10 Makanan Khas Batak Paling Enak Dan Bikin Menggoda

Mungkin kalian yang sedang membaca artikel ini sedang mencari tentang makanan-makanan khas suatu daerah yang berada di indonesia, namun kalian nyasar dan menemukan informasi tentang makanan khas batak. Makanan khas batak ini semuanya enak-enak lho, mungkin kalian akan penasaran dengan rasa makanan khas batak ini.

Sebelumnya, Batak adalah salah satu suku yang berada di Sumatera Utara. Dan makanan khas Batak sangat banyak sekali jenisnya. Nah jika kamu sedang berencana untuk berkunjung ke Batak maka kamu jangan melewatkan beberapa daftar makanan khas Batak lho.

Baca Juga : Makanan Khas Pontianak Paling Enak Dan Lezat

1. Anyang Pakis

Anyang pakis

Anyang pakis adalah makanan yang dibuat dari tanaman pakis atau tumbuhan paku yang kemudian diberi tambahan berupa kelapa hasil penyaringan.

Selain itu, jika dilihat sekilas anyang pakis ini mirip dengan urapan, akan tetapi penggunaan serundenganya yang membedakan. Untuk rasanya jangan ditanya lagi sudah pasti siap menggoyang lidahmu.

2. Bika Ambon

Bika Ambon

Bika ambon adalah sejenis kue yang dibuat dari adonan berupa tepung, santan, gula, kuning telur yang kemudian akan difermentasi dengan air nira. Nah air inilah yang membuat bika ambon berbeda dengan makanan lainnya.

Jadi makanan ini disesuaikan dengan nama jalan yang menjual makanan ini pertama kalinya yaitu jalan Ambon. Jalan Ambon ini bukan jalan yang ada di kota Ambon Maluku melainkan nama jalan yang ada di Medan.

3. Sayur Gurih Taucho

Taucho

Sayur gurih taucho adalah sayur dengan kuah dari santan yang lalu ada udang serta daging sapi yang sudah diberi bumbu taucho. Jadi keberadaan taucho inilah yang membedakan dengan jenis sayur lainnya.

Dan penambahan taucho ini juga menghasilkan kuah yang memiliki aroma khas. Selain itu, Rempah yang digunakan diantaranya bawang putih serta bawang merah yang sebelumnya sudah dipotong kemudian ditumis baru diberi cabai giling, cabai merah, serai lengkuas dan juga jahe.

4. Lemang

Lemang

Lemang adalah makanan yang cukup terkenal. Lemang ini adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang sudah dicampurkan dengan santan dan proses masaknya juga menggunakan perantara bamboo sehingga semakin menjadikan lemang ini unik.

Dan, masyarakat indonesia kerap mengonsumsinya dengan cara memberi tambahan isian bercita rasa manis seperti kinca, srikaya, dan selai. Namun ada pula yang menambahkan rendang, telur, serta lauk pauk lain, bahkan bisa dikonsumsi bersama buah seperti durian.

5. Naniura

Naniura

Naniura adalah makanan dari suku Batak yang mirip dengan sashimi di Jepang. Naniura adalah makanan dari ikan manis yang sudah diasami dan cara pembuatannya mirip dengan sashumu dikarenakan ikannya sama sekali tidak dimasak.

Tapi jangan salah ternyata bumbu asam bisa membuat ikan masak, dikarenakan ikan akan diolah secara kimiawi sehingga menjadikannya tidak amis serta membuat bumbunya bisa meresap ke dalamnya.

6. Kue Putu Bambu

Kue Putu bambu

Kue putu bambu adalah kue yang cukup terkenal di Medan, dan makanan ini dibuat dari tepung beras lalu diisi menggunakan gula merah dan aroma pandan yang sangat khas.

Terkait dengan rasanya kue putu bambu ini mempunyai rasa yang sangat lembut bercampur dengan legit ketika masuk ke mulut dan juga gula merahnya akan manis serta lumer dalam mulut.

7. Saksang

Saksang

Saksang adalah makanan dari olahan daging babi, anjing, kerbau yang lalu dibumbui dengan darah. Nah tetapi kini penggunaan darahnya dihilangkan dan diganti dengan bumbu sambal yang dikenal dengan nama so margota. Dan yang membuat unik selain diberi hasil cincangan daging serta bumbu, saksang juga diberi dengan santan.

Selain itu bumbu yang digunakan antara lain andaliman, bawang merah, ketumbar, cabai, serai, merica, bawang putih, daun salam, kunyit, lengkuas, jahe, jeruk purut dan dihaluskan bersama dengan santan. Makanan khas dari Suku Batak ini biasanya disajikan dengan menggunakan nasi lho.

8. Natinombur

Natinombur

Natinombur merupakan olahan ikan yang bumbunya langsung ditaruh diatasnya akan tetapi ikan yang digunakan yaitu ikan masak.

Menurut cerita yang beredar, dahulu para nelayan yang akan mengarungi Samudra akan memasak dengan cara sederhana sehingga mereka hanya membakarnya dan bumbunya dihaluskan sebelum dibalurkan ke atas ikan.

Jadi meskipun kini bumbunya dimasak dengan cara yang berbeda yaitu ditumis. Dan untuk pembuatannya makanan satu ini bisa dibuat dengan cara dibakar atau juga digoreng terlebih dahulu ikannya kemudian diberi hasil tumisan.

9. Daun Singkong Tumbuk

Daun Singkong Tumbuk

Dalam penggunaan daun singkong sebagai olahan khas dari Indonesia memang masih asing terdengar, akan tetapi Medan memiliki olahan daun singkong tumbuk yang terbuat dari daun ubi kayu. Kuliner ini memiliki sebutan yang cukup beragam ada yang diberi nama silalay, gule bulung gadung serta parcak.

Untuk pembuatannya memang cukup mudah yaitu hanya perlu menyiapkan bumbu halus dari cabai merah bawang merah, kunyit, dan bawang putih. Lalu daun singkong yang menjadi bahan utamanya bisa dengan mudah diambil, namun diutamakan daun yang masih muda.

Setelah itu, diperlukan beberapa bahan lain yaitu daun singkong yang sudah diiris kasar, lengkuas serta batang serai yang sudah dimemarkan, irisan batang kecombrang, dan teh ebi yang telah diseduh, disangrai, dan dihaluskan. Terkait dengan rasanya sudah pasti nikmat dan menggoyang lidah.

10. Kolak Durian

Kolak Durian

Makanan selanjutnya adalah kolak durian, nah penggunaan durian memang sengaja dipilih untuk memanfaatkan durian yang cukup banyak di Medan.

Satu porsi kolak durian bukan hanya berisi durian serta airnya saja melainkan juga diberi tambahan berupa pisang kepok, jagung manis rebus, gula aren, ketan putih serta santan.

Rasanya akan sangat manis di mulut karena jagung, pisang, dan durian adalah olahan yang punya rasa manis, belum lagi adanya gula aren yang membuat rasa manisnya bertambah kuat.

Baca Juga : Makanan Khas Sumatera Paling Enak dan Lezat

Demikian mengenai makanan khas batak semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua teman -teman. Terima Kasih

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *