10 Makanan Khas Madiun Paling Enak Dan Bikin Menggoda

Madiun merupakan salah satu wilayah yang masuk juga dalam wilayah administrasi Provinsi Jawa Timur. Dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Geger di sebelah selatan, Kecamatan Wungu di sebelah timurt. Wilayah yang memiliki banyak potensi wisata ini pantas dijadikan destinasi wisata bagi kamu yang mengaku pecinta jalan jalan atau traveling.

Nah jadi ketika berlibur ke Madiun tidak akan lengkap jika kamu belum mencicipi sajian makanan khas Madiun yang mampu menggoyang lidah. Bukan hanya tempat wisata Madiun saja yang menarik, tetapi juga ada banyak sekali sajian kuliner Madiun yang menarik dan menunggu untuk dicicipi.

Baca Juga : Makanan Khas NTT Paling Enak Dan Lezat

Di Madiun makanan khas Madiun yang paling terkenal adalah nasi pecel. Dan meski nasi pecel telah dikenal di semua daerah, tetapi merasakan nasi pecel Madiun di kota karena pasti akan memperoleh sensasi berbeda dan pastinya lebih nikmat.

1. Nasi Pecel

Nasi Pecel

Nah mungkin kalian semua sudah tahu dengan makanan ini kan? Nasi pecel Madiun memang punya ciri khas yang dapat membuatnya berbeda dengan daerah lain baik dari segi bahan maupun lauknya. Nasi pecel Madiun ini menggunakan lempeng puli sebagai pengganti rempeyek.

Dan untuk lauknya, pembeli bisa memilih lauk sesuai yang diinginkan. Biasanya penjual menyediakan aneka jenis lauk seperti ayam goreng, ikan, perkedel, telur dadar, telur puyuh, dan beberapa lauk yang lain.

Jadi biasanya nasi pecel disajikan dengan cara dipincuk menggunakan daun pisang sehingga rasanya semakin nikmat.

2. Kue Manco

Kue Manco

Makanan selanjutnya yaitu kue manco karena kue ini adalah warisan nenek moyang yang bertahan hingga sekarang. Konon, kue manco hanya bisa dibuat di desa Tambak Mas.

Dan jajanan satu ini dibuat dengan bahan tepung ketan. Ketika digigit, kue manco akan membentuk rongga didalamnya. Nah jadi kamu perlu mencoba makanan ini ya guys, jangan sampai ketinggalan pokoknya.

3. Brem Madiun

Brem Madiun

Madiun juga punya brem yang sudah populer sebagai camilan khas dari Madiun. Jadi Brem sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Madiun untuk dibawa ke luar kota. Dan Brem terbuat dari sari ketan yang telah difermentasi.

Bentuknya kotak pipih dengan warna putih kekuningan. Rasanya segar dan lembut hingga melebur ke mulut saat dimakan. Sekarang, brem tersedia dalam beberapa varian rasa selain original. Ada beberapa pilihan rasa antara lain strawberry, keju, dan coklat.

4. Soto Kutilang

Soto Kutilang

Nah salah satu warung makan yang menyediakan soto khas Madiun yaitu soto ayam kampung Bu Topo atau yang terkenal dengan soto kutilang. Warung yang telah berdiri selama puluhan tahun ini sampai sekarang tak pernah sepi pembeli.

Jangan heran jika untuk menikmati soto Bu Topo ini kamu harus rela antri dengan pembeli lainnya. Selain rasanya yang nikmat, soto kutilang juga punya porsi yang banyak dan daging yang melimpah.

Dan untuk melengkapi kenikmatan saat makan, penjual juga menyediakan lauk tambahan seperti empal atau perkedel.

5. Madumongso

Madumongso

Madumongso merupakan sebuah jenis jenang yang biasanya disajikan saat lebaran tiba. Dan untuk bahan yang digunakan untuk pembuatan madumongso yaitu ketan hitam yang difermentasi menjadi tape.

Ketan tersebut lalu dimasak bersama santan dan gula hingga teksturnya menyerupai dodol. Selain itu, biasanya madumongso ini dibungkus pakai kertas berwarna-warni yang didalamnya dilapisi plastik agar tidak lengket.

Madumongso mempunyai rasa yang sedikit asam tapi juga ada manisnya. Camilan ini bisa diperoleh dengan mudah di pusat oleh-oleh.

6. Bluder Cokro

Blunder Cokro

Bluder Cokro ini memang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Madiun. Bentuk rotinya unik dan memiliki tekstur roti yang lembut. Dalam proses pembuatan bluder cokro ini masih dilakukan dengan cara tradisional lho.

Kamu tidak perlu khawatir, roti ini bebas pengawet dan memiliki daya tahan maksimal 6-7 hari. Roti bluder cokro bukan hanya enak tetapi juga menyehatkan lho. Ada aneka varian rasa yang bisa dipilih yaitu original, keju, strawberry, coklat, kacang, nanas, dan lainnya.

7. Nasi Jotos

Nasi Jotos

Nasi jotos meski tak sepopuler nasi pecel, sego jotos atau nasi jotos ini sangat disukai rakyat Madiun lho.

Disebut nasi jotos karena bentuk bungkusannya menyerupai kepalan tangan yang akan digunakan untuk menjotos orang. Hampir mirip dengan nasi kucing dari Jogja atau nasi jinggo dari Bali.

Per porsinya berisi nasi putih dan lauk sederhana. Yang istimewa dari nasi jotos adalah sambalnya. Jika kamu tertarik untuk mencoba kuliner satu ini, silahkan datang ke Jalan MT. Haryono, Jalan Mayjend Pandjaitan, Jalan Salak, serta Jalan Mangga pada sore hari.

8. Wedang Cemoe

Wedang Cemoe

Wedang cemoe merupakan minuman yang berisi santan kelapa, kacang tanah yang digoreng, serta potongan roti tawar. Minuman ini disajikan hangat-hangat sehingga disebut wedang.

Karena itulah wedang cemoe cocok dinikmati di saat cuaca dingin atau di malam hari. Untuk dapat menikmati wedang cemoe, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 3rb saja.

Semangkok wedang cemoe sudah bisa kamu nikmati sambil menikmati jalanan Madiun di malam hari. Sebagai pendampingnya, pesan juga beberapa gorengan agar acara nongkrong semakin nikmat.

9. Lontong Tahu Telor

Lontong Tahu

Lontong tahu adalah makanan khas dari Madiun yang saat ini sudah banyak ditemukan di daerah-daerah lain.

Nah jika kamu sedang berada ke Madiun dan ingin menikmati kuliner satu ini, maka kamu silahkan datang ke Jalan Merbabu yaitu ke Depot Rasa Tunggal.

Cara penyajiannya, lontong ditambahkan tahu dan telor yang diiris kecil-kecil, kemudian disiram bumbu kacang dan ditaburi bawang goreng di atasnya.

10. Lempeng Puli

Lempeng Puli

Nah jadi camilan ini dibuat dari nasi yang digepengkan lalu dijemur sampai kering maka menjadi berbentuk kerupuk. Lempeng puli banyak dijual di toko-toko dalam bentuk mentah maupun matang.

Selain itu, dalam membuatnya ada semacam bahan pengawet berwarna kuning yang dikenal dengan nama bleng lho. Lempeng puli cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Namun tidak dianjurkan mengonsumsi camilan ini terlalu sering. Karena bleng yang digunakan mengandung borax.

Meski sedikit tapi tidak baik bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi lempeng yang baik yaitu yang mudah pecah dan juga cepat ditumbuhi jamur jika tidak segera digoreng.

Baca Juga : Makanan Khas Ambon Paling Enak Dan Lezat

Demikian mengenai ulasan tentang makanan khas madiun semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua terima kasih.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *