6 Makanan Khas Sumbawa Paling Enak, Lezat Dan Sedap

Ketika kita sedang berbicara mengenai kuliner yang ada di Indonesia memang tidak ada habisnya ya guys, jadi mengingat hampir setiap daerah mempunyai makanan khas dengan cita rasa yang begitu enak. Sumbawa memang menjadi salah satu daerah yang menyimpan makanan khas sumbawa yang tidak boleh dilewatkan. Kuliner Sumbawa memang joss.

Selain itu, selain mempunyai potensi wisata yang mengagumkan Sumbawa juga mempunyai makanan khas yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi bagi kamu yang sedang berlibur atau singgah di Sumbawa sangat sayang sekali jika tidak mencoba makanan-makanan khasnya.

1. Gecok

Gecok

Nah mungkin bagi kamu yang sudah pernah berkunjung ke Sumbawa pasti sudah mendengarkan makanan khas yang satu ini. Apa itu? Gecok adalah makanan khas sumbawa yang sangat terkenal, Dan sangat terkenal nya makanan ini kamu dapat menjumpainya di hampir setiap rumah makan. Gecok sendiri adalah kuliner Sumbawa yang terbuat dari jeroan daging dan hati sapi.

Selain itu, biasanya Gecok dihidangkan dengan cara dibalut dengan menggunakan parutan kelapa. Dan untuk bumbu yang dipakai pelengkap yaitu tumisan segar asam yang semakin menambah kesan garing dan renyah. Makanan ini sering dihidangkan untuk menu sehari-hari oleh masyarakat Sumbawa.

2. Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang

Nah Ayam bakar ini berasal dari kecamatan Taliwang atau Ibu Kota dari Kabupaten Sumbawa Barat. Jadi sebenarnya sekilas ayam bakar ini hampir sama dengan ayam bakar pada umumnya. Meski begitu, ada perbedaan yang membuat ayam bakar khas Taliwang ini sangatlah terkenal.

Baca Juga : Makanan Khas Kendari Paling Enak

Selain itu, salah satu perbedaan ayam bakar Taliwang dengan ayam bakar pada umumnya yaitu dari rasa bumbunya yang begitu khas lho. Jadi ayam bakar Taliwang ini mempunyai rasa pedas dan juga sedikit asam. Selain itu, biasanya makanan khas dari daerah Sumbawa ini memang disajikan dengan menggunakan sambal yang pedas manis.

3. Rujak Lanang

Rujak Lanang

Bagi kamu yang demen banget makanan pedas, makanan khas daerah Sumbawa yang satu ini bisa jadi pilihan kamu. Karena dengan berbeda dengan rujak-rujak pada umumnya, kuliner yang satu ini terbuat atau berbahan dasar kacang panjang. Selain itu yang harus kamu ketahui bahwa nama kacang panjang sendiri dalam bahasa sumbawa sering disebut dengan istilah lanang.

Jadi sehingga tidak heran jika rujak yang satu ini sering disebut dengan rujak lanang. Nah bagi yang sedang berkunjung ke Sumbawa pastikan untuk mencoba kuliner khas yang satu ini ya guys. Selain mempunyai rasa yang enak, rujak ini juga menyehatkan karena terbuat dari bahan alami.

4. Pelu

Pelu

Makanan khas ini juga sering dihidangkan sebagai makanan pelengkap adalah Pelu. Bagi kamu yang sedang jalan-jalan ke Sumbawa akan menemukan berbagai macam pelu yang masing-masing terbuat dari bahan dasar yang berbeda. Ada beberapa macam pelu yang bisa Anda temukan seperti pelu raras, pelu lanang, pelu antap, pelu nangka dan lain sebagainya.

5. Sepat

Sepat

Kuliner ini adalah menu yang cukup populer bagi masyarakat Sumbawa. Masakan tradisional ini umumnya disajikan ketika berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Cara membuat makanan Sepat kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti ikan, ayam atau udang yang dimasak dengan cara dibakar.

Dan juga sedangkan untuk bumbunya sendiri terbuat dari bahan tambahan seperti bawang merah, cabai, terong, dan juga tomat. Biasanya untuk menambah cita rasa asam pada kuahnya, masyarakat setempat sering menambahkan asam jawa, belimbing atau mangga. Bagi Anda yang penasaran, bisa mencobanya sendiri di rumah.

6. Goreng Nangka

Goreng Nangka

Goreng nangka merupakan sebuah masakan berkuah yang menjadi masakan khas daerah Sumbawa, dengan menggunakan daging dan juga tulang ternak (sapi, kerbau, kambing atau rusa) dan serta buah nangka muda sebagai bahan utamanya. Untuk masakan goreng nangka ini menjadi sajian utama dalam setiap acara pesta adat daerah Sumbawa seperti pada acara pernikahan, dan lainnya.

Baca Juga : Makanan Khas Wonogiri Paling Lezat

Demikian mengenai makanan khas Sumbawa yang tidak boleh kamu lewatkan. Dan menu-menu yang sudah disebutkan diatas wajib kamu coba ketika berkunjung ke Sumbawa. Selain lezat dan enak juga, menu tersebut jarang sekali kamu temukan di daerah lainnya.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *