10 Makanan Khas Sukabumi Terkenal Paling Lezat Dan Enak

Halo teman-teman bagaimana aktifitas kalian ketika liburan? pastinya menyenangkan yah, nah pada kali ini saya akan mengulas tentang makanan khas sukabumi. Di sukabumi memang memiliki banyak makanan yang enak dan lezat yang dapat membuat kalian semua ketagihan deh, apalagi pada saat posisi laper, yahh pasti makannya sampai gak sadar cepet habis hehe.

Selain itu, di sukabumi terdapat begitu banyak tempat rekreasi. Selain banyaknya tempat rekreasi, ternyata daerah yang berada di Provinsi Jawa Barat itu mempunyai masakan khas sukabumi yang lezat. Maka ketika kamu berlibur ke tempat tersebut tidak ada salahnya untuk mencoba masakan khas sukabumi.

Baca Juga : Makanan Khas Indramayu Paling Enak

1. Nasi Uduk Ungu

Nasi udu Ungu

Nah sesuai dengan namanya, hidangan ini mempunyai warna ungu. Dan tentu saja nasi uduk berwarna ungu berbeda dengan daerah lainnya. Nasi uduk hanya berwarna putih saja.

Namun, nasi uduk dari Sukabumi mempunyai warna ungu. Warna ungu dari makanan ini berasal dari bahan buah bit dan juga ubi ungu yang menjadi campurannya lho.

Dan seperti hidangan nasi uduk pada umumnya, kuliner khas Sukabumi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam lauk. Maka lauk pauk yang terdapat dalam nasi uduk ungu antara lain tahu dan tempe goreng, telur dadar, daging ayam, sambal dan lalapan.

2. Serabi

Serabi

Makanan ini mempunyai keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan surabi pada umumnya. Nah Kuliner surabi Sukabumi dibuat dari bahan dasar berupa buah durian.

Maka, surabi model ini mempunyai rasa khas berupa buah durian. Dan jenis makanan lezat ini dapat dengan mudah di jumpai pada sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Dan juga di sepanjang jalan tersebut, kamu bisa menjumpai kue surabi yang dijajakan oleh para penjual.

3. Bubur Ayam Sukabumi

Bubur Ayam

Bubur ayam adalah makanan yang menjadi sebuah hidangan yang sangat terkenal di nusantara. Selain karena rasanya yang lezat, bubur ayam juga dijual dengan harga terjangkau.

Di daerah sukabumi bumi pun juga ada kuliner bubur ayam. Bubur ayam khas sukabumi dicampuri dengan ampela dan ati yang telah diberi bumbu. Jenis bumbu yang digunakan untuk ati dan ampela yakni rempah – rempah.

Dan Penggunaan takaran rempah – rempah yang pas membuat ati dan amela teras nikmat. Maka itulah, maka masakan khas sukabumi tersebut begitu populer.

4. Bubur Bunut

Bubur Bunut

Nah jadi ketika kamu sedang berkunjung ke Sukabumi belum terasa lengkap jika kamu belum mencoba bubur bunut.

Pada dasarnya, bubur bunut adalah masakan kuliner asli dari sukabumi yang sangat pas untuk dijadikan sebagai sarapan di pagi hari.

Dan Bubur bunut tidak akan membuat perut terasa kenyang. Maka makanan jenis ini perlu anda santap dikala pagi sebelum beraktifitas.

5. Roti Priangan

Roti Priangan

Nah bagi kamu yang suka dengan masakan sunda maka perlu mencoba masakan roti priangan. Dan sesuai dengan namanya, jenis roti ini berasal dari jawa barat.

Dan lebih tepatnya, roti priangan berasal dari sukabumi. Pada waktu berkunjung ke sukabumi, maka anda dapat menjadikan roti priangan sebagai oleh – oleh atau buah tangan.

6. Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore

Walaupun makanan ini menggunakan nama Singapore, akan tetapi minuman sekoteng menjadi kuliner khas Sukabumi. Minuman jenis ini akan terasa nikmat jika diminum pada waktu malam hari.

Dan untuk keunikan sekoteng dari Sukabumi ini berada pada adanya kue jahe coklat di dalam minuman. Nah adanya tambahan jahe coklat membuat minuman terasa semakin nikmat.

7. Bolu Pisang

Bolu Pisang

Bolu pisang adalah termasuk kuliner Sukabumi yang tidak boleh kamu lewatkan. Nah jadi makanan ini dibuat menggunakan bahan berupa buah pisang.

Selain itu, jenis makanan asli Sukabumi ini dapat dijadikan sebagai buah tangan. Maka bisa terjadi karena kue bolu pisang khas Sukabumi mampu bertahan selam 1 minggu lho.

8. Mie Goreng

Mie Goreng

Mie gorengan adalah makanan yang banyak disukai masyarakat tanah air. Dan jenis hidangan yang berbahan dasar mie ini mempunyai rasa yang enak. Maka banyak orang yang menyukai hidangan mie goreng.

Dan di daerah Sukabumi pun juga terdapat kuliner mie goreng. Makanan jenis ini dapat dengan mudah dijumpai pada Jalan Jendral Ahmad Yani.

9. Bandos ata Sukabumi

Bandos Ata

Bandros ata adalah sebuah masakan kuliner yang berwujud kue. Jenis kue ini sangat cocok untuk teman begadang di waktu malam hari.

Bandros ata mempunyai rasa yang lezat. Selain itu rasa lezat dari makanan ini yang membuat siapa saja yang mencobanya pasti bikin ketagihan.

10. Kue Mochi

Kue Mochi

Kue mochi memang menjadi makanan yang banyak disukai orang lho. Selain karena rasanya yang enak, jenis kue mochi juga mampunyai berbagai macam rasa.

Dan tersedia berbagai macam rasa ini membuat para pembeli dapat memilih sesuai keinginan masing – masing. Dan pemilihan rasa sesuai keinginan masing – masing inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah kue michi khas Sukabumi.

Baca Juga : Makanan Khas Jember Paling Enak

Demikian mengenai ulasan makanan khas sukabumi paling enak dan bikin kamu ketagihan semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua terima kasih.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *