Nikmati Liburan Menyenangkan di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu objek wisata yang sangat menarik yang berada di daerah Cianjur, Jawa Barat. Wisata ini memberikan keindahan alam yang hijau dan juga serasi dengan view pegunungan yang eksotis, ditambah lagi dengan udara segar yang menyejukkan karena berada di ketinggian 1.275 mdpl yang membuat wisata ini nyaman untuk dikunjungi.

Selain itu, kebun Raya Cibodas mempunyai luas kurang lebih 80 H. Dan juga hamparan taman hijau dengan rindangnya deretan pohon dan rerumputan yang terawat bisa dijadikan tempat untuk bersantai. Oh ya, terdapat juga beberapa kolam air mancur yang dapat membuat kamu akan merasa betah berlama-lama disini.

Kebun Raya Cibodas
Jam Buka:08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 16.500 / orang
Kontak:087885892946
Kegiatan:Belajar, fotografi, makan
Waktu Kunjungan:3 Jam
Alamat:Sindanglaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253
Fasilitas Umum:Mushola, Gazebo, dan Tempat makan.
Online Maps:View Maps
Taman Sakura

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah sebuah wisata yang memiliki hamparan rumput hijau dan dilengkapi koleksi tanaman bunga. Taman ini memiliki luas mencapai 80 hektar, dan juga ditambah dengan beberapa bukit mini yang menambah nilai keindahan Kebun Raya Cibodas.

Dan selain itu, sebagai tempat koleksi ex situ (di luar habitat) untuk tumbuhan tropis basah dataran tinggi. Disini memiliki beberapa koleksi tumbuhan yang dimiliki oleh kebun raya cibodas yaitu berbagai jenis pohon besar yang dilindungi contohnya seperti, tumbuhan paku pegunungan, tumbuhan runjung, rusam, dan juga hutan kaliandra. Termasuk dalam koleksinya yaitu berbagai jenis pohon yang besar.

Kubun Raya

Sejarah Kebun Raya Cibodas

Taman Raya Cibodas sudah ada dari sejak tahun 1852 terkenal dengan Cibodas botanical garden oleh ahli botanu yang berasal dari negera Belanda bernama Johannes Elias Teijsmann.

Untuk tanggalnya sendiri, saat itu tanggal 11 April tahun 1852 yang merupakan peletakan pertama bibit pohon Kina. Dan sehingga hari tersebut dijadikan sebagai hari jadi Kebun Raya Cibodas. Dan asiknya saat Anda datang pada 11 April maka tidak ada biaya retribusi yang ditanggungkan kepada Anda, alias gratis.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Nah, ketika pada tahun 2003 status kebun raya ini telah mandiri dan berubah menjadi Balai Konservasi Tumbuhan yang posisinya ada di bawah pimpinan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sampai sekarang.

Kebun Raya Cibodas

Daya Tarik

Jangan salah, di kebun raya cibodas juga terdapat beberapa spot keren yang bisa kamu nikmati ketika mengunjungi Kebun Raya Cibodas seperti berikut dibawah ini:

Rumah Kaca

Jadi bila kamu masuk ke dalam rumah kaca, maka terdapat lebih dari 4000 contoh macam tanaman yang terdiri dari 350 jenis kaktus, 360 jenis anggrek, dan juga berbagai macam tanaman unik yang tersedia di rumah kaca tersebut.

Taman Lumut

Kebun Raya Cibodas juga mempunyai sebuah taman yang unik, yaitu taman lumut. Taman lumut disini memiliki koleksi sebanyak 235 jenis lumut.

Taman Sakura

Kebun Raya Cibodas juga memiliki keindahan taman sakura. Tumbuhan sakura yang seharusnya hanya tumbuh di tempat yang mempunyai empat musim saja, namun di Kebun raya ini dapat tumbuh dengan subur karena memiliki ketinggian lebih dari 1400 mdpl.

Kolam Besar

Kolam ini digunakan untuk koleksi tumbuhan air dan dibangun sekitar tahun 1901.

Bunga Bangkai Raksasa

Bunga ini sangat terkenal dengan bau bangkainya dan ukurannya yang sangat besar. Bunga ini dibawa dari Jambi pada tahun 2000. Bunga bangkai ini juga berbunga tiap empat tahun sekali.

Taman Rhododendron

Taman Rhododendron merupakan sebuah taman bunga yang memiliki beragam variasi warna bunga yang sangat indah. Bunga-bunga tersebut berasal dari negara seperti Indonesia, Jepang, dan China.

Araucaria Avenue

Arucaria Avenue merupakan sebuah jalan batu yang tertata rapi dari wisma tamu hingga kolam besar. Disini terdapat pohon Araucaria yang sudah ada sejak tahun 1866 di sepanjang jalan tersebut. Bila dihitung, pohon ini telah berumur lebih dari 1 abad.

Jalan Air

Nah jalan air disini adalah sebuah aliran sungai Cibogo yang berasal dari gunung Gede. Tidak mengherankan bahwa air yang mengalir disini sangat dingin dan jernih. Hal itulah yang menyebabkan tempat ini dijadikan sebuah wahana bermain untuk anak-anak yang menyenangkan.

Air Terjun Cibeureum

Air terjun ini berada di kawasan taman nasional gunung Gede Pangrango. Untuk sampai ke air terjun Cibeureum pengunjung harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Pengunjung akan melihat banyak sekali papan petunjuk jalan untuk sampai ke air terjun tersebut. Air terjun ini berada di ketinggian 1675 meter diatas permukaan air laut, dan memiliki tinggi air sekitar 50 meter.

Koleksi Tumbuhan Paku

Kebun Raya Cibodas memang mempunyai banyak sekali tumbuhan, seperti tumbuhan paku. Tumbuhan paku sejatinya dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan, bahan makanan, dan lain sebagainya. Kebun Raya ini memiliki sebanyak 34 jenis paku-pakuan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Kebun Raya Cibodas

Fasilitas

Selain wahana diatas, ada terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung seperti :

  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Camping ground
  • Toilet
  • Ruang informasi
  • Tempat bermain anak
  • Pendopo

Lokasi

Alamat Kebun Raya Cibodas berada di Sindanglaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat 43253

Berjarak beberapa kilometer setelah istana Cipanas dari arah Bandung dan juga kawasan puncak Bogor jika dari arah Jakarta.

Harga Tiket Masuk

Jika kamu ingin liburan ke wisata ini tetapi tidak tahu harga tiket masuknya, tenang saja kami sudah memberikan informasi harga tiketnya, dibawah ini:

TiketHarga
Tiket MasukRp16.500
Tiket Parkir MotorRp5.000
Tiket Parkir MobilRp16.000

Kebun Raya Cibodas dibuka mulai pada pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Tips Berkunjung

  • Lebih baik kamu datang lebih awal agar bisa lebih lama menikmati kesejukan alam yang ada di Kebun Raya Cibodas.
  • Bila hendak melihat bunga sakura, datang pada waktu yang tepat. Seperti yang telah dijelaskan diatas.
  • Membawa bekal dari rumah.

Baca Juga : Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi

Kebun Raya Cibodas ini sangat di rekomendasikan sebagai wisata keluarga bagi Anda yang ingin mengenalkan flora Indonesia ke anak-anak Anda. Sebuah wisata edukatif yang juga dapat memberikan ketenangan jiwa karena hijaunya pemandangan alam yang akan Anda nikmati.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *