10 Makanan Khas Kalimantan Paling Enak, Unik Dan Populer

Halo guys pada kali ini saya akan mengulas artikel mengenai makanan khas kalimantan, jadi sebelum kita menuju ke pembahasannya alangkah baiknya kita mengulas kembali mengenai pulau kalimantan, jadi kalimantan itu adalah sebuah pulau yang ada di indonesia dan memiliki ikon yaitu suku dayak dan juga di kalimantan terdapat orang utan yang adalah salah satu kebanggaan yang dimiliki.

Selain itu juga, kalimantan juga memiliki makanan khas yang enak loh, gak percaya? makanya simak berikut artikel dibawah ini ya, jadi di kalimantan makanan khas nya banyak lho, saya akan mengulas makanan yang terbaik di kalimantan, jadi mungkin bisa menjadikan informasi tambahan kalian jika akan pergi ke kalimantan.

Baca Juga : Makanan Khas Riau Paling Lezat Dan Enak

1. Soto Banjar

Soto Banjar

Nah jadi makanan yang pertama dan memiliki rasa yang sangat enak yaitu soto banjar. Jadi Soto Banjar itu bahan utama adalah ayam dan soto ini mempunyai aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih.

Nah selain itu juga, ada kalanya dalam pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya mejadi tidak bening, tetapi sedikit keruh.

Dan Soto ini berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dan dengan tambahan perkedel, kentang rebus, potongan wortel rebusan telur, dan juga ketupat. Pokoknya soto ini sangat lezat dan wajib kamu cicipi ketika sedang berada di kalimantan.

2. Patin Baubar

Patin

Patin baubar adalah makanan khas dari Kalimantan Selatan yang berupa pepes dari ikan patin yang dibaluri dengan bumbu-bumbu berbagai macam rempah khusus kemudian dimasak dengan cara dibakar menggunakan tungku dan juga bara api sampai rempah-rempah tersebut meresap kedalam daging ikan patin.

Tetapi, dengan cara inilah yang akan membuat patin baubar menjadi lebih enak. Selain itu juga, makanan ini sangat cocok disantap menggunakan nasi hangat. Dan di sungai-sungai Kalimantan Selatan sangat mudah menemukan ikan patin dan di era seperti sekarang juga banyak orang-orang Kalimantan Selatan yang sudah membudidayakan ikan patin.

Nah orang Kalimantan Selatan sendiri juga lebih sering memasak ikan patin dengan cara dipepes dan dibakar.

3. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan adalah kuliner khas Kalimantan Selatan. jadi bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras. Nah jadi dalam Perbedaan ketupat Kandangan dengan jenis ketupat lainnya yaitu dalam penggunaan ikan gabus sebagai menu pelengkap.

Selain itu juga, ikan gabus ini dipanggang lebih dulu sebelum dimasak menggunakan santan. Lalu, ikan gabus dan juga kuahnya disiramkan aja ke ketupat. Dan Kuliner ini cocok dan wajib kamu coba.

4. Mandai

Makanan khas selanjutnya yaitu mandai, nah jadi manday ini memang agak mirip dengan makanan khas jogja yaitu gudeg, kalau gudeg itu bahan utamanya pakai nangka dan kalau manday bahan utamanya pakai cempedak.

Manday ini mempunyai rasa yang enak lho, pokoknya yang mencicipinya bakalan pengen nyoba terus alias ketagihan. Oh ya kalau proses pengawetan manday itu menggunakan garam, jadi kalau diawetkan lama itu cita rasanya makin enak.

5. Iwak Pakasam

Iwak Pakasam

Jadi dalam proses pembuatan makanan khas kalimantan ini memang mirip dengan proses manday cuma yang berbeda itu bahannya saja. Jadi iwak pakasam ini dibuat menggunakan ikan tawar.

Makanan khas ini memiliki cita rasa yang khas dan enak ketika ditambah dengan bumbu beras. Oh ya proses pengawetanya memerlukan waktu hitungan hari sampai bulanan, dan ketika sudah selesai tinggal digoreng.

6. Gangang Humbut

Ganggang Humbut

Makanan Gangan humbut adalah makanan yang memiliki cita rasa yang manis lho. Kok bisa? ya karena makanan ini memang sering disajikan sebagai menu wajib jika ada acara acara perkawinan.

Oh ya ketika bulan puasa biasanya makanan itu banyak yang jual untuk berbuka puasa. Selain itu, Gangan humbut bahan utamanya dari potongan iga sapi dan juga rebung yang kemudian diolah bersama bumbu lainnya. Dan untuk Rasanya yang segar, sedap dan juga gurih.

7. Bingka Kalimantan

Bingka kalimantan

Makanan yang bernama Bingka ini mempunyai rasa yang manis lho, jadi yang suka manis-manis wajib mencoba makanan khas yang satu ini. Jadi Makanan ini terbuat dari bahan adonan tepung terigu, telur, santan, garam, dan juga gula pasir.

Lalu dipanggang pakai cetakan yang berbentuk bunga. Selain itu, ada berbagai varian rasa seperti Labu, Tapai, Kentang, dan juga Pandan. Oh ya, makanan ini biasanya disajikan ketika pada saat acara pernikahan, karena makanan ini memang makanan yang favorit bagi masyarakat kalimantan.

8. Kelepon Martapura

Kelepon Martapura

Nah ini nih makanan yang saya suka, karena memiliki rasa yang manis, Bentuknya bulat, memiliki warna hijau, dan juga berselimut parutan kelapa yang menambah citarasanya.

Selain itu, penganan ini adalah salah satu camilan tradisional. Dan juga biasanya terbuat dari tepung beras, diisi dengan gula merah cair. Nah jadi kamu wajib mencoba makanan yang satu ini, dijamin bakalan suka dan ketagihan.

9. Hekeng

Hekeng

Hekeng adalah makanan khas kalimantan, makanan ini terbuat dari campuran daging udang dan juga ada daging babi yang telah dihaluskan lalu diberi bumbu dan juga dibungkus dengan lembaran kembang tahu kering.

Bisa disimpan terlebih dahulu didalam lemari es dan lalu dipotong jika ingin digoreng untuk disajikan. Selain itu, hekeng dapat membuat kamu ketagihan karena disuguhkan menggunakan kuah asam manis dan kuah pedas bagi kamu yang suka banget masakan pedas.

Nah jika kamu tidak mengonsumsi babi juga jangan khawatir Karena hekeng juga banyak yang menggunakan bahan dasar daging lainnya lho.

10. Garang Asam Banjar

Garang Asem

Memang kamu benar, kalimantan terkenal dengan olahan ikan tawarnya, maka banyak makanan yang berciri khas menggunakan ikan. Garang asam ini bahan utamanya menggunakan ikan akan tetapi cita rasa dari makanan ini berbeda dengan sayur asam lho.

Dan kehadiran Rasa asam, segar, dan juga gurih pasti akan meningkatkan selera makan kamu. Jika kamu sedang berada di Kalimantan, lebih baik kamu jangan lupa untuk mencoba makanan khas yang satu ini.

Baca Juga : Makanan Khas Bogor Paling Lezat Dan enak

Demikian mengenai ulasan mengenai makanan khas kalimantan semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, dan juga bisa menambah informasi ketika akan pergi ke kalimantan bersama keluarga maupun pasangan.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *