10 Makanan Khas Wonosobo Terkenal Paling Enak Dan Lezat

Kuliner Wonosobo Siapa sih yang gak kenal daerah Wonosobo? hayo ngaku? hehe yang pastinya kalian semua jelas tahu dong, jadi wonosobo adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang letaknya berbatasan langsung dengan kota Temanggung dan sangat kondang akan objek wisata dataran tingginya yakni Dieng.

Nah tetapi tak cuma daerah Dieng saja lho, kabupaten Wonosobo juga banyak sekali akan wisata dimana salah satunya adalah makanan khasnya. Sejumlah makanan khas dari Wonosobo ini terkenal sangat lezat banget terus bagi yang laper ada plusnya hehehe, karena hal tersebut dikarenakan kulinernya diracik dengan ramuan resep yang siap memanjakan lidah dan pokoknya yahh membuatmu bikin ketagihan pengen nyoba lagi tetntunya.

Selain tak hanya enak, ada beberapa makanan tradisional dari kabupaten di Jateng tersebut juga cocok disantap bersama minuman hangat di tengah udaranya yang bersuhu dingin brbrr. Mungkin jadinya kamu panasaran kan? apa saja makanan tradisional yang menjadi ciri khas daerah Wonosobo? Ayoo simak berikut dibawah ini ya guys.

1. Kue Pepe

Kue Pepe

Kalo yang pertama itu adalah kue pepe, mungkin kamu baru denger kan? Jadi kue pepe ini melainkan hanya sejenis buah yang mirip seperti pepaya namun berukuran lebih kecil dan hanya ditemukan di Wonosobo saja.

Makanan ringan ini juga termasuk oleh-oleh andalan yang bisa kamu bawa pulang lho dan dimakan dirumah. Terus jika ingin berburu penganan tersebut, silahkan datang ke Pabrik Carica Sumbing di jalan Kertek-Parakan Km.08, Rece,Wonosobo.

2. Mie Ongklok

Nah jika kamu berkunjung ke Wonosobo, tentunya belum lengkap rasanya kalau kita tidak mencicipi makanan khas bernama mie ongklok yang terkenal sejak lama ini. Mie ongklok merupakan salah satu jenis masakan tradisional yang bahannya terbuat dari mi, sayur kol, kubis, daun kucai dan juga kuah kacang kental.

Jadi cara membuat mie ongklok sendiri bisa dibilang sangat tradisional dan cukup unik dimana untuk merebusnya masih menggunakan keranjang bambu. Dan salah satu warung yang memberikan citarasa terlezat hingga saat ini adalah Mie Ongklok Longkrang di jalan Pasuka Ronggolawe No.14, Wonosobo.

3. Dendeng Gepuk

Dendeng Gepuk

Selanjutnya yah salah satu kuliner yang juga sangat wajib kamu dicicipi saat berkunjung ke Wonosobo adalah Dendeng Gepuk. Dendeng Gepuk merupakan salah satu masakan tradisional berbahan utama olahan daging sapi.

Ooh ya rasanya yang manis dan juga gurih juga lho biasanya paling nikmat bila disantap bersama nasi putih serta dibalut sambal bajak. Dan salah satu tempat yang terkenal akan kuliner ini adalah Dendeng Tivi di jln.Bismo No.21.

4. Carica

Carica

Buah yang memiliki rasa asam manis ini kerap diolah menjadi beraneka macam olahan lezat seperti manisan, keripik dan lainnya oleh warga sekitar Wonosobo.

Makanan ringan ini juga termasuk oleh-oleh andalan yang bisa kamu bawa pulang lho. Dan jika ingin berburu penganan tersebut, silahkan datang ke Pabrik Carica Sumbing di jalan Kertek-Parakan Km.08, Rece,Wonosobo.

5. Tempe Kemul

Tempe Kemul

Jadi tak hanya cocok buat dijadikan sebagai cemilan, kuliner berbahan utama tempe yang mirip seperti mendoan ini juga mantap untuk dijadikan hidangan pendamping makanan berat seperti mie ongklok. Selain tempe, cemilan ini bahannya juga terbuat dari campuran tepung beras, gandum serta racikan bumbu seperti kunyit serta daun kucai.

6. Keripik Jamur

Keripik Jamur

Olahan kuliner yang terbuat dari jamur tersebut kini sudah menyebar hampir ke seluruh kota di Indonesia tak hanya Wonosobo saja namun juga Jakarta, Bandung dan lainnya.

Bila dahulu jamur diolah menjadi makanan basah tapi seiring berkembangnya inovasi dunia kuliner, maka bahan tersebut pun dimodifikasi menjadi cemilan kering.

Nah, bila kamu ingin berburu camilan satu ini, toko oleh-oleh bernama Candi Dieng MHS di jln.Sambek No.247 adalah tempat paling tepat.

7. Cenil

Cenil merupakan jajanan tradisional berwarna-warni, bertekstur kenyal dan memiliki rasa gurih serta manis karena dipadukan dengan kelapa parut juga gula aren.

8. Sagon

Sagon

Makanan tradisional rekomendasi selanjutnya terbuat dari campuran tepung sagu, gula serta parutan kelapa yang kemudian dimasak menggunakan kayu bakar atau arang. Makanan tersebut paling banyak ditemui di pasar Induk Wonosobo dan biasanya harganya dipatok sekitar Rp.2.000-Rp.5.000/kuenya.

9. Geblek

Geblek

Nah jika kamu mendengar nama makanan khas satu ini mungkin sangat aneh ya, tapi jangan salah Geblek tersebut rasanya sangat nikmat lho. Dalam bahasa Jawa,

Geblek ini juga disebut Lekuk. Bentuk makanan kecil ini sebenarnya tak jauh beda dari cireng atau aci goreng, karena bahan utamanya juga sama yakni tepung pati singkong.

Kalo berbicara soal rasa, Geblek Mbah Parno di Puntuksari adalah tempat paling terbaik. Usaha legendaris ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Selain enak, harga pun terjangkau yakni berkisar 25 ribu untuk 50 buahnya.

10. Kacang Dieng

Kacang Dieng

Makanan ringan yang berbahan dasar kacang koro ini mempunyai rasa cukup unik dan dimana ada rasa renyah dan juga gurih yang sangat nikmat. Penganan tersebut juga cocok untuk dijadikan sebagai cemilan ataupun hidangan buat tamu.

Dan juga satu tempat yang terkenal akan kenikmatannya yaitu Candi Dieng MHS di jln Sambek No.247. Di lapak tersebut, harga kacang dieng sendiri hanya dibanderol sekitar Rp.20.000 / bungkus. Bagaimana? kayaknya gurih dong.

Baca Juga : Tempat Wisata di Wonosobo Paling Indah Dan Hits

Itulah beberapa makanan khas Wonosobo bagi anda pecinta wisata kuliner di Wonosobo jangan lupa untuk menikmati beberapa makanan khas Wonosobo di atas, masih banyak menu makanan lain yang ada di Wonosobo.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *