10 Makanan Khas Jember Paling Enak Harus Dicoba

Hei guys pada kesempatan kali ini saya akan mengulas artikel mengenai makanan khas jember. Bagi kamu yang sedang berada di daerah ini, maka kurang lengkap rasanya bila belum mencicipi makanan khas jember. Olahan khas jember mempunyai citarasa yang enak, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Menikmati masakan kuliner memang menjadi hal yang menarik untuk dilakukan.

Nah kegiatan ini tergolong dalam aktifitas yang menyenangkan. Setiap daerah di indonesia pasti memiliki yang namanya masakan khas atau biasa dikenal dengan istilah kuliner. Jadi masakan kuliner antara daerah satu dengan lainnya tidaklah sama. Nah jadi ketika kamu berkunjung ke suatu daerah sangat disayangkan jika kamu tidak mencoba untuk mencicipi masakan kulinernya lho.

Baca Juga : Makanan Khas Brebes Paling Enak Dan Lezat

1. Suwar – Suwir

Suwar Suwir

Suwar – suwir adalah masakan asli dari daerah jember jawa timur. Dan hidangan suwar – suwir menjadi masakan populer di jember. Jenis kuliner yang satu ini terbuat dari bahan dasar berupa tape.

Dan untuk bahan dasar tape tadi diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan makanan yang mempunyai bentuk seperti dodol. Namun, suwar – suwir mempunyai tekstur yang lebih keras daripada dodol lho.

Nah makanan ini terdiri dari berbagai macam- macam rasa lho. Dan adapun rasa yang tersedia antara lain sirsak, coklat, strawberry, kacang dan susu lho.

2. Gudeg Pecel

Gudeg Pecel

Masakan yang kedua yaitu gudeg pecel. Memang kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa gudeg adalah kuliner dari daerah istimewa yogyakarta.

Namun ternyata di kawasan jember jawa timur pun adakan masakan bernama gudeg. Nah jadi masakan asli dari jember yang memang hampir mirip dengan kuliner jogja itu yaitu gudeg pecel. Jadi sesuai dengan namanya, hidangan ini tersusun dari perpaduan gudeg yang nikmat dengan hidangan pecel.

Dan untuk rasa pedas dari sambal pecel yang ada dalam hidangan ini mampu menarik perhatian pengunjung daerah jember. Dalam seporsi gudeg pecel biasanya terdapat daging ayam, rempeyek, pecel dan sambal.

3. Pia Tape

Pia Tape

Pia tape adalah termasuk dalam makanan asli Daerah Jember yang disukai masyarakat. Masakan ini mempunyai beraneka rasa yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Dan adapun rasa yang tersedia untuk jajanan pia tape khas Jember antara lain blueberry, coklat, pisang, strawberry dan keju. Jenis makanan yang satu ini dapat dijadikan sebagai buah tangan asli dari Jember Jawa Timur.

4. Prol Tape

Prol Tape

Prol tape adalah suatu masakan yang berbahan dasar singkong. Nah jenis hidangan ini memang terdiri dari berbagai macam pilihan rasa, yang diantara lain kismis, keju, original dan juga coklat.

Selain itu, perpaduan yang sesuai antara rasa kecut, gurih dan juga manis menjadi ciri khas kuliner Jember.

5. Edamame

Edamame

Edamame adalah makanan yang termasuk dalam daftar yang perlu dicoba pada waktu berkunjung ke Daerah Jember. Jadi, edamame merupakan sebuah kedelai yang menurut cerita berasal dari Negara Jepang.

Namun, ternyata di Jember ada begitu banyak kedelai yang bernama edamame. Jenis makanan olahan dari kedelai ini dapat dengan mudah ditemui pada wilayah Jember.

Semua itu dapat terjadi karena terdapat begitu banyak toko oleh – oleh yang menjual kuliner tersebut.

6. Pecel Pincuk Garahan

Pecel Pincuk

Pecel pincuk gerahan merupakan salah satu kuliner lezat asli Daerah Jember. Nah sesuai dengan namanya, masakan ini dibungkus dengan pincuk daun pisang.

Dan pengguna bungkus daun pisang membuat pecel khas Jember itu terasa lebih nikmat. Masakan pecel pincuk garahan terkenal dengan sambalnya yang pedas.

Hal ini bisa terjadi lantaran proses pembuatan sambal menggunakan cobe batuk dan tanah lain. Maka, sambal pun memiliki tekstur yang kurang halus.

7. Soto ayam Dahlok

Sate Ayam Dahlok

Soto ayam dahlok ternyata masuk dalam daftar masakan kuliner dari Jember dengan rasa yang lezat. Jenis masakan khas ini mempunyai ciri khusus yang membedakan dengan soto pada umumnya lho.

Untuk jenis soto ini terdapat tiga macam, yaitu soto ayam biasa, soto jeroan dan soto biasa. Rasa dari masakan ini akan membuat setiap orang yang menikmati selalu rindu untuk mencoba kembali.

8. Brownies Tape

Brownies Tape

Brownies adalah salah satu jenis kue yang cukup terkenal. Nah ternyata di daerah Jember pun juga memiliki jenis kue brownies yang menjadi makanan khas lho.

Nah memang, brownies tape menjadi makanan yang perlu dicoba pada saat sedang berkunjung ke Jember.

Makanan ini terbuat dari adonan telur, tepung terigu, coklat dan gula. Selain itu, terdapat pula campuran tape singkong. Adanya campuran itulah yang membuat brownies tape begitu spesial.

9. Es krim Domino

Es Krim Domino

Makanan khas Jember ini mempunyai tampilan yang menarik. Dan selain tampilannya yang menarik, kuliner Jember ini juga memiliki lebih dari 40 jenis rasa lho. Maka itulah sangat disayangkan jika tidak mencoba makanan yang lezat tersebut.

10. Martabak Malabar

Martabak Malabar

Martabak Malabar hampir sama dengan Martabak Telur. Dan biasanya martabak ini mempunyai isi campuran dari telur, daging kambing, bawang bombay dan daun bawang yang diaduk rata dan dimasak bersama kulit martabak.

Baca Juga : Tempat Wisata Kuliner Di Jember Paling Enak

Demikian mengenai ulasan makanan khas jember semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, terutama bagi yang akan berkunjung ke daerah jember bersama keluarga tercinta.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *