20 Makanan Khas Jawa Tengah Yang Terkenal Enak Dan Lezat

Makanan khas Jawa Tengah atau juga kuliner jawa tengah memang begitu menggoda untuk dinikmati saat berkunjung ke suatu daerah baik dengan keluarga, teman kerja, ataupun dengan istri tercinta. Memang benar rasanya kurang lengkap jika kamu tidak mencoba makanan khas daerah jawa tengah asli ini. Nah disini kami akan merangkum makanan khas jawa tengah asli dimana ada sebagian memiliki rasa dan bentuk yang khas dari jawa tengah.

Nah jadi Jika kamu berkunjung ke jawa tengah maka makanan khas jawa tengah ini bisa kamu jadikan sebagai wisata kuliner yang wajib karena makanan tersebut memiliki ciri khas baik rasa maupun bentuknya. Nah bagi kamu yang sedang berada di jawa tegah jangan lupa mencicipi makanan khas jawa tengah dan kuliner jawa tengah.

Baca Juga : Makanan Khas Indramayu Terkenal Paling Lezat

1. Tahu Petis Semarang

Tahu Petis

Tahu merupakan dari Semarang tahu petis biasanya digunakan sebagai camilan atau bisa juga dilakukan bersamaan dengan nasi dia sudah pasti bahannya terbuat dari tahu yaitu .Makanan ini dinamakan tahu petis karena tahu kuning di disiram menggunakan saus kuah petis yang dikenal dengan nama petis.

Petis sendiri terbuat dari kuah daging ikan atau juga udang yang lalu dimasak menjadi kental lho. Tahu petis sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah yang ada di Semarang bahkan di beberapa wilayah di Jawa Tengah juga sudah terdapat satu ini.

2. Lumpia semarang

Lumpia

Semarang mempunyai beragam macam makanan akan salah satu makanan yang terkenal di semarang yaitu lumpia. Lumpia merupakan jenis makanan tradisi yang sangat beragam adapun isi dari makanan indonesia antara lain ayam telur sayuran serta udang jika kamu berkunjung ke semarang jangan lupa untuk kuliner yang satu ini.

3. Tempe Mendoan

mendoan

Tempe mendoan merupakan jenis makanan yang nikmat serta hampir disukai oleh banyak orang. Nah hampir semua daerah di jawa tengah terdapat makanan ini bukan hanya itu saja makanan satu ini juga menjadi makanan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah lho.

Orang banyumas purwokerto kerap menggunakan tepung kering ini disebut dengan tempe mendoan sebagai camilan saat sore hari. tempe mendoan merupakan tempa yang dicampur dengan beberapa bahan seperti irisan daun bawang yang kemudian digoreng hingga menjadi kering. Kalau di surabaya disana terkenal dengan tahu tek dimana rasanya juga bikin nagih.

4. Telur Asin

Telur Asin

Nah di Jawa Tengah terdapat sebuah telur yang cukup unik. yaitu telur asin terbuat dari telur bebek yang sudah sedemikian rupa diolah sehingga menghasilkan rasa asin. Telur asin sangat tinggi akan berapa vitamin serta sangat mudah di konsumsi untuk lauk sehari hari. cara mengonsumsinya atau bisa ditambahkan dengan nasi putih angan dan telur asin hangat di kumat dihidangkan dengan menggunakan kuliner soto khas jawa tengah.

5. Nasi Liwet Solo

Nasi Liwet Solo

Nah Nasi liwet dalam penyajiannya yang disertakan pelengkap. Pelengkap tersebut berupa potongan ayam sedangkan untuk nasi gandul disajikan menggunakan daging sapi. namun keduanya selalu memiliki rasa tidak jauh berbeda yaitu rasanya gurih.

Ketika memasak nasi gundul yang pertama-tama yaitu beras dimasak menggunakan santen dari kelapa. kamu bisa mendapatkan beragam penjual nasi liwet enak murah di di jajaran keraton solo. Kemudian tunggu apa lagi langsung upacara kematian klinik umatnya nasi liwet khas solo.

6. Nasi Gandul

Nasi Gandul

Nasi gandul adalah sebuah makanan yang penyajiannya dengan olahan daun pisang. Nasi gandul mempunyai rasa gurih jika dibandingkan dengan nasi pada umumnya selain itu, ada juga yang menambahkan berapa daun pandan.

Ketika memasak nasi gandul ini agar wanginya tetap terdapat data sebagai membangkitkan selera makan kita maka bisa dimakan langsung di kota asal yaitu kota Pati, Jawa Tengah. Nah tambahan beberapa lauk yang sudah diolah akan menjadikan pelengkap makanan yang enak. Nah jika kamu sedang berkunjung ke kota padang untuk mencoba gurihnya nasi gandul khas pati ini.

7. Soto kudus

Soto Kudus

Soto kudus adalah sebuah jenis kuliner yang berasal dari kota kudus. Soto rini berbeda dengan penyajian soto pada umumnya yaitu disajikan menggunakan mangkok kecil. Soto Kudus memiliki banyak varian sehingga kamu bisa mencicipi jenisnya. varian dari soto Kudus ini terdapat pada dagingnya. dari daging kerbau atau daging ayam.

Jika kamu tidak suka dengan daging kerbau maka bisa memilih varian daging ayam. Soto kudus ini pokoknya sangat lezat serta sangat sayang dilewatkan. dapatkan sensasi makan yang selalu berbeda dengan harga cukup murah.

8. Rondo Royal

Royal

Jadi kuliner satu ini mempunyai nama yang sangat unik serta membuat orang penasaran. Nah Bagaimana tidak nama Rondo dalam bahasa Jawa memiliki arti yang sangat berlainan. rondo itu mempunyai arti janda sedangkan royal berarti orang yang tidak pelit.

Cukup menggelikan memang jika kita mengerti arti namanya satu persatu. makanan ini berasal dari daerah jepara yang menggunakan bahan dasar berupa tape singkong . Tape tersebut kemudian diolah dengan cara di goreng. Untuk membuat adonan pertama-tama tape dimasukkan kedalam adonan tepung kemudian digoreng.

9. Dawet Ireng

Dawet Ireng

Nah Setelah makanan maka sangat pas jika minum yang segar-segar ya guys. Jadi Jika kamu sudah berkunjung ke daerah kabupaten purworejo maka kamu akan menjumpai minuman khas yaitu dawet ireng.

Dawet ini berbeda dengan dawet pada umumnya dimana pada dawet ireng ini memiliki warna hitam bukan hijau . warna hitam didapatkan pada saat ini yaitu dari bahan alami berupa daun jerami yang menghasilkan warna hitam pada minuman.

10. Wajik

Wajik

Nah masih makanan dengan menggunakan bahan beras yang digunakan untuk batu wajik ini berbeda dengan beras pada umumnya. yaitu menggunakan beras ketan yang sudah di berikan adonan gula jawa. Wajik ini memang berbeda karena ada gula jawa sehingga menghasilkan warna coklat. Karena adanya perkembangan maka wajik sekarang bukan hanya memiliki warna hitam saja melainkan juga ada yang berwarna-warni.

Wajik yang berwarna-warni ini menggunakan bahan utamanya beras dan gula pasir sehingga akan menghasilkan warna putih. Berbeda dengan menggunakan gula Jawa yang menghasilkan warna cokelat. Lalu masih nunggu apa lagi langsung saja nikmati enaknya wajik khas Jawa ini.

11. Mangut Beong

mangut Beong

Mangut beong adalah makanan di yang hanya terdapat di kabupaten magelang jawa tengah. kota magelang merupakan salah satu kabupaten yang ternyata tidak jauh dari kota jogja dimana terdapat candi borobudur yang merupakan candi terbesar di indonesia.

Nah jika kamu berkunjung ke magelang jangan lupa untuk mencoba Mangut Beong ini. Mangut beong ini adalah makanan yang terbuat dari ikan beong. apa itu ikan beong? Ikan beong merupakan ikan seperti ikan lele. Yang membedakan dengan ikan lele, ikan beong ini merupakan ikan yang tidak mudah hancur.

12. Brekecek

Brekecek

Brekecek adalah sebuah makanan yang berasal dari jawa tengah yang tepatnya di kabupaten cilacap. Nah Meskipun namanya aneh tetapi jangan ditanya lagi, bekecek siap menggoyang lidah kamu lho. Selain itu, Bekecek ini juga bisa dinikmati langsung dan pokoknya rasanya akan siap membuat kamu ketagihan. Jadi jangan salahin saya kalau kamu semua nanti tidak mau berhenti menikmati eneknya Berekecek ini.

13. Nasi Grombyang

Nasi gambyang

Nah jadi di pemalang ada salah satu makanan khas suku punika itu yaitu nasi grombyang. Jadi makanan ini di dapat dari cara penyajiannya yaitu kurang lebih mempunyai kuah lebih banyak dibandingkan isinya sehingga akan nampak bergoyang-goyang. Kuliner ini menggunakan bahan dasar berupa tahu dan daging kerbau nasi serta dalam penyajiannya disajikan dalam mangkuk kecil serta ditambahkan dengan satu lauk pauk.

Nah jika kamu ingin menemukan penjual nasi grombyang kamu dapat menemukan ada penjual dengan mempunyai ciri khas menggunakan kuali berukuran besar serta tempat masih ditutup dengan dan juga berwarna merah dan juga untuk warungnya biasanya berjualan pada warung remang-remang.

14. Mie Ongklok

Mie Ongklok

Makanan ini adalah makanan khas dari daerah wonosobo jawa tengah yaitu mie ongklok. Makanan ini dengan kol dan potongan daun kucai. jadi Kuah pada mie ongklok ini memang menggunakan kanji, jadi akan lebih kental dari pada kuah mie biasanya.

Nah untuk menikmati mie ongklok ini, kamu dapat memilih sate sapi, tempe kemul atau keripik tahu sebagai pendampingnya saja. Selain itu, Mie ini diberi nama mie ongklok karena menggunakan ongklok yaitu semacam keranjang yang kecil yang terbuat dari anyaman bambu. nah Ongklok ini dipakai digunakan untuk merebus mie ke dalam kuahnya.

15. Getuk Goreng

Getuk Goreng

Jadi Gethuk biasanya disajikan dengan cara dikukus tapi satu yang sangat unik itu dengan cara di goreng. Getuk goreng merupakan makanan khas dari daerah sukaraja banyumas jawa tengah . bahan utama yang digunakan untuk getuk orang yaitu singkong.

Konon dahulu ada seorang penjual nasi yang juga menjual getuk, namun getuk yang dijual tidak laki sehingga ia berputar otak dengan menjual getuk dengan cara digoreng. Alhasil getuk goreng laris manis pembeli. Untuk harganya juga cukup terjangkau, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar seribu rupiah saja untuk satu buah getuk goreng.

16. Enting-Enting Gepuk

Enting-enting

Enting-enting merupaka salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup populer. Jadi makanan ini dibuat dengan bahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan gula jawa dan juta dipadatkan. Rasa kacang dan manis dari gula menyatu dengan sangat sempurna yang membuat camilan ini terasa begitu nikmat.

Jadi, makanan khas Jawa Tengah ini dulunya berasal dari daerah Salatiga lho. tetapi, kini kamu sudah cukup mudah menemukannya. Jadi hal ini dikarenakan enting-enting sudah tersebar di berbagai daerah dan biasanya menghiasi etalase toko oleh-oleh.

17. Jenang Kudus

Jenang Kudus

Jawa Tengah punya jenang dodol versi mereka sendiri. Salah satu makanan khas ini muncul di daerah Kudus. Jadi, jenang Kudus memunyai detail yang sama dengan dodol Garut. Dan Hanya saja, camilan ini dibungkus memanjang dengan ukuran kecil menggunakan plastik bening.

jadi, di Kudus, kamu bisa dengan mudah mendapatkan produk camilan ini karena banyak toko oleh-oleh yang menyediakannya. Dan Selain itu, jenang Kudus juga sudah mulai menyebar di berbagai daerah lain dan menjadi salah satu ikon makanan khas Jawa Tengah yang istimewa.

18. Garang Asem

Garang Asem

Sajian kuliner yang satu ini cukup mudah ditemukan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah, seperti Kudus, Semarang, Pati, Demak dan juga Pekalongan. Garang asem dibuat dengan bahan dasar daging ayam. Jadi, apa yang menarik dari makanan ini yaitu daging ayam diolah dengan santan, asam dan juga cabai. Ketika matang, kamu akan merasakan olahan daging yang unik dan lezat. Selain itu Dalam penyajiannya, kuliner khas Jawa Tengah ini memang disajikan dengan daun pisang sehingga terlihat lebih tradisional.

19. Karang Gesing

Karang Gesing

Kuliner khas Jawa Tengah lain yang patut untuk kamu coba yaitu karang gesing. Jadi beberapa orang menyangka bahwa makanan ini merupakan olahan seafood. Nah Padahal, karang gesing yaitu makanan khas dari Solo yang dibuat dengan bahan pisang. Pisang tersebut diolah dengan santan dan gula hingga mempunyai rasa yang sangat gurih dan manis.

20. Sosis Solo

Sosis Solo

Ketika anda sedang berada di Solo, Anda akan menemukan sosis yang unik. Benar, salah satu makanan khas Jawa Tengah ini memang sangat terkenal dan juga menjadi ikon di Jawa Tengah.

Sosis Solo yang dibuat dengan bahan telur dadar sebagai kulit -sebagaimana kulit lumpia tetapi lebih lembut. Dan juga Setelah itu, kulit tersebut diisi dengan gilingan daging ayam atau juga daging sapi. Dan di Solo, ada 2 jenis makanan khas Jawa Tengah ini, yaitu sosis solo basah yang di kukus dan juga sosis Solo kering yang digoreng.

Nah, demikian beberapa mengenai kuliner khas Jawa Tengah yang bisa Anda coba. Jadi Bisa dilihat Jawa Tengah menjadi salah satu daerah yang kaya akan olahan kuliner lho. Nah, coba mana menu kuliner yang akan kamu coba pertama kali?

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *