10 Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak Dan Bikin Ketagihan

Banyuwangi memang adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang cukup terkenal dengan pesona wisatanya. Dan salah satu tempat yang paling terkenal yaitu kawah ijen. Kawah ijen adalah sebuah kawah terbesar di Pulau Jawa dengan luas mencapai 20 km. Dan keindahan kawah ijen sudah tidak diragukan lagi. Dan selain kawah ijen, Banyuwangi masih memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Banyuwangi juga terkenal dengan kekayaan kulinernya salah satunya yaitu makanan khas banyuwangi. Makanan khas Banyuwangi sudah banyak dikenal wisatawan lho, contohnya misal sego tempong dan pindang koyong. Selain wisatawan yang sengaja berkunjung ke Banyuwangi, para wisatawan yang hendak menuju ke Bali juga kerap mampir untuk menikmati lezatnya makanan dari kota ini sebelum melanjutkan perjalanan dan menyebrang selat Bali.

Baca Juga: Makanan Khas Pacitan Paling Lezat

1. Pindang Koyong

Pindang Koyong

Nah masih dengan cita rasa yang pedas, ada masakan pindang koyong yang dapat menggoyang lidah anda. Pindang koyong yaitu masakan ikan pindang dengan kuah bening rasa asam pedas. Rasa asam diperoleh dari irisan belimbing sayur / belimbing wuluh.

Selain itu, Bisa dibayangkan segarnya daging pindang lembut yang dipadukan dengan kuah asam pedas. Beberapa orang menyukai pindang koyong kepala ikan. Kalau kuliner yang satu ini paling cocok dimakan saat siang setelah selesai mengunjungi wisata yang ada di Banyuwangi.

2. Sego Tempong

Nasi Tempong

Tempong mempunyai arti menampar. Nah jadi sego tempong ini adalah kuliner khas Banyuwangi dengan cita rasa pedas. Dan saking pedasnya digambarkan rasanya seperti sedang ditampar.

Sego Tempong yaitu berupa nasi panas yang dihidangkan bersama sayur-sayuran rebus dilengkapi dengan sambal mentah super pedas yang disebut sambal tempong. Dan biasanya penjual sego tempong ini akan menyediakan aneka pilihan lauk sehingga pembeli bisa memilih sesuai dengan keinginannya.

Ada beberapa pilihan lauk diantaranya, bakwan jagung, pepes ikan laut, ayam goreng, telur dadar, dan ikan asin. Sego tempong ini memang terkenal karena rasa segar dari sambal mentahnya. Kuliner satu ini paling pas dinikmati di malam hari sambil menikmati kota Banyuwangi.

3. Sego Cawuk

Sego Cawuk

Sego cawuk merupakan sebuah pilihan yang tepat saat anda berada di Banyuwangi. Sego cawuk juga terkenal dengan nama Sego Janganan. Nah masakan ini dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan kota Banyuwangi lho.

Dan satu porsi sego cawuk terdiri dari nasi, gecok (campuran parutan kelapa dan pipilan jagung bakar yang pedas dan segar), kuah pindang yang gurih, daun semanggi kukus, serta sambal serai. Untuk menambah kenikmatan, anda bisa memilih lauk yang disediakan penjual seperti pepes ikan laut atau telur pindang.

4. Ayam Pedas

Ayam Pedas

Jika kamu melewati wilayah Banyuwangi bagian selatan kamu akan menemukan banyak penjual masakan ayam pedas. Pada masakan ini, daging ayam dimasak dengan cara dibakar setelah itu dicampur dengan kuah santan yang tidak terlalu kental.

Rasa pedas dari kuahnya akan meledak di mulut. Untuk satu porsi biasanya dilengkapi pula dengan telur rebus dan hati ayam. Nah bagi pecinta pedas, kamu wajib mencoba masakan khas dari Banyuwangi ini. Sebaiknya anda menggunakan sendork ketika makan supaya tangan tidak panas terkena cabe.

5. Rujak Soto Banyuwangi

Rujak Soto

Rujak soto adalah salah satu kuliner favorit para wisatawan saat sedang berada di Banyuwangi. Makanan ini paling nikmat dijadikan menu makan siang.

Jika kamu penasaran, rujak soto ini merupakan perpaduan rujak sayur dengan siraman kuah soto serta irisan daging dan babat. Jika kamu penggemar kuliner pedas, anda bisa memesan ke penjual sesuai selera.

6. Pecel Rawon

Pecel Rawon

Nah kuliner nasi pecel memang sudah biasa kita jumpai dan kita makan sehari-hari. Tetapi di Banyuwangi kedua kuliner tersebut disatukan menjadi salah satu makanan khas Banyuwangi yang banyak dicari orang lho.

Pecel rawon terdiri dari nasi panas ditambah sayuran rebus dan juga sambal pecel kemudian ditambahkan kuah rawon termasuk irisan daging sapi. Jadi makan menjadi lebih nikmat jika ditambahkan rempeyek. Dan Makanan pecel rawon saat ini memang sudah terkenal luas sehingga semakin mudah ditemukan.

7. Aneka Manisan Banyuwangi

Manisan

Banyuwangi juga memiliki makanan khas berupa manisan yang dibuat dari berbagai macam buah-buahan. Nah ada beberapa manisan yang terkenal di Banyuwangi contohnya, manisan tomat, manisan cerme, dan manisan pala kering.

Manisan dari kota Banyuwangi tak kalah enak dengan manisan dari daerah lainnya. Kamu dapat membeli manisan Banyuwangi sebagai camilan sendiri atau juga sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat.

8. Pecel Pitik Banyuwangi

Pecel Pitik

Jadi masakan khas Banyuwangi tak kalah nikmat dengan lainnya adalah masakan pecel pitik. Sebenarnya pecel pitik merupakan sajian khusus yang digunakan pada saat mengadakan acara-acara selamatan.

Tetapi karena semakin banyak digemari orang, kuliner satu ini sekarang dapat dengan mudah dijumpai di banyak warung makan di sekitaran kota Banyuwangi lho.

Kamu bisa mampir ke Desa Kemiren Banyuwangi untuk menikmati pecel pitik yang nikmat ini. Yang khas dari masakan ini adalah perutan kelapa uda yang dibumbui kemudian dicampur dengan potongan ayam kampung yang disuwir-suwir.

9. Botok Tawon Banyuwangi

Batok Tawon

Botok tawon memang terdengar unik dan aneh. Tawon adalah bahasa jawa dari hewan lebah penghasil madu. Tetapi yang digunakan sebagai bahan pembuat botoknya bukan hewan tawonnya melainkan rumahnya alias sarangnya. Sarang lebah tersebut diolah secara khusus sehingga menjadi sebuah masakan yang lezat.

Makanan unik ini adalah khas dari Banyuwangi. Sayangnya agak sulit menemukan masakan ini, mengingat bahan baukunya yaitu sarang lebah cukup sulit diperoleh. Nah jadi mungkin kamu penasaran dengan rasa dari masakan satu ini, kamu dapat pergi ke warung milik Bu Misnah yang berada di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

10. Bagiak Banyuwangi

Bagiak

Bagiak adalah sebuah makanan yang dibuat dari tepung sagu yang diolah dengan cara khusus. Rasa yang tersedia antara lain, keju, kacang, durian, nangka, pandan, jahe, vanilla, dan mocca. Dan kue bagiak mempunyai tekstur sangat lembut sehingga disukai baik oleh orang dewasa dan anak-anak.

Bagiak sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Kue ini bisa bertahan hingga kurun waktu 3 bulan tanpa terpapar sinar matahari secara langsung.

Baca Juga : Makanan Khas Riau Paling Enak Dan Lezat

Nah demikian mengenai makanan khas Banyuwangi yang wajib kamu coba pada saat sedang berwisata atau berada ke Banyuwangi. Dan semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *