10 Makanan Khas Ambon Paling Enak Dan Bikin Ketagihan

Assalamualaikum teman- teman bagaimana kabar kalian? mungkin kalian akan merencanakan liburan bersama keluarga tercinta kan, pastinya ketika sedang liburan akan mencoba makanan khas daerah yang akan kamu kunjungi, contohnya yang akan saya bahas adalah makanan khas ambon.

Nah, walaupun ambon tidak mempunyai banyak kulinernya tetapi semua kulinernya sangat enak dan bikin kamu ketagihan deh. Nah mungkin kamu sudah tidak sabar ingin tahu apa saja makanan khas ambon yang paling enak dan ingin mencobanya. Maka kamu simak berikut dibawah ini dengan seksama.

Baca Juga : Makanan Khas Batak Paling Enak dan Lezat

1. Kohu-Kohu

Kohu Kohu

Kohu-kohu adalah makanan yang mirip dengan urap-urap yang berada di Jawa. Dan bahan utama yang digunakan diantaranya sayur-sayuran menatah.

Contohnya seperti kacang panjang, tauge, mentimun, daun kemangi, kemudian diaduk menjadi satu dengan irisan bawang putih, bawang merah, cabai, perasan jeruk nipis, dan suwiran ikan cakalang dipotong dengan ukuran kecil lalu dicampurkan dengan kelapa parut.

Selain itu, tambahan suwiran ikan cakalang ini yang membedakan kohu-kohu dengan urap-urap dari Jawa. Nah jadi kohu-kohu nikmat ketika disajikan dengan singkong, talas, ubi jalas atau pisang rebus.

2. Papeda

Papeda

Papeda adalah salah satu makanan dari Ambon yang cukup terkenal. Dan papeda ini sebenarnya makanan pokok masyarakat Ambon yang bahkan dapat ditemukan disemua daerah yang ada di Ambon.

Bahan baku pembuatan Papeda yaitu sagu yang diolah dengan bentuk seperti bubur, mempunyai warna putih dan tekstur seperti lem. Selain itu, makanan khas satu ini lebih enak manakala disantap ketika masih panas dengan kuah ikan kuning.

Nah adapun yang membuat pcita rasa papeda ini mantap yaitu kuah ikannya. Dan Kuah ikan kuning dari ikan tongkol atau mubara yang sudah dibumbui dengan kunyit. Selain itu, papeda juga dikombinasikan dengan ikan gabus, ikan kue, kakap merah.

3. Nasi Kelapa

Nasi Kelapa

Nasi kelapa mempunyai tampilan yang sama dengan nasi uduk yang berasal dari Jawa. Dan bahan utama yang digunakan untuk membuat nasi kelapa ini juga sama dengan cara membuat nasi uduk.

Dan meskipun hampir sama namun dalam pembuatan nasi kelapa khas Ambon ini menggunakan teknik khusus. Untuk cara membuatnya yaitu dengan mengukus nasi setengah matang kemudian disiram dengan menggunakan santan pekat serta dikukus dengan menggunakan nasi.

Dalam penyajiannya dengan diberikan beberapa lauk seperti ikan bakar, sambal colo-colo, ikan asin .telur asin serta gorengan jagung. Nah biasanya akan ditambahkan dengan sejenis serundeng yang disebut dengan sambal kelapa.

4. Nasi Lapoda

Nasi Lapoda

Jadi campuran nasi dan juga kacang tolo atau kalau di Jawa dikenal dengan kedele merah ini menjadikan nasi lapoda ini menjadi salah satu masakan favorit masyarakat Ambon dikarenakan memiliki cita rasa yang gurih serta pulen.

Maka langkah membuatnya yaitu dengan memasak beras yang sudah dimasak setengah matang lalu dicampurkan dengan kacang tolo rebus, garam serta kelapa parut.

5. Rujak Natsepa

Rujak natsepa

Memang benar Hampir semua daerah yang ada di Indonesia mempunyai rujak dengan tampilan berbeda-beda. Rujak Natsepa ini adalah rujak khas Ambon. Asal usul namanya yaitu dari nama tempat daerah dimana rujak ditemukan.

Dan Rasa rujak natsepa ini sangat enak, lezat serta segar dikarenakan berasal dari buah-buahan yang segar misalnya nanas, pepaya, belimbing, bengkoang serta jambu. Untuk bumbunya terbuat dari gula aren, kacang tanah goreng, asam jawa serta garam yang sudah diulek menjadi satu.

6. Gogos Ambon

Gogos Ambon

Nah makanan ini penampakannya mirip lemper kalau di Jawa, bedanya kalau lemper biasanya berisi suwiran daging ayam, abon ataupun cacahan tempe, namun gogos biasanya berisi suwiran ikan.

Dan bahan baku gogos adalah ketan yang diisi suwiran ikan, dibungkus daun pisang lalu dibakar. Paling mantap disajikan saat masih hangat dan dijadikan teman minum kopi atau minum teh.

7. Ikan Kuah Pala

Ikan Kuah Pala

Ikan kuah pala ini kerap dihidangkan ketika menjadi tamu atau pejabat yang berkunjung ke Pulau Banda. Kuah sopnya terasa begitu segar, karena rasa asam bercampur dengan pedas dari buah pala.

Ikan kuah pala ini umumnya dihidangkan dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar, serta sambal bekasang yang di buat dari ikan cakalang tumbuk.

8. Kopi Sibu-Sibu

Kopi Sibu-sibu

Jika kamu adalah pecinta kopi maka kamu semua wajib datang ke satu kedai kopi paling terkenal yaitu kopi sibu-sibu. Dalam Bahasa Maluku, sibu-siu mempunyai arti angin sepoi-sepoi dalam Bahasa melayu “hail buang lansyik” artinya tempat untuk melepaskan suntuk.

Dan yang menjadi favorit dari kedai kopi ini yaitu kopi rarobang. Kopi rarobang berasal dari biji kopi robusta yang sebelumnya sudah dihaluskan dengan cara tradisional dan untuk cara penyajiannya dicampur menggunakan bubuk cengkeh halus dan terakhir diberi taburan biji kenari sebagai penghias serta pelengkap aroma kopi.

9. Nasi Bambu

Nasi bambu

Nasi bambu adalah makanan khas Ambon dengan menu utama yang biasanya disantap ketika sedang santai. Nasi bambu mempunyai bahan utama berupa beras ketan serta memiliki cita rasa yang enak. Dibutuhkan kesabaran yang tinggi membuat nasi bamboo.

Nah biasanya dalam proses pembuatannya ini dimulai sejak pagi hari, langkah awal dalam pembuatan nasi bambu yaitu mencuci beras sampai bersih dan juga tiriskan sampai tidak ada lagi sisa air. Lalu kupaslah kelapa dan parutlah untuk menghasilkan sebuah santan.

Setelah santan diperas berilah sedikit garam pada santan tadi agar citra rasa santan menjadi kuat, lalu sisipkan santan dan siapkan bambunya. Dan bambu yang digunakan berukuran sedang agar pada saat mencetak nasi mendapatkan hasil yang pas.

10. Pisang Asar

Pisang Asar

Pisang asar adalah makanan yang terbuat dari pisang raja. Tidak semua jenis pisang bisa digunakan sebagai sajian cemilan khas Ambon dikarenakan akan berpengaruh pada rasanya nanti.

Pisang asar sangat pas ketika disajikan bersama dengan kopi atau teh. Makanan ini dinamakan sebagai pisang asar karena cara membuatnya dengan cara dipanggang. Dalam Bahasa Ambon asar berarti oven.

Baca Juga : Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Enak

Nah itulah pembahasan mengenai makanan khas ambon, semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda, terima kasih teman-teman.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *