10 Makanan Khas Madura Paling Enak, Unik Dan Nikmat Lezat

Mungkin kamu sudah pernah berkunjung ke madura dan juga menikmati makanan khas madura tersebut, dan pastinya sangat lezat dan enak banget. Di madura ada banyak makanan khas yang dapat membuat kalian akan merasakan nikmat luar biasa enak, karena hal itu dikarenakan kalian belum pernah merasakan masakan madura maka akan merasa unik di lidah kalian.

Nah jadi ada beberapa daerah yang ada di Madura contohnya seperti Bangkalan, Sumenep dan juga Pamekasan. Selain itu dengan demikian jika kalian sedang berkunjung atau juga sedang berencana untuk datang ke Madura maka kamu jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khasnya.

Baca Juga : Makanan Khas Riau Paling Enak

Jadi Berikut kami akan memberikan beberapa daftar kuliner khas Madura yang harus kamu coba ketika sedang berada di madura. Jadi daftar apa saja makanan khas madura itu dan manakah yang akan kalian cicipi makanan yang pertama.

1. Sate Madura

Sate Madura

Makanan khas madura yang pertama ini adalah makanan yang sudah sangat populer jadi saya menempatkan pada posisi yang pertama, jadi makanan tersebut adalah sate madura.

Sate ini dibuat menggunakan bahan diantaranya daging ayam, daging sapi hingga sampai daging kambing pun juga. Selain itu, bumbu yang digunakan menggunakan bumbu yang terbuat dari kacang, kecap dan juga ada beberapa jenis bumbu lainnya.

2. Bebek Songkem

Bebek Songkem

Nah untuk makanan khas madura yang kedua dan wajib kamu cicipi adalah bebek songkem. Jadi dalama proses pengolahan Bebek Songkem khas Madura ini menggunakan potongan pelepah.

Untuk mengukus dipercaya bisa menghancurkan lemak-lemak kolesterol dalam daging bebek. Selain itu, untuk lemak-lemak pada daging bebek, akan menempel pada potongan pelepah atau gedebok pisang tersebut.

Selain itu juga, bebek Songkem khas Madura ini memang bukan sekadar daging kukus yang dimasak dengan metode khusus. Jadi dalam seporsi sajiannya, terkandung nilai-nilai filosofi yang Indonesia sekali penuh tata krama dan menghormati sesama lho.

3. Lorjuk Madura

Lorjuk

Lorjuk adalah sebuah jenis kerang yang banyak dimanfaatkan menjadi kuliner enak di Jawa Timur, terutama di daerah Pamekasan, Madura. Kerang yang mempunyai tubuh kecil sekitar 2-3 inci ini mempunyai sebuah nutrisi yang tidak kalah dengan jenis lainnya.

Kerang lorjuk ini memang mengandung kalori yang rendah dan juga tinggi protein, mineral, zat besi, dan juga omega 3. Dan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika mengonsumsi lorjuk secara teratur adalah mencegah penyakit jantung, mengendalikan tekanan darah, mengontrol kolesterol dan lainnya.

4. Soto Madura

Soto Madura

Di madura yang terkenal gak hanya satenya melainkan soto juga adalah makanan khas Madura. Dan hampir semua daerah yang ada di Indonesia mempunyai kuliner soto, akan tetapi setiap daerah memiliki cita rasa serta bahan yang unik dalam pembuatannya.

Selain itu, dalam bahan utama yang digunakan untuk membuat soto Madura ini adalah ayam yang sudah ditambahkan dengan bumbu lainnya. Jadi kamu makan menggunakan nasi hangat lalu taburan bawang serta juga kentang yang diiris tipis kemudian digoreng maka rasanya akan lebih nikmat sekali.

5. Topak Ladhe Bangkalan

Topak Ladeh adalah jenis makanan yang berkuah dan terdiri dari irisan daging, telur dan uga jeroan Sapi, nah bagi sebagian orang jeroan sapi dapat juga di gantikan dengan daging ayam. Selain itu, di dalam Topa’ Ladeh ada potongan kacang panjang yang sengaja di ikat dengan tali janur dan juga potongan sayur pepaya muda yang sudah di kukus.

Selain itu, tidak semua orang bisa memasak Topak Ladeh karena memang tidak mudah untuk bisa memasak makanan khas Bangkalan yang satu ini.Topa’ Ladeh sangat kaya dengan bumbu serta cara perpaduannya yang cukup sulit, mungkin karena hal itu yang menjadi alasan tidak semua bisa memasaknya.

6. Nasi Serpang Madura

Nasi Serpang

Nah ini nih mungkin makanan ini akan terdengar agak asing di telinga kalian kan? Makanan ini memang agak miring dengan makanan nasi campur.

Jadi hal yang dapat membedakan makanan ini dari nasi campur adalah pada lauk pauknya. Selain itu lauk pauk pada makanan ini terdiri dari kerang, telur asin, pepes tongkol, udang dll, dan juga da sambal terasinya. Nah jadi kamu tidak boleh melewatkan makanan ini guys.

7. Kaldu Kokot Madura

Kaldu Kokot Madura

Kaldu kokot adalah sebuah nama masakan khas Madura yaitu sup kental berbahan utama kacang hijau dengan kikil sapi. Kikil adalah salah satu bagian dari kaki sapi, yang dalam bahasa Madura disebut kokot.

Sup ini mengandalkan kekuatan kaldu dari kikil (kokot). Kaldu kokot biasanya berisi potongan kikil, namun ada juga yang disajikan dengan tulang kaki sapi.

Selain itu, Kaldu kokot, yang banyak di jumpai di daerah Pamekasan dan Sumenep ini, biasanya disajikan dengan lontong atau pastel ubi yang dibuat dari ketela pohon ditambah sedikit perasan jeruk nipis dan kecap.

Kuah sup kikil yang kental dikarenakan adanya lemak kikil dan campuran dengan kacang hijau.

8. Soto Mata Sapi

Soto Mata Sapi

Soto mata sapi adalah kuliner khas madura yang memiliki perbedaan dengan soto lainnya. Dan untuk rasa dari soto ini sama tetapi yang membedakannya yaitu mata sapi yang utuh berbalut tulang. Jadi mata si inilah yang tidak dapat ditemukan di soto lainnya.

Selain itu, kelihatannya soto mata sapi Bangkalan ini terlihat mengerikan karena memakai mata sapi beneran, namun rasanya tak perlu diragukan lagi. Dan apalagi kalau dimakan ketika masih hangat ditambah dengan sambal yang pedas. Maka akan dijamin akan membuat kamu bakalan ketagihan.

9. Rujak Corek Khas Madura

Rujak Corek

Siapa coba yang doyan makan rujak? mungkin diantara kalian pasti ada yang suka rujak kan, jadi kalo iya kamu perlu mencicipi rujak khas madura ini.

Rujak ini bahan utamanya pakai mentimun yang telah dicuci terus dikupas kulitnya dan pada bagian dalamnya di corek kemudian dikumpulkan dan dicampur dengan bumbu khusus. lalu di aduk dengan bumbunya.

10. Tajin Sobeh

Tajin

Tajin adalah sebuah sebutan untuk makanan berjenis bubur sedangkan Sobin adalah nama desa kecil yang berada di kabupaten Bangkalan. Tajin Sobeh Bangkalan memang kerap disajikan oleh para ibu-ibu berusia lanjut.

Selain itu, makanan ini mempunyai banyak isian dan juga ada juga yang mirip dengan sumsum atau jenis lainnya. Nah tajin ini lalu disimpan di atas daun pisang setelah itu diberi gula merah.

Baca Juga : Makanan Khas Kalimantan Paling Lezat

Demikian mengenai ulasan tentang makanan khas madura semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua terutama yang sedang berada di daerah madura, bisa menjadikan referensi.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *