantai coro pada saat sore hari begitu eksotis dengan hamparan ombak yang bisa menenangkan hati siapa saja yang mendengarnya.

Kuliner yang ada di Pantai Coro 

Pantai Coro

Nah anda tidak perlu khawatir jika nanti pada saat ke pantai ini akan kelaparan dan kehausan , karena sepanjang jalan mnuju pantai ini sudah banyak sekali pedagang yang menjajakan dagan mereka di tenda tenda kecil di sekitar patai.

Nah anda bisa menikmatinya tapi dengan syarat harus membawa kembali sampah yang anda hasilkan karena tempat ini akan tetap indah jika bersih dan harus kita yang memulainya dari sekarang.

Fasilitas di Pantai Coro 

Pantai Coro

Dikarenakan masih baru ditemukan maka fasilitas pun juga belum ada, hanya ada kamar mandi (WC) yang terbuat dari terpal dan untuk buang air kecil anda akan dikenakan biaya Rp. 2.000. Dengan berbagai keindahan tadi maka tak ada salahnya jika anda menjadikan Pantai Coro ini sebagai salah satu daftar destinasi wisata yang akan anda kunjungi bersama orang orang tersayang.

Harga Tiket Masuk

Meskipun sebenarnya tidak tidak terdapat tiket untuk masuk Pantai Coro, akan tetapi dikarenakan letak lokasinya yang berada disebelah timur dari pantai Popoh dan juga pantai Reco Sewu maka anda akan dikenakan biaya masuk yang cukup teerjangkau yaitu Rp. 5.000 per orang .

Jika biasanya tiket masuk sudah termasuk juga dengan tiket parkir , maka berbeda dengan yang ada di Pantai Coro dan pantai Popoh ini , karena anda akan dikenakan parkir sebesar Rp. 5.000 untuk sepeda motor serta Rp. 10.000 untuk parkir mobil.

Baca ini : Tempat Wisata di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Pantai Coro Tulungagung nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *