10 Makanan Khas Pontianak Paling Lezat, Enak Dan Murah Meriah

Hai teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan mengulas artikel mengenai makanan khas pontianak, jadi mungkin kalian para pembaca artikel ini akan berkunjung/berencana untuk datang ke pontianak bersama keluarga ataupun pasangan. Nah pontianak merupakan ibukota dari kalimantan barat.

Nah jadi ketika kalian sudah berada di pontianak jangan sampai lupa untuk mencoba makanan khas pontianak, karena di daerah tersebut banyak makanan yang enak lho, tentunya akan membuat kalian ketagihan. Mungkin kalian belum tau apa aja makanan yang enak kan? tapi tenang saya akan membuat daftar makanannya yang wajib kamu coba.

Baca Juga : Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak

Berikut dibawah ini daftar makanan khas Pontianak yang wajib kamu coba agar tidak menyesal:

1. Kue Kantong Semar

Kue Kantong Semar

Untuk makanan yang pertama ini dinamakan Kue Kantong Semar, kuliner ini memang unik. Karena kantong semar merupakan tanaman yang dilindungi yah kan.

Tetapi sudah ada persetujuan kebijakan pemerintah kantong semar ini boleh digunakan sebagai wadah makanan dengan tujuan agar melestarikan adat dan budaya.

Jadi isi dari kue kantong semar ini yaitu beras pulut yang dicampur dengan kacang merah lalu di kukus. Jadi makanan ini wajib kamu coba ya guys.

2. Pisang Goreng Srikaya

Pisang Goreng

Pisang goreng Srikaya adalah salah satu makanan khas pontianak yang perlu kamu cicipi. Alasanya makanan ini sangat enak, namun benar makan ini mudah dijumpai di daerah manapun yang ada di indonesia.

Tetapi dalam penyajian pisang goreng srikaya ini berbeda lho dari yang lain. Maka dari itu kamu perlu mencobanya.

3. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong

Nah mungkin kalian baru dengan makanan ini kan? jadi sotong pangkong ini adalah sebuah masakan berbahan cumi yang dimasak dengan cara dipanggang lho. Jadi setelah cumi tersebut di panggang kemudian di pukul-pukul agar saat dimakan tidak alot.

Nah biasanya makanan sotong pangkong ini dimakan menggunakan kuah sambal pedas manis, dan biasanya orang yang makan makanan ini tanpa pakai nasi.

4. Jorong-jorong Pontianak

Jorong Jorong

Makanan yang selanjutnya adalah jorong-jorong, makanan ini biasanya mudah ditemukan pada saat bulan ramadhan. Karena makanan ini dalam proses pembuatannya agak lumayan susah dan juga rumit, dan hanya masyarakat pontianak yang sudah terbiasa dalam membuat makanan ini.

Jadi bahan yang digunakan dalam proses pembuatan makanan ini yaitu santan murni dan tepung beras. Kok bisa rumit? karena jika salah dalam proses adonan maka rasanya juga akan berubah lho.

Jorong jorong ini wadahnya menggunakan daun pisang dan diberi gula merah cair agar rasanya makin enak. Makanan ini sangat cocok untuk menu buka puasa dan juga takjil.

5. Bingke Berendam

Bingke

Dilihat dari gambarnya saja makanan ini tentu sangat enak yah guys, jadi makanan ini bernama bingke. Makanan ini mempunyai berbagai varian rasa contohnya ada yang rasa durian, keju, kentang dan rasa lainnya.

Jadi bisa disebut bingke karena makanan ini memiliki bentuk seperti bunga mekar dan dibagiannya ada jus dan air yang berasal dari putih telur dan juga gula yang manis. Jadi makanan ini sangat cocok sebagi oleh oleh lho.

6. Lek Tau Suan

Lek Tau Suan

Makanan yang keenam adalah Lek Tau Suan, jadi makanan ini adalah sebuah kacang hijau yang di masak dalam sebuah kuah kental lho. Jadi kuah ini memiliki campuran dengan gula pasir, tepung tapioka dan daun pandan.

Dan dalam penyajiannya potongan cakwe gorengnya ditaruh dibagian atas. Makanan ini sangat enak kalo disantap ketika masih hangat dan sangat cocok untuk menemani kalian ketika sedang musim hujan.

7. Chai Kwe

Chai Kwe

Chai Kwe ini adalah sebuah sayuran yang seperti kucai, rebung, kacang, bengkuang, dan juga talas dibungkus dengan adonan tepung beras. Selain itu, di atasnya di taburi bawang putih goreng.

Nah jadi Chai Kwe dapat disajikan dengan cara digoreng atau juga bisa dikukus. Ada beberapa penjual menambahkan saus khas untuk menambah kenikmatannya lho.

8. Bubur Ikan

Bubur Ikan

Nah menu makanan ini sangat berbeda dengan yang lainnya. namun sama-sama menggunakan nama bubur tetapi hasil olahannya berbada. Dan biasanya jenis bubur kita jumpai dan juga sering kita nikmati yaitu bubur ayam kan.

Bubur ayam memang mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Di Pontianak, kamu dapat merasakan bubur unik yaitu bubur ikan khas Pontianak. Jadi hal yang membedakan dengan bubur ayam yaitu kuah dan potongan ikan laut atau juga ikan sungai.

Dan biasanya bubur ikan juga dilengkapi dengan sayuran dan telur ayam kampung. Selain itu juga, biasanya kuliner satu ini dijual pada malam hari.

9. Burung Punai

Burung Punai

Burung punai adalah jenis burung mirip dengan burung merpati, dan warna bulunya hijau lalu paruhnya kemerahan. Jadi burung Punai banyak ditemukan di wilayah Pontianak maka banyak orang yang menangkapnya dan juga mengolahnya menjadi masakan.

Selain itu, makanan ini menjadi salah satu makanan yang terkenal di Pontianak lho. Dan Burung punai disajikan dengan cara dibakar maupun juga digoreng. Dan untuk tekstur dagingnya lembut dengan rasa yang gurih meresap ke daging. Jadi kuliner satu ini sudah sangat lezat dan hanya disandingkan dengan nasi putih hangat.

10. Es Krim Angi / Es krim Petrus

Es Krim Petrus

Es krim Petrus/Es kriim Angi adalah makanan yang menjadi salah satu yang wajib sekali anda coba. Jadi es krim ini adalah es krim homemade yang sangat lembut di mulut.

Dan tersedia dalam berbagai varian rasa diantaranya, coklat, vanilla, strawberry, dan juga nangka. Selain itu, Nama es krim diambil dari lokasi penjualannya yaitu di depan sekolah Santo Petrus Jalan Karel Satsuit Tubun, Pontianak.

Dan yang menjadikan es krim ini unik dan lain dari yang lain yaitu pelengkapnya yaitu kacang merah, cincau, agar-agar, dan lelehan coklat. Nah hal yang menjadi lebih menarik jika disajikan di atas batok kelapa.

Baca Juga : Makanan Khas Madura Paling Lezat

Demikian mengenai ulasan tentang makanan khas Pontianak semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua dan bisa menambah informasi mengenai kuliner pontianak ini.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *