Destinasi Wisata Menarik Sungai di Dalam Goa Pindul

Goa Pindul adalah sebuah objek wisata yang akan membuat Anda melupakan sejenak bahwasanya Gunung Kidul identik dengan wisata pantai. Goa ini memang sangat unik, di mana kamu bisa menemukan sebuah sungai panjang bawah tanah di dalamnya. Airnya sangat jernih, sejuk nan segar, juga aman bila digunakan untuk berenang. Mungkin di tempat kolam renang, Anda tak bisa menemukan sensasi seperti ini.

Meskipun hanya sebuah goa dan sungai, para wisatawan tetap bisa menikmati berbagai macam aktivitas di sana loh. Bahkan mungkin aktivitas tersebut tidak bisa ditemukan pada tempat wisata lainnya. Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter dan juga lebar 5 meter yang dibagi menjadi 3 zona yaitu zona remang, zona terang, serta zona remang.

Goa Pindul

Sejarah Goa Pindul

Kisah ini di awali orang orang pada zaman dahulu yang bernama Ki Ageng Pemanahan dan Ki juru Mertani. Keduanya mendapatkan tugas untuk membunuh bayi yang diperintahkan oleh Panembahan Senopati Mataram. bayi tersebut adalah anak dari Puteri Penembahan Senopati. Ki Ageng dan Juru Mertani memutuskan untuk melanggar perintah Panembahan Senopati, yaitu enggan untuk membunuh sang bayi.

Kedua orang tersebut memutuskan untuk mengembara ke arah timur sambil membawa sang bayi, tepatnya di sebuah puncak bukit. Karena kedua orang tersebut mempunyai kesaktian yang sangat luar biasa, bukit yang di daki nya pun runtuh hingga menyisakan lubang yang cukup besar yang di bawahnya terdapat air sungai yang mengalir.

Baca Juga : Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

Sang bayi mungil yang diperintahkan untuk dibunuh oleh Panembahan Senopati dimandikan oleh Ki Ageng dan Ki Juru Mertani di aliran sungai di bawah Lobang bukit tersebut. Dan pada ketika proses memandikan sang bayi, pipi sang bayi terbentur dinding goa hingga benjol. Jadi dalam bahasa Jawa, Benjol yang berarti “Pindul”. Hal itulah yang melatar belakangi asal mula nama Goa Pindul.

Goa Pindul

Daya Tarik Goa Pindul

Goa Pindul memiliki beberapa daya tarik yang menarik dan juga unik yang tidak akan Anda temukan di tempat lainnya lho. Dan memang sih wahana yang ada tidak banyak, tetapi Anda dan wisata lainnya dijamin akan merasa puas berlibur di sana.

Rafting Sungai Oyo

Nah anda akan menyusuri sungai Oyo yang mengalir dari timur ke barat Desa Bejiharjo. Penelusuran akan dilakukan sejauh 4 kilometer dengan kedalaman sungai yang mencapai 7 hingga 10 m.

Tenang saja, tidak perlu merasa panik dengan kedalamannya, Anda dan beberapa wisata lainnya akan dipandu menikmati wahana oleh tenaga yang profesional.

Perjalanan ini akan menjadi semakin sempurna karena Anda akan menikmati pemandangan yang indah dari batuan karst di sekeliling sungai. Bahkan wahana ini juga bisa dikatakan sebagai terapi alami bagi Anda yang selama ini sibuk dengan aktivitas harian.

Cave Tubing

Wahana ini akan mengajak Anda untuk menyusuri sungai bawah tanah yang ada di dalam wisata Goa Pindul. Nah susur sungai dilakukan menggunakan bantuan pelampung dan dipandu oleh tim yang sudah memiliki pengalaman. Dan juga dari aktivitas susur sungai kamu akan merasakan betapa sensasinya gelap pada goa dengan stalaktit yang menempel di atasnya.

Kamu mungkin sudah terbiasa menyusuri sungai menggunakan pelampung, tapi bisa jadi kali ini adalah pertama bagi kamu melakukannya di sebuah goa. Petualang kamu akan berjalan selama 45 hingga 60 menit. Dan ketika kamu sudah membayar harga tiket Goa Pindul untuk wahana Cave Tubing, maka kamu akan mendapatkan beberapa peralatan contohnya seperti ban pelampung, baju rompi pelampung, sepatu karet, sepatu karet dan juga pemandu profesional.

Goa Pindul Jogja

Harga Tiket Masuk

Cukup dengan uang 50.000, itu kamu sudah termasuk ke dalam tiket masuk, sewa pelampung, ban pinggang, pelatihan penyusuran goa dan pemandu. Harga yang sangat murah untuk satu paket lengkap kenikmatan wisata yang menjadi primadona kota Yogjakarta ini.

Fasilitas Umum

  1. Ruang ganti
  2. Kamar mandi
  3. Toilet umum
Goa Pindul

Lokasi Wisata

Memang letaknya berada jauh dari pusat kota Yogyakarta. Kendati demikian, untuk menempuh perjalanan kita diberikan jalanan beraspal mulus, hingga cocok dilalui oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Alamatnya sendiri berada di jalan Gelaran2, RT.03/RW.16, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891.

Tips Wisata

  1. Datang pada waktu yang tepat misalkan pada saat cuaca sedang bagus
  2. Usahakan untuk datang pada pukul 7 pagi hingga jam 5 sore
  3. Datang lebih awal agar mendapatkan pelayanan pertama, sebab pihak pengelola tetap melayani meskipun belum jam buka

Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Bagaimana? mungkin kamu tertarik untuk berkunjung ke Goa Pindul Gunungkidul kan? Jika ingin menikmati keindahan alam dengan puas, datanglah ketempat ini pada weekday.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *