10 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Enak Dan Lezat

Halo teman – teman pada pembahasan ini kami akan mengulas tentang daftar makanan khas kalimantan timur yang paling enak dan juga lezat. Jadi sebagian besar makanan khas Kalimantan Timur berasal dari perpaduan antara kebudayaan suku asli Kalimantan Timur seperti suku Kutai, Dayak dan juga kebudayaan suku pendatang seperti suku Banjar dan Bugis.

Nah jadi ketika kamu sedang merencanakan untuk berkunjung ke kalimantan timur maka kamu jangan lupa untuk mencoba makanan khasnya, kalau kamu tidak mencobanya maka akan menyesal lho hehe. Intinya yang pecinta kuliner jangan lupakan kulinernya okay.

Baca Juga : Makanan Khas Kalimantan Paling Enak Dan Lezat

1. Nasi Kuning

Nasi Kuning

Nasi kuning adalah makanan berbahan dasar beras dimasak bersama dengan rempah-rempah khusus maka memberikan rasa yang gurih. Dan untuk warnanya sendiri ini didapatkan dari pewarna makanan alami yaitu kunyit.

Jadi nasi kuning dihidangkan dengan beragam lauk seperti tempe goreng, telur dadar, tahu goreng, ayam goreng dan lain-lain. Selain itu, kombinasi unik antara serundeng, telur, ikan gabus, bumbu Bali dan juga taburan bawang merah menjadikan nasi kuning semakin special.

2. Gence Ruan

Gence Ruan

Gence ruan adalah makanan yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Nama ”ruan” ini diambil sari empat huruf terakhir pada hidangan utama ini yaitu ikan haruan atau lebih dikenal dengan nama ikan gabus.

Dan sementara “gence” yaitu nama bumbu special yang digunakan. Dan biasanya, ikan haruan ini digoreng dalam keadaan kering atau juga dibakar setelah dilumuri dengan menggunakan garam.

Manakala sudah matang maka dicampur dengan menggunakan bumbu yang mempunyai cita rasa pedas serta manis. Dan bumbunya terdiri dari cabai merah, bawang putih, bawang merah serta air asam Jawa yang sudah ditumis sebelumnya.

3. Ayam Cincane

Ayam Cincace

Jika kita lihat memang makanan ini tidak berbeda dengan olahan daging ayam di tempat lain karena hanya daging ayam yang dibumbui serta dibakar. Namun manakala kamu mencicipi akan sangat terasa perbedaannya.

Dan perbedaan utamanya berada pada penggunaan bumbu merah yang digunakan serta cita rasa lengkuas, jahe serta kemirinya akan langsung nempel di lidah.

Awal mulanya kuliner dari ayam ini disajikan dalam acara khusus seperti pesta pernikahan , kelahiran serta upacara adat. Namun seiring berkembangnya waktu semakin banyak rumah makan yang menjual sajian lezat dari ayam ini.

4. Gangan Manok

Gangan Manok

Mungkin kamu ketika melihat makanan ini maka langsung dapat ditebak sejenis bakro namun yang membuat berbeda yaitu pengolahannya menggunakan daging ayam.

Setelah selesai digiling daging ayam lalu dicampurkan dengan semua bahannya dan dibentuk menjadi bulatan-bulatan kemudian masukkan ke dalam kaldu sambil tunggu sampai matang.

Selain itu, saat dinikmati maka kamu akan menghasilkan rasa gurih dari daging ayam tersebut. Teksturnya yang lembut dari daging sapi menjadikannya mudah untuk dikunyah. Dan kahadiran kuah kentalnya serta rasa kaldu yang kuat akan membuat makanan satu ini semakin lengkap.

5. Sayur Ayam Kutai

Sayur Ayam Kutai

Sayur ayam Kutai adalah salah satu jenis sayur berasal dari Indonesia. Dan untuk jenisnya juga bermacam-macam misalnya sayur asam kangkung, sayur asam ikan asing dan juga sayur asam khas Betawi.

Tetapi sayur asam yang berasal dari Kutai, Kalimantan Timur ini cukup unik karena menggunakan bahan utama berupa ikan gabus.cSelain itu juga menu pelengkapnya diantaranya potongan talas, kangkung dan jantung pisang batu.

Maka kepala ikan gabusnya dibelah menjadi dua lalu dilumuri dengan menggunakan garam serta air jeruk nipis. Nah ketika sudah langsung bisa dimasukkan dalam kuah berbumbu bersama dengan asam suntil dan beberapa bahan lainnya.

6. Sate payau

Sate Payau

Makanan yang enak selanjutnya yang ada di kalimantan timur yaitu Sate payau adalah sate yang unik karena menggunakan daging rusa sebagai bahan utamanya. Namun saat ini sate rusa sudah jarang ditemukan.

Karena pada saat ini rusa adalah hewan yang dilindungi oleh negara. Kamu dapat mendapatkannya ketika sedang ada acara festival atau acara adat yang diselenggarakan.

Dan beberapa orang yang pernah mengonsumsi mengungkapkan jika sate payau ini memiliki rasa yang manis serta gurih.

7. Pepes Kepiting

Pepes kepiting

Biasanya pepes itu terbuat dari daging ayam. Tetapi pepes khas Kalimantan ini menggunakan bahan utama kepiting. Kepiting soka adalah kepiting yang banyak digunakan untuk membuat pepes.

Dan untuk menghadirkan rasa yang sedap, bahan utama dibumbui cabai rawit, cabai merah, serai, kemangi dan juga beraneka rempah lainnya sebelum dibungkus dengan daun pisang.

Setelahh itu, pepes kepiting dikukus hingga matang dan untuk menciptakan aroma yang mengundang selera, makanan itu dibakar di atas bara api. Nah tetapi menggunakan beragam rempah, tapi pada saat masuk ke mulut yang dominan yaitu rasa pedasnya.

8. Kue Bingka Ketan

Kue Bingka Ketan

Makanan ini memiliki bentuk yang unik serta rasa manis dan teksturnya legit maka kue satu ini cocok dinikmati saat sore hari. seperti namanya, makanan lezat ini memiliki bahan utama yaitu kentang.

Dan setelah dihaluskan maka kentang akan dicampur dengan telur, tepung terigu, santan dan beberapa bahan. Jadi kamu perlu mecoba makanan ini ho karena rasanya sangat nikmat sekali.

9. Kue Gegicak

Kue Gegicak

Gegicak adalah sebuah makanan yang mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut. Makanan ini dibuat dari tepung beras ketan putih yang diberi daun pandan sebagai pewarna alami. Jadi memang menyerupai kue klepon dari Jawa.

Namun, jika klepon direbus dan bagian dalamnya diisi gula merah, kue tersebut dimatangkan dengan kukusan, ditaburi kelapa parut dan disiram saus gula merah. Nah aroma daun pandannya dan sausnya sangat enak dan lezat.

10. Pulut Nasi

Puput Nasi

Pulut nasi adalah makanan yang bahan dasarnya dibuat menggunakan beras tetapi karena porsinya sedang maka pulut nasi kerap dijadikan sebagai menu makan pagi oleh masyarakat sekitar.

Pulut nasi ini biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang dilipat kebagian tengah serta diberi sebatang lidi kecil, sekilas Nampak sederhana namun ternyata memempunyai rasa yang gurih serta pedas.

Nah jika dicampur dengan menggunakan santan serta sambal dari cabai dan kacang tanah yang dihaluskan maka akan menghasilkan rasa yang nikmat.

Baca Juga : Makanan Khas Batak Paling Enak Dan Lezat

Demikian mengenai ulasan makanan khas kaliamntan timur semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua dan bisa menambah infomasi mengenai kuliner kalimantan timur.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *