Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru

Candi PrambananSiapa sih yang gak kenal candi yang terkenal di sekitar Klaten/ jogja? pasti kalian tau dehh, yap benar, yaitu candi prambanan. Candi Prambanan adalah salah satu mahakarya kebudayaan Hindu sejak dari abad ke-10. Untuk harga tiket masuk Candi Prambanan pun memang tergolong murah. Candi Prambanan menjadi salah satu objek wisata yang paling populer.

Dan untuk letaknya memang tidak begitu jauh dengan Candi Borobudur dan juga hanya 17 km dari pusat kota Jogja lho. Kawasan Candi Prambanan memiliki bentuk persegi panjang yang terdiri dari halaman luar dan terdapat tiga pelataran yaitu Jaba (pelataran luar), Tengahan (pelataran tengah) dan Njeron (pelataran dalam). Berikut dibawah ini penjelasan dari masing-masing tiga pelataran tersebut :

Tiga Pelataran di candi Prambanan

Candi Prambanan
  • Jaba (pelataran luar)
    Jaba (pelataran luar) merupakan kawasan dengan luas mencapai 390 meter persegi yang mendaji areal terbuka yang dikelilingi dengan halaman luar. Pada zaman dahulu terdapat pagar batu yang mengelilingi Candi Prambanan sehingga terlihat lebih menawan, namun sayangnya pagar batu tersebut sudah menjadi reruntuhan dan menjadi pelataran kosong. Pada pelataran tersebut masih belum diketahui apakah terdapat bangunan atau pernak pernik lainnya yang menjadi pengisi lahan kosong tersebut.
  • Tengahan (pelataran tengah)
    Pelataran kedua ini merupakan kawasan yang tadinya dikelilingi pagar batu dan sudah hancur juga. Kawasan ini memiliki bentuk seperti persegi panjang den memiliki luas hingga 222 meter persegi. Disini ada empat teras berundak masing tingkatnya mempunyai jumlah candi yang berbeda. Pada tingkat yang terbawah terdapat 68 candi kecil yang berderat berkeliling dan terbagi menjadi empat baris oleh jalam penghubung antar pintu. Dan untuk tingkat kedua ada 60 candi, tingkat ketiga terdapat 52 dan juga pada tingkat ke empat ada 44 candi. Nah ada seluruh candi yang ada pada Tengahan ini mempunyai bentuk dan juga ukuran yang sama, sayangnya hampir semua dari candi tersebut saat ini dalam keadaan hancur.
  • Njeron (pelataran dalam)
    Pada pelataran dalam ini merupakan pelataran yang paling tinggi letaknya dibandingkean dengan Jaba (pelataran luar) dan Tengahan (pelataran tengah). Pada kawasan Njeron (pelataran dalam) ini memiliki bentuk yang sama yaitu mirip dengan persegi panjang dan memiliki luas hingga 110 meter persegi dengan tingginya mencapai 1,5 meter dari permukaan pelataran Njeron (pelataran dalam) yang paling atas. Pada kawasan ini dikelilingi turap dan pagar batu serta terdapat gapura di masing-masing pintu masuk utamanya yang memiliki bentuk gapura paduraksa. Namun, saat ini hanya terdapat satu gapura saja yang masih utuh yaitu gapura pada sisi selatan saja.

Candi Prambanan mempunyai nama lain dalam bahasa Sansekerta adalah Siwagrha yang mempunyai makna sebagai “Rumah Siwa”. Dan Pada ruang utama yang ada di Candi Prambanan ini ada arca Siwa Mahadewa setinggi 3 meter yang bersemayam jadi menunjukan bahwa di kompleks candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Fasilitas Candi Prambanan

Prambanan

Nah mungkin kalian bertanya-tanya, memangnya apa sih fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Candi Prambanan itu sendiri ? apakah hanya lahan untuk berparkir kendaraan saja ? mari kita kupas tuntas.
Nah untuk fasilitas yang ada di Candi Prambanan cukup beragam, namanya juga tempat wisata yang telah Go Internasional yang juga sempat dikenal sebagai 7 Keajaiban Dunia.  Berikut, TitikWisata telah merangkumnya, 8 Fasilitas yang ada di Candi Prambanan.

  • Masjid dan Mushola
  • Papan Penunjuk Informasi
  • Restoran
  • Gazebo
  • Guide
  • Golf Car
  • Spot Foto
  • Toilet

Harga Tiket Masuk

Candi Prambanan

Wisatawan Lokal

KategoriHarga
DewasaRp30.000
Anak-AnakRp12.500

Wisatawan Asing 

KategoriHarga
Dewasa$18
Anak-Anak$9

Luasnya area candi prambanan akan membuat anda lelah setelah mengelilingi kawasan tersebut, apalagi jika anda berkunjung di siang hari dengan teriknya matahari.

Jam Operasional

Jam Buka: Buka setiap hari dan tidak mengenal hari libur nasional. Untuk loket masuk candi prambanan dibuka pada pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Lokasi keberadaan Candi Prambanan

Nah jika kamu berangkat melalui bandara yang ada di Jogja, yaitu Bandara Adi Sutjipto / Sucipto maka kamu akan menempuh waktu perjalanan yaitu sekitar 15 menit dengan menggunakan moda transportasi bus daerah yang juga dikenal Bus Transjogja Jalur 1A dari halte yang berada dekat di stasiun tugu dan dekat pula dengan Bandara Adisucipto.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja Paling Bagus Dan Hits Dikunjungi

Bagaimana kamu sudah mengetahui informasi Candi Prambanan ? Mungkin kamu jadi tertarik ingin berkunjung, ayoo buruan hehe.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *