10 Makanan Khas NTT Paling Enak Dan Bikin Menggoda

Coba siapa yang gak tahu akan pesona keindahan alam provinsi Nusa Tenggara Timur, baik daratan maupun lautannya mempunyai keindahan masing-masing. Dan deretan pulau-pulau nan cantik menyatu dengan birunya laut yang memancarkan pesona begitu indah.

Selain mempunyai wisata yang indah, makanan khas NTT juga mempunyai ciri khas yang berbeda dan unik yang patut dicoba pada saat berlibur ke daerah tersebut. Nah, makanan di NTT kebanyakan adalahn makanan non halal, jadi kamu harus berhati-hati untuk mencoba makanan-makanan yang ada.

Baca Juga : Makanan Khas Ambon Paling Enak Dan Lezat

1. Jagung Bose NTT

Jagung Bose NTT

Jagung Bose NTT adalahn makanan pokok masyarakat pulau Timor NTT sebagai pengganti nasi. Karena makanan pokok, sangat mudah menemukan masakan ini di rumah-rumah warga.

Bose artinya dilunakkan, maka jagung bose adalah jagung yang dilunakkan. Jagung yang digunakan adalah jagung putih, yang dimasak dengan dicampur kacang merah dan direbus dengan santan sampai jadi bubur.

Pada saat disajikan, biasanya jagung bose dipadukan dengan lauk seperti tuna goreng, tahu bumbu, tumis paria, atau sambal lu’at.

2. Kolo NTT

Kolo

Nah makanan ini bernama kolo dan berasal dari daerah Manggarai, Flores Barat. Kolo ini bisa dibilang nasi bakarnya masyarakat NTT. Jadi bahannya yaitu nasi yang dimasak menggunakan bambu dengan cara dibakar.

Selain itu biasanya, kolo disajikan di acara syukuran panen atau pesta adat. Biasanya kolo disajikan bersama daging ayam santan. Jika dipikir-pikir kolo mirip seperti lontong atau ketupat kalau di Pulau Jawa.

3. Se’i, Daging Sapi Asap

Sei

Se’i merupakan salah satu makanan khas NTT yang berasal dari Kupang. Dan bahan dasar yang digunakan adalah daging sapi. Tapi ada juga yang menggunakan daging ikan.

Se’i artinya daging tipis yang diiris memanjang. Setelah diiris daging ditaburi garam, kemudian digantung dan dikeringkan beberapa jam. Daging dimasak dengan cara diasap. Selain itu, tak sulit untuk menemukan masakan ini di NTT.

Dan beberapa tempat makan terkenal yang menghidangkan kuliner satu ini antara lain, Pondok Sawah, Bambu kuning, Petra, dan Aroma. Selain itu, ada juga rumah makan Om Ba’i yang menyajikan masakan Se’i menggunakan bahan dasar daging babi. Dan letak rumah makan tersebut sekitar 40 km dari kota Kupang, tepatnya di desa Baun.

4. Jagung Catemak NTT

Jagung Catemak

Nah jadi karena jagung digunakan untuk pengganti nasi, maka kamu tak perlu heran jika makanan khas NTT banyak yang berbahan dasar jagung.

Jagung catemak merupakan makanan penutup yang dibuat dengan bahan jagung, labu lilin, serta kacang hijau yang dimasak dengan bumbu penyedap rasa.

Catemak ini memang dilihat pasti berpikir rasanya manis, padahal makanan jagung catemak sebenarnya mempunyai rasa gurih asin lho.

5. Sayuran Rumpu Rampe NTT

Rumpu Rampe

Rumpu rampe ini memang terbuat dari sayuran seperti daun ubi dan juga daun pepaya. Dan masakan ini berasal dari daerah Maumere, tapi ada juga yang bilang dari daerah Larantuka.

Walaupun makanan ini dimasak dengan daun pepaya, tapi rasa dari masakan ini tidak pahit lho karena sudah dinetralkan dengan garam.

Tutorial memasaknya yaitu ditumis dengan bumbu rempah sederhana. Agar lebih nikmat, tumisan daun pepaya ini disandingkan dengan ikan goreng dan juga sambal lho.

6. Muku Loto

Moku Loto

Muku loto adalah salah satu makanan tua yang sudah ada sejak zaman para leluhur. Muku loto yaitu salah satu sajian pada saat pesta adat diselenggarakan.

Muku artinya adalah pisang, sedangkan loto artinya hancur. Jadi muku loto adalah pisang hancur. Dan pisang yang digunakan yaitu pisang yang masih muda alias mentah.

Dan biasanya masakan ini menggunakan daging babi sebagai campurannya. Karena biasa disajikan untuk acara adat, sulit untuk menemukan makanan satu ini di rumah makan yang ada di NTT.

7. Jawada NTT

Jawadda NTT

Jawada adalah sebuah makanan camilan khas NTT dari Pulau Flores dan Pulau Alor. Dan bentuk jawada taitu segitiga dengan aroma khas dari wangi tepung beras yang digoreng dan gula aren.

Selain dua bahan tersebut ada juga bahan lain yang digunakan seperti santan dan air nira. Jika diperhatikan lagi, tekstur dari jawada ini seperti bihun yang digoreng kering. Atau seperti rambut keriting. Maka jawada juga sering disebut kue rambut.

Selain itu, biasanya makanan ini disajikan pada saat upacara adat istimewa.

8. Tumis Bunga Pepaya NTT

Tumis Bunga Pepaya

Tumis bunga pepaya adalah makanan yang juga menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh warga lokal. Jadi untuk menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya bisa menggunakan garam.

Maka caranya bunga pepaya tersebut direbus dengan air garam sehingga getah dalam bunga akan hilang.

Dan cara lain yaitu bunga pepaya diberi garam terlebih dahulu lalu diaduk hingga rata dan juga didiamkan beberapa saat. Baru setelah itu bunga pepaya dicuci sampai bersih dan dimasak.

9. Moke

Moke

Moke adalah nira hasil sadapan dari pohon lontar atau buah enau. Moke yaitu minuman keras khas masyarakat Flores lho. Jadi minuman ini non halal.

Selain itu, Moke disuling pakai periuk tanah liat terhubung dengan pipa bambu. Moke ini memiliki warna kekuningan dan rasanya lebih ringan dibanding sopi.

Selain itu, karena proses penyulingan masih dilakukan dengan cara tradisional, nah maka waktu yang dibutuhkan untuk membuat moke cukup lama dan juga membutuhkan kesabaran.

10. Manggulu

Mangulu

Manggulu adalah makanan rasanya manis dan bentuknya mirip dodol. Makanan ini berasal dari Sumba Timur. Jadi bahan dasar pembuatannya adalah buah pisang yang dikeringkan bersama kacang tanah.

Manggulu dibungkus menggunakan daun pisang kering. Masyarakat setempat percaya daun pisang kering tersebut memiliki nilai pengawet. Ternyata jaman dulu manggulu adalah makanan favoritnya para prajurit Belanda.

Nah karena bentuknya yang kecil dan rasanya yang manis, para prajurit tersebut selalu membawa makanan ini kemana-mana untuk penahan rasa lapar.

Baca Juga : Makanan Khas Batak Paling Enak Dan Lezat

Nah demikian mengenai ulasan makanan khas NTT semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *