10 Makanan Khas Pacitan Paling Lezat, Enak Dan Bikin Ketagihan

Jadi hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai makanan khas yang memiliki cita rasa yang begitu berbeda dalam kenikmatanya. Dan sama halnya dengan daerah lain, Pacitan juga mempunyai makanan khas pacitan yang sangat sayang untuk dilewatkan lho. Bagi kamu yang sedang berkunjung ke Pacitan jangan lupa menyempatkan waktu sebentar untuk menikmati rasa makanan khasnya.

1. Soto Pacitan

Soto Pacitan

Soto merupakan makanan yang hampir ada di setiap daerah di Indonesia. Begitu juga ada di Pacitan, kabupaten ini mempunyai menu makanan soto yang namanya Soto Pacitan. Menu andalan Pacitan ini mempunyai isian yang sedikit berbeda dari soto di daerah yang lainnya. Selain itu, biasanya soto hanya berisikan suwiran daging ayam dengan kuah bening dan bawang goreng di atasnya. Dan kalau di Pacitan tentu berbeda, ada tambahan kacang goreng, seledri, dan juga cambah kecil-kecil.

2. Tiwul

Tiwul

Tiwul merupakan salah satu jenis makanan khas Pacitan yang enak. Makanan khas Pacitan ini mempunyai nilai gizi yang cukup baik bagi tubuh. Tiwul dimasak dengan bahan dasar singkong atau cassava. Dan juga sudah diketahui bahwa sumber kalori potensial non padi yaitu jagung dan juga cassava.

Selain itu, dari sisi kandungannya, cassava ternyata mempunyai keunggulan dari pada padi. Cassava ternyata lebih banyak mengandung lemak, zat besi, kalsium, vitamin A dan C. Dan bila tepung cassava dicampur dengan 18 persen tepung kedelai maka tepung komposit tersebut menjadi bahan pangan pokok bergizi tinggi dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan padi.

3. Sego Godhong Jati

Sego Godhong Jati

Isi sego godhong jati merupakan nasi dengan lauk urap dan tumis tempe (, serundeng serta lauk ikan asin dan juga di tambah peyek. Dan untuk aroma daun jati sangat khas membuat nasi yang ada di dalamnya mempunyai rasa yang berbeda pula.

Makanan khas ini di bungkus dengan godhong jati. Dahulu, nasi ini hanya disajikan pada saat hajatan saja. Tetapi sekarang sudah banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional sekitar Pacitan.

4. Kupat Tahu

Kupat tahu

Kupat tahu merupakan salah satu makanan khas pacitan yang sangat populer yang ada di kalangan masyarakat. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai menu makan siang atau makan malam. Kupat tahu juga ada di beberapa daerah di Jawa timur, tetapi untuk cita rasanya pasti berbeda dengan yang di Pacitan.

Makanan khas Pacitan ini di sajikan dengan potongan tahu goreng, kupat atau ketupat, tauge, kol, dan disiram air bawang putih dan kuah kecap, yang di atasnya ditaburi irisan daun seledri dan kacang goreng.

5. Tahu Tuna

Tahu Tuna

Tahu tuna memang bukanlah sebuah makanan baru, namun bentuknya sama dengan tahu bakso yang hanya saja bakso di dalam tahu ini dibuat dari gilingan ikan tuna. Dan Menu tahu tuna memang banyak dijumpai di warung-warung makan yang ada di Pacitan.

Selain dimakan di tempat, tahu tuna juga dapat dijadikan oleh-oleh satu plastik berisi potongan tahu tuna berjumlah 10 biji dijual dengan harga sekitar 7-8 ribu rupiah. Kamu yang berminat bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh yang ada di sepanjang jalan menuju Pantai Teleng Ria.

6. Sego Gobyos

Sego Gobyos

Sego Gobyos merupakan makanan khas Pacitan yang satu ini mempunyai rasa yang sangat pedas. Dan ketika kamu menyantapnya, maka seluruh tubuh dijamin akan gobyos dan penuh keringat, itu dikarenakan pedasnya kuliner satu ini, maka sebab itulah nama makanan ini disebut sego Gobyos.

Selain itu, makanan ini dihidangkan dengan campuran dari nasi yang ditambah sayur daun keningkir, serta bisa pilih tambahan lauk lain seperti tahu, tempe bacem, kerupuk, dan hingga opor ayam. Jadi yang menjadikan makanan khas Pacitan ini unik yaitu kuah khusus yang di siramkan diberi cabe yang cukup banyak agar sensasi pedasnya terasa. Maka kalian tertantang untuk mencoba sensai pedasnya.

7. Jadah Bakar

Jadah Bakar

Nah untuk makanan yang satu ini cocok sebagai teman ngopi buat kalian lho. Jadah merupakan makanan yang bentuknya seperti punten hanya saja terbuat dari ketan dan kelapa. Dan juga kalau di Pacitan dikenal yang namanya jadah bakar adalah jadah yang dipanggang layaknya memanggang daging ayam. Maka setelah itu dimakan dengan dengan gula pasir menghasilkan kombinasi rasa gurih dan manis.

8. Punten

Punten

Eski memang tergolong makanan ringan, punten kurang pas jika disebut sebagai camilan. Dan pasalnya makanan yang satu ini terbuat dari beras yang dimasak dengan santan kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu disajikan dalam bentuk potongan kotak-kotak, bentuknya seperti ketupat yang dipotong-potong. Dan rasanya memang sangat gurih dan mengenyangkan cocok untuk pengganjal perut yang sedang lapar.

9. Otak-Otak Tuna

Otak-otak Tuna

Jadi Otak-otak dibuat dengan mencampur Ikan Tuna Segar Dengan Kualitas Terbaik dengan campuran rempah-rempah. Selain itu, Oleh-oleh Khas Pacitan Otak-otak tuna yang terbuat dari ikan tuna memang berkualitas dan segar. Maka sangat pas di padukan dengan saos sambal dan dimakan di sore hari. Kamu bisa membeli Otak-otak Ikan Tuna di Pusat Oleh-oleh Khas Pacitan Putra Samudra yang berlokasi dekat dengan pantai Teleng Ria.

10. Rengginang Manis

Rengginang Manis

Rengginang adalah makanan yang dapat dijadikan pilihan oleh-oleh khas pacitan. Dan kalau biasanya rengginang mempunyai cita rasa gurih, beda dengan rengginang khas pacitan ini yang mempunyai rasa sedikit manis. Rengginang terbuat dari beras ketan lalu dikeringkan kemudian digoreng ke dalam minyak goreng.

Baca Juga : Makanan Khas Wonogiri Paling Enak Dan Lezat

Demikianlah mengenai makanan khas Pacitan yang sangat lezat. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat dan juga bisa berguna untuk kalian semua.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *