Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo – Sebagai pemula, tentunya kamu tidak perlu malu akan apapun, karena memang semua orang memerlukan sebuah proses untuk dapat sampai di titik tersebut. Nah, Ranu Kumbolo adalah salah destinasi yang cocok dikunjungi.

Karena memang dengan keindahan alam yang ada, Indonesia memang memiliki beberapa pilihan gunung, mulai dari tingkat kesulitan yang tinggi hingga memang diperuntukan untuk pemula untuk dapat mengasah kemampuan mereka.

Nah, Gunung Danau Ranu Kumbolo yaitu salah satu pilihan gunung yang memang cocok untuk para pemula lho. Ranu Kumbolo sendiri merupakan sebuah danau gunung ynag ada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Untuk luas wilayah yang dimiliki Ranu Kumbolo itu sendiri ialah sekitar 15 hektar. Tentunya itu merupakan sebuah wilayah yang sangat luas apabila bicara mengenai danau.

Baca Juga : Tempat Wisata di Dieng yang Paling Bagus Dan Hits

Informasi Ranu Kumbolo

Danau

Perlu diketahui juga Ranu Kumbolo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Nah, yang menjadi daya tarik utama dari kawasan ini ialah terdapat tempat perkemahan yang memang merupakan satu titik berangkat untuk mendaki Gunung Semeru.

Keindahan alam di Ranu Kumbolo pun sangatlah indah. Nah untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas mengapa Ranu Kumbolo sendiri merupakan destinasi yang tepat bagi lkamu para pemula yang ingin merasakan mendaki namun dengan medan yang tidak terlalu berat.

Ketinggian Berapa MDPL

Danau Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan danau seluas 15 hektar yang berada di ketinggian 2.400 Mdpl dan terletak di kaki Gunung Semeru. Bagi kalangan penggiat alam bebas atau pencinta alam nama Ranu Kumbolo tentu tidaklah asing bagi telinga mereka.

Karena Ranu Kumbolo merupakan tempat berkumpulnya para pendaki untuk mendirikan tenda (basecamp) dan sumber air bersih bagi para pendaki Gunung Semeru ketika hendak ke mahameru.

Keindahan Ranu Kumbolo memang tak perlu diragukan lagi. Ketika berada di tempat ini, matahari pagi akan terlihat di sela sela 2 bukit di dekatnya lokasi.

Dikelilingi oleh hamparan bukit menjulang, dengan vegetasi tumbuhan masih alami merupakan sebuah panorama pemandangan yang menyehatkan bagi mata. Anda bisa menemui hamparan tanah lapang yang ditumbuhi bunga edelweis langka.

Bunga edelweis memiliki daya tahan hidup sangat lama sekali dan bahkan jauh lebih lama dari bunga – bunga.pada malam hari. jika cuaca sangat cerah, sambutan hawa dingin dengan temperatur sekitar 5 (lima) derajat celcius akan menemani anda dalam melihat gugusan bintang-bintang dari galaxy Bima Sakti di langit.

Keindahan Alam yang Indah

Danau Ranu Kumbolo

Nah tentunya ini merupakan alasan utama mengapa berkunjung ke Ranu Kumbolo adalah salah satu destinasi alam yang tepat untuk kamu kunjungi.

Karena memang mulai dari danaunya yang bersih serta jernih, hamparan hijau yang menyegarkan juga menjadi sebuah magnet bagi para wisatawan untuk datang ke kawasan ini. Menyaksikan matahari terbut di antara kedua bukit adalah pemandangan yang sangat mempesona dari Ranu Kumbolo.

Danau yang berlapis kabut pun perlahan sirna seterlah mentari pagi menyapa. Selain itu menikmati keindahan alam di Ranu Kumbolo ini bersama teman-teman lo juga bisa menjadi hal yang menyenangkan. Jika kamu bisa menikmati waktu kebersamaan kamu ditemani dengan suasana alam yang sungguh indah.

Paket Wisata

Paket Wisata

Paket menuju ranu kumbolo memiliki harga sangat murah. tetapi terdapat suatu masalah dimana paket tersebut sering kali tergabung dengan pendakian menuju mahameru. Hal itu akan menyusahkan bagi mereka yang berusia lanjut.

Oleh sebab itu, paket wisata ranu kumbolo ini populer terkhusus untuk kalangan anak muda yang memang menginginkan jenis wisata yang menantang. Bisa dikatakan, paket wisata menuju tempat ini merupakan pilihan tepat bagi para anak muda pencinta petualangan.

Tetapi, tidak salah juga jika sebagai wisatawan anda hanya ingin mendatangi ranu kumbolo. Jika dilihat dari tingkat kemenarikannya, merupakan sebuah hal kurang tepat jika datang ke tempat ini sendiri.

Misteri dan Mitos

Misteri

Meskipun bebas dari cerita cerita mistis. Sama seperti kebanyakan lokasi wisata lain, terdapat sebuah cerita angker di tempat ini.

Diceritakan, ranu kumbolo memiliki seorang penunggu. Penunggu tersebut berupa seorang gadis dengan penampilan cukup menyeramkan.

Misteri blank 75 sering membuat para pendaki tersesat dan misteri danau ranu kumbolo juga penuh dengan nuansa mistis.

Ada sebuah kejadian nyata yang dialami warga setempat pada saat itu beliau sedang melakukan bakti sosial (baksos) di Desa ini pada bulan Agustus 2004.

Saat itu di desa ini tampak sepasang pengantin yang baru menikah dan mereka pergi ke danau itu untuk melakukan sesajen dan membawa berbagai makanan yang akan diserahkan untuk penunggu danau ranu kumbolo.

Setelah selesai membakar dupa di pelataran yang ada di pinggiran danau ranu kumbolo, sepasang pengantin baru itu mandi di danau ranu kumbolo.

Tapi ternyata si pengantin wanita terseret arus kuat ke dalam danau dan setelah beberapa lama muncul kembali dalam keadaan sudah tidak bernyawa.

Fasilitas Yang Lengkap

Danau Ranu Kumbolo

Jadi salah satu alasan mengapa Danau Ranu Kumbolo merupakan sebuah destinasi yang tepat ialah dikarenakan fasilitas yang lengkap. Banyak terdapat porter di kawasan ini yang siap untuk membantu kamu dalam membawa tas ransel yang berat itu. Kamu bisa menyewa jasa porter di Tumpang atau Ranu Pani.

Selain itu fasilitas untuk pendakian yang cukup memadai juga menjadi sebuah alasan mengapa Ranu Kumbolo menjadi sebuah destinasi yang tepat untuk kamu. Nah mulai dari pos pendakian shelter di Ranu Kumbolo sampai penanda jalan lho ya guys. Porter pun juga tersedia lengkap di Ranu Pani.

Misalkan sebagai pemula belum memiliki kondisi fisik yang kuat, kamu tak perlu khawatir, karena barang-barang kamu tersebut akan dibawa porter yang siap mengangkat barang-barang kamu dan juga memasak makanan di Ranu Kumbolo. Nah, untuk tarik per harinya akan dikenakan 200-250 ribu untuk porternya.

Spot Foto Yang Indah

Danau Ranu Kumbolo

Karena dari keindahan alamnya mempesona, maka terbentuklah beberapa spot alam yang tentunya akan menjadi sebuah hasil foto yang memuaskan serta indah.

Tak heran apabila banyak orang yang memilki hobi fotografi yang memang sengaja datang ke Danau Ranu Kumbolo ini untuk mendapatkan sebuah hasil foto dengan latar belakang alam yang sangat indah. Oleh sebab itu, pada saat melakukan pendakian ke Ranu Kumbolo jangan lupa untuk membawa perlengkapan kamu yaa.

Karena tidak ada yang tahu kalau tiba-tiba kamu mendapatkan sebuah momen yang indah yang layak untuk diabadikan. Selain itu, menyaksikan matahari terbit di antara kedua bukit adalah pemandangan yang sangat mempesona dari Ranu Kumbolo.

Akses Jalannya Yang Mudah

Danau Ranu Kumbolo

Mendaki Gunung Semeru mungkin tampaknya tidaklah mudah. Namun asal kamu tahu saja, mendaki Semeru cukup mudah jika tujuanmu cuma ke Ranu Kumbolo.

Hanya butuh waktu sekitar 4 atau 5 jam pendakian dengan trek yang lumayan landai pasti bakal jadi favorit para pendaki pemula sepertimu.

Praktis hanya trek dari Pos 3 ke Pos 4 saja yang tanjakannya cukup sulit. Nah untuk bisa mencapai ke danau Ranu Kumbolo kamu bisa awali dari Kota Malang lalu menuju Tumpang.

Baca Juga : Tempat Wisata di Lumajang Paling Bagus Dan Hits

Selanjutnya dari Tumpang kamu bisa sewa Jeep untuk bisa menuju Desa Ranu Pani. Perjalanan naik Jeep ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Kemudian setelah sesampai di Ranu Pani kamu wajib registrasi dan juga kemudian kamu bisa naik ke danau Ranu Kumbolo.

Ohh iya, registrasi ke Semeru harus online sekarang. Jadi harusnya mempermudah kamu untuk merencanakan perjalanan dong ya.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *