5 Makanan Khas Wonogiri Paling Enak Dan Murah Meriah

Halo sobat mungkin kamu yang sedang membaca artikel ini untuk mencari informasi mengenai kuliner atau makanan khas daerah yang berada di indonesia kan? dan tentu kamu nyasar dan akhirnya menemukan artikel yang cocok yang membahas tentang makanan khas wonogiri.

Nah disini kami akan memberikan daftar mengenai makanan khas Wonogiri ini adalah yang jenis makanan ringan atau camilan. Selain itu, olahan makanan itu juga adalah daftar oleh-oleh yang harus diburu ketika mengunjungi Wonogiri.

Baca Juga : Tempat Wisata di Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

1. Geti Wijen

Geti Wijen

Untuk Camilan yang pertama ini memiliki tekstur yang renyah, terus agak keras dan juga lengket. Selain itu untuk cita rasa dari camilan ini sangat manis lho. Geti yang adalah camilan khas Wonogiri yaitu olahan makanan yang berbahan dasar buah wijen. Dan untuk bentuk dari geti biasanya kotak atau bulat. Maka hal yang paling istimewa dari geti sendiri bisa bertahan lama, meskipun tanpa kandungan pengawet sama sekali lho.

2. Emping

Emping

Emping adalah sebuah makanan olahan khas indonesia yang sejenis dengan kerupuk. Tetapi dalam sudut pandang masyarakat setempat, emping memang sangat berbeda jauh dari kerupuk lho. Namun sama-sama sering dijadikan sebagai lalapan dalam pendamping makanan Indonesia. Selain itu untuk cita rasanya yaitu manis dan lumayan terasa pahit. Dan tekstur dari emping sangat tipis dan juga renyah.

Nah kalo cara pembuatannya dari emping pun hampir sama dengan cara mengolah kerupuk. Jadi dalam bahan utama pembuatan emping yaitu buah melinjo. Buah tersebut ditumbuk dan dihancurkan terlebih dahulu hingga halus. lalu dijemur langsung di bawah sinar matahari hingga kering.

Emping memang sudah menjadi makanan favorit bagi masyarakat wonogiri dan juga daerah lainnya terutama di jawa. tetapi tidak semua orang bisa memakan emping secara bebas dan hanya yang mempunyai kondisi tekanan darah normal. Karena biji melinjo mengandung senyawa yang bertolak belakang dengan kondisi tekanan darah tinggi dan rendah, maka setelah makan emping terasa pusing. Tapi admin suka banget sama makanan ini nih hehe.

3. Tempe Besengek

Tempe Besengek

Tempe besengek adalah sebuah makanan tradisional yang berbahan dasar dari tempe benguk. Jika dilihat dari segi penampilan memang tempe ini tidak ada indah indahnya, berwarna coklat dan berlapiskan putih santan.

Selain itu, Besengek memang makanan khas daerah Wonogiri dengan bahan dasar tempe kara. Lalu diolah bersama dengan irisan cabe, sehingga mempunyai cita rasa pedas. Dan masyarakat setempat biasanya menyajikan tempe besengek dibungkus dengan daun pohon jati.

4. Kacang Mete Wonogiri

Kacang Mete Wonogiri

Nah makanan ringan ini mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan juga baik untuk kesehatan tulang lho. Kacang mede merupakan olahan yang berbahan dasar biji buah jambu mede. Jadi dalam buah jambu mede sendiri mengandung zat besi, fosfor, zinc dan magnesium. Semua kandungan yang terdapat pada biji buah jambu mede sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, rambut, tulang, gigi dan kulit.

Manfaat lain dari biji buah jambu mede yaitu dapat menambah energi dan mengontrol lemak sehingga dapat menjaga berat badan. Selain mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, rasa dari kacang mede juga sangat enak. Tekstur kacang memang agak begitu keras, namun terasa sangat renyah ketika dimakan.

5. Lentho

Lentho

Camilan merupakan makanan yang tergolong ke dalam makanan kuno yang masih bertahan hingga kini. Dan bahan dasar dari pembuatan Lentho yaitu kacang tholo dan juga tepung singkong atau singkong yang telah dihaluskan. Selain itu untuk cara pengolahannya cukup mudah, semua bahan dicampur menjadi satu dan juga ditambahkan dengan ketumbar dan juga sedikit garam. Dan setelah itu adonan dibentuk bulat dan digoreng.

Baca Juga : Tempat Makan di Ancol Paling Keren Dan Mantap

Demikian mengenai makanan khas wonogiri semoga bisa menjadikan referensi anda ketika mau berlibur ke wonogiri dan membeli makanan khas daerah tersebut untuk dibawa pulang ke rumah.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *