30 Makanan Khas Papua Paling Enak Dan Unik Bikin Penasaran

Makanan Khas Papua Siapa sih yang belum pernah berkunjung ke papua? mungkin sebagian orang ada yang pernah berkunjung ke papua dan tujuannya ingin berwisata alam yang berada di papua. Memang papua mempunyai banyak wisata alam yang indah dan sangat mempesona sekali, tentu bikin betah banget.

Selain itu, papua juga memiliki kuliner khas papua yang sangat enak dan juga unik, mungkin terdengar asing juga ya? ada kata unik pada makanan. Memang benar makanan khas papua berbeda dengan makanan yang ada di jawa dan lainnya, karena memiliki ciri khas tersendiri. Nah kali ini saya akan memberikan beberapa daftar makanan khas papua yang dapat kamu coba.

1. Kue Lontar

Kue lontar

Untuk makanan yang pertama ini perlu kamu coba, karena makanan ini adalah satu jenis makanan ringan atau jajanan tradisional, kue lontar dapat kamu jumpai di hampir setiap acara adat khas Papua. Dan juga dengan tampilan yang hampir menyerupai pie susu ataupun cheesetart, kue lontar memiliki rasa yang lebih legit dan juga lezat. Dan untuk toping jajanan tradisional ini termasuk sangat beragam, jadi mulai dari yang paling umum yaitu meses, keju, buah segar dan hingga kismis, berbagai produk olahan buah kering juga.

2. Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu

Jadi mungkin untuk makanan yang kedua ini terdengar asing kan? di pupua juga ada makanan sate ulat sagu lho!! jadi mungkin diantara kamu akan merasa sedikit risih dengan makanan khas Papua satu ini, benar kan? Nah akan tetapi siapa sangka jika sate ulat sagu adalah makanan dengan cita rasa yang cukup lezat dan juga yang terpenting memiliki kandungan gizi tinggi.

Ulat ini didapatkan dari pohon sagu lalu dikumpulkan dan langsung diolah menjadi sate. Dan uniknya orang pedalaman Papua biasanya tidak menggunakan bahan campuran apapun untuk membuat sate ulat sagu, karena dianggap rasanya yang sudah gurih. Jadi bagi kalian ada yang suka bisa mencobanya tetapi bagi yang tidak suka disarankan jangan mencobanya ya!

3. Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar Manokwari

Nah mungkin untuk makanan sajian menggoda ini sudah sangat umum dan juga hampir bisa ditemui di seluruh daerah, tetapi ada yang berbeda dengan penyajian dan cara memasak ikan bakar di Papua sehingga membuatnya layak untuk kamu cicipi. Jadi Ikan bakar Manokwari ini biasanya diolah dengan campuran sambal yang cukup banyak sehingga menghasilkan cita rasa yang begitu pedas. Selain itu, Sajian ini cocok kamu santap bersama nasi hangat, dan nikmati rasa yang enak.

4. Papeda

Papeda

Jadi dari tampilannya saja mungkin kamu sudah bisa langsung menebak jika makanan ini berasal dari Papua. Dan Dengan bahan dasar sagu yang kemudian diolah menjadi bubur, tampilan papeda sendiri tampak menyerupai jenang pati atau jenang kanji. Selain itu, untuk menghasilkan rasa yang lebih lezat dan gurih, biasanya makanan khas Papua ini ditambahkan dengan ikan tongkol. Selain itu jenis iklan laut lain juga bisa menjadi campuran makanan berwarna putih dan bertekstur lengket ini.

5. Ikan Bungkus

Ikan Bungkus

Untuk olahan ikan bungkus sangat menggugah selera lho. Namun olahan ikan bungkus juga bisa kamu temukan di daerah lain, namun Papua juga mempunyai keunikan tersendiri dalam pengolahan dan pemilihan bahan bakunya. Nah jika biasanya ikan bungkus dimasak menggunakan daun pisang, namun di Papua jenis daun yang digunakan adalah daun talas. Lalu untuk ikannya sendiri harus ikan laut, dan sedangkan umumnya ikan bungkus merupakan olahan ikan air tawar.

6. Udang Selingkuh

Udang Selingkuh

Mungkin nama makanan ini terdengar aneh, Penamaan makanan dengan bahan udang ini sendiri diambil dari bentuk penyajiannya. Jadi dimana udang disajikan dengan cara disusun dalam tusuk sate sehingga terlihat seperti ada capit kepiting. Jadi dari sinilah diambil nama udang selingkuh. Lalu untuk resep udang selingkuh hanya diolah dengan cara digoreng ataupun direbus saja. Kemudian dicampurkan dengan kecap manis serta saus untuk membuatnya terasa lebih lezat.

7. Martabak Sagu

Martabak Sagu

Papua juga memiliki makanan kreasi yang pastinya membuat lidah Anda tak sabar untuk menyantapnya. Biasanya martabak dibuat menggunakan bahan utama tepung terigu tetapi kali ini bahan utamanya digantikan dengan tepung sagu.

Dan untuk pemanisnya pun bukan menggunakan gula pasir melainkan menggunakan gula merah. Cara pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda dengan martabak bangka atau martabak manis lain. Anda pun bisa menggunakan berbagai bahan tambahan sebagai toping, mulai dari coklat, keju, greentea, dan masih banyak lainnya.

8. Sagu Lempeng

Sagu Lempeng

Jadi olahan lain yang juga terbuat dari sagu adalah sagu lempeng. Kue juga adalah makanan khas Riau, Kalimantan dan juga Maluku ini mempunyai tekstur yang cukup lembut dengan rasa manis yang tidak terlalu. Namun makanan khas Papua ini sudah sangat jarang dijumpai di berbagai toko roti, karena warga Papua hanya membuatnya untuk makanan pribadi. Nah jadi untuk mendapatkan cita rasa yang lebih lezat, maka sebaiknya konsumsi sagu lempeng ketika masih dalam keadaan panas.

9. Colo-Colo

Colo-Colo

Papua mempunyai colo-colo sebagai sambal dengan cita rasa yang tak kalah menggoda. Untuk campuran bahan yang begitu sederhana yaitu hanya berupa cabai, bawang merah, irisan tomat, jeruk nipis, gula pasir dan sedikit air ini menghasilkan sambal yang tak hanya memiliki cita rasa menggoda tetapi juga tampilan unik. Sambal colo-colo biasa disajikan dengan ikan bakar maupun juga olahan ikan lain. Dan untuk makanan utamanya Anda bisa memilih sagu ataupun nasi hangat.

10. Kue Bagea

Kue Bagea

Makanan khas Papua yang satu ini memang tampaknya tak perlu lagi risaukan cita rasanya lho. Menggunakan perpaduan bahan antara kenari dan tepung sagu, Anda akan mendapati kue dengan tekstur yang lembut namun juga cukup crunchy. Jadi bentuk kue bagea sendiri memang agak menyerupai batang pohon yang dipotong-potong. Kamu dapat menikmati kue khas Ternate, Papua ini dengan segelas teh hangat atau juga kopi tanpa gula.

11. Aunu Senebre

Aunu Senebre

Jadi apabila kamu datang ke Papua dan juga berlibur ke daerah pesisir, makanan ini akan sangat mudah ditemukan. Aunu senebre adalah sebuah makanan khas Papua yang terbuat dari campuran nasi dan ikan teri serta banyak dijajakan di pinggir pantas. Dan untuk pengolahannya pun sangat sederhana dengan menggunakan cumbu yang relatif sedikit sehingga cita rasa ikan teri masih cukup tajam di lidah.

12. Aunuve Habre

Aunuve Habre

Nah Jika dilihat sekilas memang tak ada bedanya dengan antara Aunuve habre dan ikan bungkus. Tetapi ketika dilihat bagian dalamnya, kamuakan menjumpai jenis ikan yang cukup langka di daerah lain, yaitu ikan cakalang. Dan untuk proses memasaknya menggunakan bumbu yang sangat sederhana yaitu hanya garam, asam jawa dan juga air secukupnya. Lalu untuk pembungkusnya sendiri masih menggunakan daun talas.

13. Petatas

Petatas

Orang Papua juga biasa menggunakan patatas atau juga yang lebih akrab disebut ubi jalar yang sebagai makanan pokoknya. Harga beras disana memang relatif mahal menjadikan sebagian besar penduduknya memilih sagu dan juga patatas sebagai alternatif makanan pokok. Pengolahan patatas atau ubi jalar ini bisa dengan cara direbus maupun dibakar. Selain itu, Lauk paling mantap untuk mendampingi santap patatas ialah ikan bakar, nah bagaimana enak kan.

14. Roti Abon Gulung

Roti Abon Gulung

Papua juga terkenal dengan kue abon gulungnya yang legit dan gurih. Camilan yang sudah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan roti gulung lainnya. Hanya saja orang Papua banyak menggunakan abon sebagai isian, sehingga rasa yang dihasilkan pun tidak melulu manis.

Dan untuk menariknya, makanan khas Papua satu ini biasanya dibuat dengan jumlah abon yang begitu banyak. Bahkan bisa dikatakan jika abon lebih mendominasi dari olahan roti ini. Namun makanan lezat ini tidak tahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga Anda harus menghabiskannya secepat mungkin atau menyimpannya dalam lemari es.

15. Ikan Bakar Colo

Ikan Bakar Colo

Ikan bakar ini yang berasal dari suku Kamoro atau yang lebih dikenal dengan sebutan masyarakat Timika. Jadi olahan ikan dari masyarakat pesisir ini memiliki keunikan sendiri pada bumbu yang digunakan. Selain itu, ikan bakar colo juga mempunyai campuran asam manis yang menjadikannya semakin menggugah selera makan. Dan untuk jenis ikan yang paling disukai untuk olahan ikan bakar colo yaitu ikan dabu-dabu.

16. Keripik Keladi

Keripik Keladi

Sebagian dari kamu mungkin sempat tertipu dengan penampilan cemilan renyah ini dan menganggapnya hanya berupa keripik singkong biasa. Akan tetapi ketika mencicipi rasa dari keripik keladi, rasa yang lebih renyah akan mendarat di lidah Anda.

Jadi saat ini keripik yang dibuat dari ubi keladi ini memang banyak diproduksi dengan berbagai variasi rasa, mulai dari gurih, pedas, manis dan juga masih banyak lainnya. Cemilan ini juga cocok untuk Anda bawa sebagai oleh-oleh bagi sanak saudara di rumah.

17. Sarang Semut

Sarang Semut

Makanan khas Papua satu ini mempunyai manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Orang Papua biasa membuat kue dengan campuran sarang semut dan juga membentuknya menyerupai sarang semut asli. Dan untuk cita rasa sarang semut khas Papua pun cukup unik dan sama sekali tidak pahit, jadi dengan mengkonsumsi makanan ini Anda serasa sedang makan obat anti pahit.

18. Cacing Laut

Cacing laut

Mungkin kamu merasa jijikkan, tetapi di Papua cacing laut banyak diolah menjadi makanan lezat. Dan kandungan gizi yang tinggi pada cacing laut menjadikan orang-orang pulau banyak mengolahnya sebagai makanan yang mampu meningkatkan stamina. Dan selain itu, cacing laut juga banyak diolah menjadi makanan yang bisa meningkatkan kejantanan pria. Biasanya olahan inilah yang banyak diburu oleh para traveller.

19. Es Kelapa Muda Asam Manis

Es Kepala Muda

Nah biasanya ikan olahan seafood lain yang mempunyai cita rasa asam yang manis, tetapi kali ini kamu bisa menikmati es kelapa muda dengan sensasi asam manis dan segar. Campuran madu atau gula pasir/Jawa dengan perasan jeruk nipis menjadikan rasa kelapa muda semakin segar. Jangan lupa tambahkan es batu agar minuman ini semakin menggoda saat panas terik matahari.

20. Es Buah Matao

Es Buah Matao

Papua juga mempunyai es buah khusus yang akan membuat kamu tak kuasa menolak sajian segar ini. Campuran cincau hitam, kolang-kaling merah, biji selasih, agar-agar hijau, biji pala, dan buah matao khas Papua menjadikan minuman ini sangat wajib dinikmati ketika siang hari. Sedikit perasan jeruk limau juga bisa kamu tambahkan untuk memberikan rasa asam manis segar pada es buah Matao khas Papua.

21. Ayam Rica Papua

Ayam Rica

Makanan khas Papua ini sangat mudah untuk dijumpai karena adalah salah satu masakan andalan untuk berbuka puasa. Jadi ketika pertama kali menyantap ayam rica Papua mungkin kamu akan merasakan sensasi yang berbeda. Benar masyarakat Papua sering menambahkan rempah khas Papua pada olahan ayam pedasnya ini. Bagian ayam yang digunakan pun biasanya berupa campuran daging dengan tulang lunak ayam.

22. Bubur Sagu

Bubur Sagu

Nah Ke Papua rasanya belum lengkap jika kamu belum menikmati sajian manis satu ini. Jadi dengan bahan pokok yang sudah menjadi ciri khas dari Papua, bubur dengan campuran gula jawa ini terasa begitu menggoda lho. Tambahan santan kental pada bagian atas bubur yang memberi tambahan rasa gurih menjadikan bubur sagu semakin terasa lezat.

23. Telur Balado Pedas Sorong Papua

Telur Balado

Masyarakat Papua juga sangat menyukai telur balado untuk santap buka puasa. Menariknya telur balado khas Sorong Papua ini tak hanya memiliki rasa manis, pedas, gurih saja akan tetapi Anda juga akan mendapati rasa jagung bakar. Benar, campuran ekstrak jagung bakar menjadi bumbu khas Sorong Papua yang menjadikan setiap olahannya mempunyai cita rasa serta aroma yang khas.

24. Bandeng Kuah Kuning

Bandeng Kuah Kuning

Nah Siapa bilang Papua hanya mempunyai ikan bakar saja, kamu pun bisa menikmati olahan ikan lain yang cukup unik yaitu bandeng kuah kuning. Sesuai namanya, ikan bandeng diolah menggunakan berbagai rempah alami dan juga kunyit sebagai pewarnanya. Dan untuk potongan cabai merah juga menjadikan tampilan bandeng kuah kuning semakin menarik dan tentunya menjadikan cita rasa ikan ini semakin lezat.

25. Minuman Sunset Papua

Minuman Sunset Papua

Jus jeruk yang dipadukan dengan jus wortel kental dan disajikan dengan cara menyusun ini menggambarkan keindahan matahari terbenam. Bagi Anda yang menyukai kedua jenis buah ini, tak perlu mencampurkan gula atau pemanis tambahan karena rasanya sudah begitu segar dan lezat. Namun bagi Anda yang ingin menikmati sensasi jus manis, tak masalah jika Anda menambahkan gula cair ataupun simel sirup.

26. Sambal Dabu-Dabu

Sambal Dabu-dabu

Nah satu lagi jenis sambal yang menjadi andalan masyarakat Papua, yaitu sambal dabu-dabu. Dan uniknya sambal ini tidak diolah dengan cara diulek, melainkan semua bahan hanya diiris tipis sehingga memberikan cita rasa yang lebih tajam. Untuk bahannya sendiri tak jauh berbeda dengan sambal pada umumnya, yaitu cabai hijau, bawang merah, irisan tomat dan Anda juga bisa menambahkan perasa jeruk nipis.

27. Kapurung

Kapurung

Jika umumnya papeda disajikan dengan campuran ikan tongkol, lain halnya dengan makanan khas Papua yang menggunakan ikan kembung sebagai campurannya. Untuk pengolahannya sendiri cukup unik. Pertama-tama ikan dimasak dengan berbagai rempah khas Papua, kemudian papeda dicampurkan sehingga menyatu dengan kuah ikan. Selanjutnya Anda bisa menyantap makanan ini secara bersamaan.

28. Papeda Telur Ayam

Papeda Telur Ayam

Selain dikreasikan dengan berbagai jenis ikan, Anda juga bisa menikmati kreasi papeda dengan ayam dan telur. Namun secara pengolahannya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan papeda pada umumnya, hanya saja bahan ikan diganti dengan ayam. Selanjutnya gulung papeda pada tusuk dan lapisi menggunakan telur dadar tipis agar tampilan dan rasanya lebih menarik. Kamu bisa menambahkan perasa balado atau juga jagung manis pada olahan papeda satu ini.

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak Rekomended

Nah pada saat kamu pergi ke Papua, maka kamu jangan sampai lewatkan satu pun makanan khas Papua di atas. Bawa beberapa untuk sanak saudara di rumah agar kamu dapat berbagi kelezatan yang tak bisa didapat dari tempat lainnya.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *