Spot Foto Bukit Panguk Kediwung, Harga Tiket Masuk Dan Rute Lokasi

Bukit Panguk Kediwung – Pesona alam Yogyakarta tak ada habisnya dibahas. Kawasan ini sepertinya dihuni oleh warga kreatif dan inovatif dalam memunculkan tempat wisata. Mereka pintar memanfaatkan alam dan situasi. Sehingga menjadikan daerahnya sendiri berkembang dikunjungi para wisatawan. Warga Mangunan perlu diacungi jempol. Walau setipe tapi kreativitas untuk memberikan perbedaan sangat terlihat.

Kawasan ini diresmikan sejak pada bulan Mei 2016 dan sejak itu mulai ramai dikunjungi wisatawan. Sebenarnya tempat ini masih berada dalam hutan lindung dinas pertanian Kabupaten Bantul. Pengunjungnya tak tanggung, bisa sampai 500-800 pengunjung datang.

Pemandangan pagi yang mampu menghipnotis siapa saja yang datang ke sini. Seakan tak mungkin tak membelakakan mata. Perpaduan antara langit, Sungai Oya yang meliuk dibawah sana, serta hutan pohon jati semakin menyejukan. Udara cukup sejuk untuk dinikmati. Negeri di atas awan satu ini memang memikat hati.

Pesona Keindahan

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk adalah wisata yang memiliki spot pemandangan sangat indah. Kabut yang muncul berbarengan dengan sinar matahari pagi benar-benar menghipnotis. Kawasan ini memang pas bagi kamu pencinta selfie sekaligus pemburu matahari terbit. Tempat ini masih satu kawasan dengan Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan.

Pengelolaannya dikelola secara swadaya oleh masyarakat tapi terlihat cukup diperhatikan. Disini ada banyak jenis dan bentuk yang bisa Anda pilih. Memang untuk berfoto di spot tersebut, perlu membayar sewa tapi tak mahal. Disini ada beberapa spot selfie yang bisa dipilih. Pertama gardu pandang dengan bentuk love. Lokasinya ada di sisi kiri dan cenderung turun ke bawah.

Kemudian Gardu Pandang berbentuk mirip sayap kupu-kupu dengan jembatan kayu, gardu pandang kotak, gardu pandang persegi panjang. Selain itu, muncul juga gardu pandang atau juga spot selfie baru di sini yaitu, kereta kuda lengkap dengan kudanya, berbentuk perahu kertas, serta spot berbentuk bukit hijau dengan bangunan putih di atasnya.

Fasilitas Yang Tersedia

Bukit Panguk Kediwung

Fasilitas yang ada di sini termasuk lengkap. Anda bisa menemukan toilet, beberapa warung makan berjejer rapi. Warung makannya pun dibangun dari kayu dan bambu. Jadi menyatu dengan alam. Menu makanannya beragam, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Mushola juga sudah ada di sini. Bahkan area parkirnya juga tersedia untuk menampung kendaraan yang ada di sini.

Dari tempat parkir menuju spot foto, pengunjung hanya perlu berjalan beberapa meter saja. Tak perlu trekking terlalu jauh tetapi hati-hati karena rata-rata kontur jalan berbatu, ada juga yang sudah rata tapi mayoritas berbatu. Kalau membawa bekal, silakan makan sambil menikmati panorama indahnya pemandangan di sini. Silakan duduk di gazebo yang sudah disediakan. Ada baiknya berkunjung saat pagi hari ketika matahari mulai terbit sehingga akan mendapatkan guratan kabut di dalam foto.

Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Secara administratif, Bukit Panguk kediwung terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau berada di Kebun Buah Mangunan, jaraknya hanya 2 kilometer menuju lokasi. Nah jika kamu datang dari Yogyakarta, maka arahkan kendaraanmu menuju Jalan Imogiri Timur lalu lanjut ke Dlingo. Selanjutnya jika kamu sudah sampai di Kebun Buah Mangunan, maka silakan susuri jalan menuju Dusun Kediwung. Selanjutnya Papan petunjuk menuju lokasi sudah banyak bertebaran jadi tak perlu tersesat. Nah Lokasinya ada di sisi kiri jalan.

Akses jalan menuju Bukit Panguk bisa dibilang masih dalam tahap pembenahan. Jalurnya meliuk dan pengemudi harus hati-hati berkendara. Selain itu turunan dan tanjakan akan dengan mudah Anda temui. Apalagi kawasan ini termasuk ramai dikunjungi wisatawan. Agar bisa menikmati kawasan ini dengan lebih puas, datang saat hari biasa, bukan akhir pekan atau hari libur. Suasana cukup tenang tapi tak terlalu ramai akan Anda temukan. Anda pun akan lebih nyaman menikmati pemandangan sekaligus ber selfie ria.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja Tebaru Paling Bagus Dan Romantis

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan ini belum ada tiket masuk yang dipatok. Tetapi parkir tetap harus bayar retribusinya. Maka kamu akan dikenakan biaya Rp 2.000 per kendaraan untuk roda dua. Sedangkan roda empat dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Selain itu, kamu juga siapkan uang untuk membayar sewa tempat foto di spot-spot itu. Biaya sewa per spot mulai dari Rp 3.000. Pengelola sempat mematok berapa lama waktu maksimal pengunjung bisa berfoto. Ini terkait antrean yang ada. Tapi jika sepi, silakan berfoto sepuasnya.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *