10 Makanan Khas Sumatera Paling Enak Dan Bikin Menggoda

Apa kabar semuanya? pada pembahasan ini kami akan mengulas beberapa makanan yang enak dan lezat tentunya bikin kalian ketagihan jika anda mencicipinya, jadi makanan khas sumatera lah yang akan saya bahas kali ini. Di sumatera memang banyak sekali wisata yang indah dan juga mempesona karena sumatera merupakan salah satu wilayah yang banyak pegunungan yang indah.

Selain itu jika kamu sedang berkunjung ke sumatera dan tidak mencoba makanan khas sumatera maka kamu akan merasa menyesal, kok bisa? ya benar, masa sih sedang berada di sumatera tidak mencoba makanan khas nya, aneh kan hehe. Jadi ada beragam makanan khas sumatera yang sudah cukup pupuler dan juga bisa memanjakan lidah kamu.

Baca Juga : Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak Dan Lezat

Berikut dibawah ini daftar rangkuman mengenai makanan khas sumatera yang paling enak dan lezat:

1. Kacimuih

Kacimuih

Kacimuih merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong tetapi makanan ini dapat menghasilkan rasa yang cukup berbeda dan tentunya juga enak lho. Jadi dalam proses pembuatannya makanan ini bahan yang digunakan singkong, gula dan juga parutan kelapa.

Jadi bentuknya memang sederhana karena parutan kelapa ditumbuk dengan ketela pohon dan gula. Dan untuk rasanya jangan perlu tanya karena sudah jelas sangat enak dan bikin menggoda.

2. Rendang

Rendang

Rendang adalah masakan daging yang bahan dasarnya yaitu bumbu rempah-rempah. Dan masakan ini proses memasak dengan cara dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan sampai kuahnya kering sama sekali.

Untuk proses memasaknya memakan waktu berjam-jam hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu.

3. Lemang

Lemang

Lemang adalah sebuah makanan tradisional yang selalu dinanti saat Hari Raya Idul Fitri, dan terutama bagi masyarakat Provinsi Jambi. Pembuatan lemang membutuhkan teknik khusus agar hasilnya lembut, gurih, dan matang merata.

Selain itu, Makanan tradisional berbahan baku beras ketan yang dimasak dengan cara dibakar ini merupakan salah satu panganan hari raya yang wajib ada bagi masyarakat di daerah itu.

Dan meski makanan tersebut bukan masakan tradisional khas Jambi, namun penganan tersebut sudah sangat familiar bagi masyarakat di daerah itu.

4. Gajeboh

Gajeboh

Gajeboh adalah makanan khas Sumatra Barat. Jadi makanan ini menggunakan bahan sandung lamur yang merupakan bagian daging sapi yang hampir semuanya terdiri dari lemak kenyal.

Perbandingan lemak dan daging pada gulai gajebo. Dan kuah yang digunakan pada makanan ini yaitu kuah asam pareh akan tetapi cara penyajiannya tanpa menggunakan santan sedikitpun sehingga akan Nampak memerah.

5. Arsik sumatera

Arsik

Arsik adalah makanan yang menggunakan ikan mas sebagai bahan dasarnya. Nah jadi sebagai kawasan pesisir maka tidak heran kalau di Tapanuli banyak olahan dengan bahan dasar ikan. Yang membuat arsik unik yaitu sisik pada ikannya tidak perlu dibuang.

Jika sudah maka bumbu yang sudah siap tersebut kemudian digoreng pada api kecil hingga mengering. Dan untuk rasanya yang enak dan bumbunya yang meresap menjadikan arsik memang nikmat untuk dimakan sebagai menu utama lho.

6. Bubur Pedas

Bubur Pedas

Bubur pedas adalah salah satu makanan wajib pada saat buka puasa bagi masyarakat Medan bahkan di Medan ketika menjelang buka puasa beberapa pengurus masjid sudah menyediakan makanan satu ini.

Dan bahan utama yang digunakan juga sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat bubur pada umumnya. Keberadaan rempah-rempah yang cukup banyak dan juga cabai menjadikan rasa pedas tetap nikmat dan lembut di mulut.

7. Mie Celor

Mie Celor

Mie celor adalah sebuah jenis makanan yang mudah ditemukan diberbagai sudut kota Jambi serta banyak sekali penjual yang menjajakan makanan sederhana sebagai pengganjal perut ketika lapar.

Selain itu, Mie celor memang dianggap sebagai makanan untuk mengembalikan semangat tubuh karena kuahnya yang hangat dan menyegarkan. Dan untuk Kuah mie celor mempunyai aroma rempah yang menyeruak.

8. Pempek Sumatra

Pempek

Pempek adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari tepung serta olahan daging ikan. Jadi pempek ini sendiri disajikan bersama dengan timun yang sudah dipotong kecil-kecil dengan menggunakan kuah cuka.

Selain itu, Pempek terdiri dari beberapa jenis, nah jenis kapal selam adalah jenis yang paling terkenal yaitu jenis kapal selam. Nah ketika kamu sedang berada di sumatera maka jangan lupa untuk menikmati pempek.

9. Pisang Sale

Pisang sale adalah makanan yang bahan utamanya menggunakan pisang. Pisang sale ini yaitu kuliner yang sudah lama dikenal sebagai makanan tradisional daerah Aceh. Dan pisang sale bisa ditemukan di Kabupaten Aceh Timur yang merupakan sentra pisang sale untuk Aceh.

Selain itu, dalam proses pembuatannya pisang yang sudah matang di kupas kulitnya lalu dijemur dipanas matahari, setelah itu dilakukan penyalean maka sehingga pisang sale lebih tahan lama. Dan seterusnya dioleskan gula tebu, pisang sale memiliki aroma dan rasa yang khas.

10. Kue Putri Kandis

Kue Putri Kandis

Kue basah adalah jenis kue yang cukup terkenal di Jambi. Kue yang mempunyai nama yang cantik ini adalah jenis jajanan tradisional khas Jambi dengan bentuk kotak persegi.

Selain itu, Kue putri kandis memiliki tampilan yang menarik yaitu terdapat tumpukan dengan warna hijau, kuning serta cokelat. Biasanya warna hijau diletakkan di bagian tengah yang dihasilkan dari air daun suji.

Baca Juga : Makanan Khas Riau Paling Enak Dan Lezat

Demikian mengenai makanan khas sumatera semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, terutama bagi yang akan berlibur ke sumatera bisa menambah informasi tentang kuliner di sumatera.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *