Keindahan Curug Leuwi Hejo Bogor Bikin Kagum Mempesona

Curug Leuwi Hejo Nah beberapa wilayah di Kota Bogor sudah terdapat lokasi wisata yang memiliki pesona alam indah dan asri. Salah satu destinasi wisata yang paling banyak sedang dibicarakan saat ini adalah Curug Leuwi Hejo. Curug Leuwi Hejo lebih di kenal dengan nama Curug Bengkok oleh masyarakat sekitar.

Air di curug ini berasal dari Sungai Cileungsi yang apabila terkena sinar matahari airnya akan berwarna hijau. Tempat ini memang sangat cocok sebagai tempat untuk berlibur atau berekreasi baik di hari biasa maupun akhir pekan. Karena dapat menghilangkan penat yang ada setelah bekerja setiap harinya.

Curug Leuwi Hejo

Sekilas Sejarah Curug Leuwi Hajo

Nah sejarah dari tempat wisata yang satu ini sendiri, sebenarnya tak luput dari sebuah Lembaga dengan nama Masyarakat Desa Hutan atau yang sering disingkat sebagai LMDH. Peran LMDH sendiri, sebagai sebuah organisasi yang berlandas kemasyarakatan dengan bimbingan & arahan langsung dari pihak perhutani di resort babakanmadang.

Tempat ini pernah ditutup oleh pihak perhutani disebabkan belum adanya izin pengelolaan. Dan ketika setelah izin terbit barulah LMDH diberikan kekuasaan untuk mengelola wana wisata ini. Dengan luas yang tercover hingga 4,5 hektar. Nah untuk badan organisasinya sendiri diketuai oleh H. Suhaeri dan juga dibantu oleh Kang Budi sebagai Koordinator lapangan dan Kang Mitun sebagai Koordinator wisata.

LMDH ini sendiri terbentuk atas dasar bentuk sebuah keprihatinan masyarakat wangun cileungsi, akibat banyaknya pengunjung yang membuang sampah ditempat ini selepas mandi sehingga perlu dikelola secara lebih serius agar keasriannya tetap terjaga. Untuk penamaan Leuwi Hejo sendiri, sebenarnya berasal dari dua kata dalam basa sunda yakni kata Leuwi & juga Hejo.

Pesona Curug

Next Sejarah

Dengan kedalaman yang sulit untuk di ukur seberapa jauh kedalamannya oleh orang-orang pada jaman dahulu & biasanya hanya di ukur mempergunakan sebuah batang tanaman saja. Leuwi bisa juga di artikan sebagai tempat yang dipergunakan sebagai pemandian, dengan aliran air yang tenang dengan bebatuan & pepohonan di sekitarnya.

Berenang

Sementara Hejo sendiri, tentunya merupakan penyebutan untuk warna Hijau dalam basa sunda, hijau disini bukan berarti hijau seperti air empang / aliran sungai yang penuh limbah. Namun justru hijau karena kejernihannya yang menimbulkan semburat gradasi biru kehijauan hasil pantulan dengan cahaya mentari yang kini menjadi asal usul penamaannya.

Baca Juga : Tempat Wisata di Sentul Paling Bagus Dikunjungi

Curug ini sendiri baru dibuka pada tahun 2014 silam setelah opening bagi wisatawan umum pada bulan oktober, dan semakin booming selepas banyaknya blogger & pengunjung yang mempublish ceritanya mengenai kawasan yang satu ini.

Curug Leuwi Bogor

Pesona Keindahan Curug Leuwi Hajo

Diluar dari cerita mitos yang ada, nyatanya keindahan dari pemandangan yang ditawarkan oleh Curug Leuwi Hejo ini mampu menghipnotis banyak wisatawan untuk datang ketempat ini, bahkan secara berulang kali. Bagaimana tidak? Dengan rimbunan pohon & panorama alam yang begitu hijau disekitarnya serta air yang sejuk & begitu jernih dengan pantulan semburat berwarna tosca tentunya membuat siapa saja betah berlama-lama disini.

Selain itu, kita akan menemukan sebuah kolam bak surga yang tersembunyi, diantara rimbunnya pepohonan & perbukitan yang ada di kawasan babakanmadang. Tak hanya sekedar menikmati air yang sejuk dari tepian batuan yang tersusun secara alami di tempat ini, pengunjung juga bebas berenang disekitar, maupun sekedar menikmati santap siang di bebatuan. Tak hanya itu, bagi Kita yang memiliki nyali lebih dapat mencoba melompati batuan besar yang ada ditepian kolam.

Air Terjun

Bagi Kamu yang gemar melakukan trekking maupun sudah terbiasa dengan aktivitas hiking, dapat mencoba memutari beberapa curug yang masih berada di lokasi ini yaitu diantaranya Curug Barong, Curug Cepet, dan juga Leuwi Liyek.

Lokasi Curug selanjutnya yang dapat Kita tempuh dengan sedikit trekking melalui jalur yang memiliki tingkat kesulitan menengah ialah Curug Barong. Jalur yang akan Kita tempuh untuk bisa tiba ditempat ini memerlukan sedikit usaha melalui setapak jalur diantara pepohonan dengan beberapa jalur yang menanjak maupun menurun.

Namun tentunya semua usaha yang Kita keluarkan untuk tiba ditempat ini, akan terbayar tanpa sia-sia. Karena curug yang terletak dibalik sebuah tebing batu berukuran raksasa akan langsung memanjakan mata Kita.

Mandi di Curug

Hal Menarik Curug Leuwi Bogor

 Foto by @ardyekenyamanan

Ooh ya yang menarik dari tempat ini ialah, bagaimana cara Kita untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Curug selanjutnya yakni Curug Leuwi Liyet. Nah Berbeda dengan Leuwi Cipet dan juga Curug Barong yang masih menggunakan jalur setapak seperti Curug pada umumnya, untuk dapat menuju Leuwi Liyet.

Kita perlu berbasah ria karena akses satu-satunya hanya dengan mengarungi aliran sungai dari Leuwi Cipet. Namun tentunya jangan mengarungi di bagian tengah, cukup berpegangan pada tebing dibebatuan maupun akar-akar & teliti dalam mencari pijakan untuk dapat memanjat menuju tebing.

Hal ini tentunya untuk mengurangi resiko terbawa arus & tenggelam, karena batasnya sendiri bisa mencapai leher bagi orang dewasa tergantung seberapa tinggi tubuh Kita. Di penghujung aliran sungai ini sendiri, Kita masih akan berbasah ria dengan menyebrangi sungai dengan debit air yang dapat dikategorikan cukup deras di bagian kiri.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Jungland Bogor Terbaru

Tak jauh dari sungai tersebut, Kita akan menemukan sebuah tebing berbentuk U. Disekeliling tebing yang tak seberapa tinggi ini, Kita juga akan menemukan pepohonan rindang sebagai penghias kolam yang sangat jernih berwarna tosca dengan air terjun di ujungnya.

Bagi yang ingin berenang maupun melompat dari tebingan, ada baiknya memperhatikan kemampuan berenang karena kedalamannya mencapai 3 meter. Meski sempat longsor & ditutup pada 2016 akibat memakan korban kecelakaan yang tertimpa batuan, namun kini Leuwi Hejo telah tertata rapih & mengedepankan keselamatan wisatawan dengan ketersediaan Tim SAR di Lapangan.

Curug Leuwi Hejo

Fasilitas Yang Ada

  • Kebersihan dan Keamanan
  • Tempat Parkir Luas
  • Penitipan Helm
  • Warung Makan
  • Saung
  • Toilet Umum
  • Kamar Mandi
  • Tim SAR
  • Penginapan

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk yang terbaru dari Curug Leuwi Hejo sendiri, yaitu dikenakan 2 kali penarikan retribusi yakni 15 ribuan per orangnya pada pos masuk pertama dan 5 ribuan untuk tarif pada pos kedua. Biaya tersebut diperuntukan untuk pemeliharaan & operasional LMDH selaku pengelola, sementara penarikan kedua untuk pembangunan Desa.

Jam Operasional

Untuk hari dan juga jam berapa dibuka dan tutupnya, menurut info yang kami dapat Kita bisa mulai berkunjung sejak pukul 7 pagi sampai 5 sore WIB. Sementara ketersediaan tim SAR sendiri berbeda 2 jam dari jam buka, yakni pukul 9 hingga 5 sore WIB & tetap buka setiap hari. Namun sebenarnya jam wisata memang tidak dibatasi, tetapi ada baiknya untuk segera berkemas bila sudah mendekati jam 5 sore untuk keamanan Kita.

Lokasi

Curug Leuwi Hejo berlokasi di Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830, Indonesia.

Rute Menuju Lokasi

Nah dari kota bogor berjarak sekitar kurang lebih 30 an km dan juga bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih sekitar 1,5 jam. Untuk jalan menuju curug jika keluar dari jl cibadak sukamakmur dapat dikatakan cukup terjal, karena ada banyak tanjakan dan juga turunan yang harus dilewati. Tetapi dari banyak review, rute perjalanan yang cukup buas ini akan terbayar lunas jika kamu sudah sampai ke curug.

Curug Leuwi Hejo

Baca Juga : Tempat Nongkrong di Bogor Paling Asyik Buat Hangout

Penginapan dan Wisata Terdekat

Bagi kamu yang ingin bermalam di sekitar kawasan Sentul sendiri, tentunya Hotel yang terdekat ialah Hotel Harris. Namun bagi Kita yang tidak ingin repot menyewa penginapan seperti Hotel, Villa, maupun Homestay, dapat ngecamp pada area yang telah tersedia.

Jika kamu ingin camping ditempat ini maka kamu dikenakan biaya 40 ribuan untuk perorangnya, dengan tenda masing-masing tentunya. Untuk kawasan wisata terdekat sendiri sangat banyak sekali dikawasan ini, kurang lebih ada 12 Curug seperti Curug Bidadari, Curug Kencana, Curug Kembar & masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Tempat Wisata di Puncak Bogor Paling Bagus Dan Indah

Tips Wisata

  1. Kamu harus memperhatikan cuaca terlebih dahulu baiknya datang pada saat cuaca panas atau pada musim kemarau.
  2. Selalu memperhatikan fisik kita dan kendaraan yang akan kita gunakan.
  3. Membawa ganti baju, peralatan renang dan mandi seperti handuk, sampo, sabun dan yang lainnya, serta tidak membawa barang secara berlebihan.
  4. Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.
  5. Selalu mengutamakan keselamatan dan berhati – hati saat di lokasi wisata maupun dimana saja agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diiginkan.

Demikian semoga informasi Curug Leuwi Hejo Bogor bisa bermanfaat untuk kalian semua yang sedang ingin berlibur bersama keluarga ataupun teman ke Bogor.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *